Sudah Dibersihkan, Tumpukan Sampah Viral di Simpang Ciawi Bogor Capai 35 Ton

Kamis 09 November 2023, 23:49 WIB
Aparat TNI membantu penanganan tumpukan sampah yang viral di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (7/11/2023). (Sumber : Diskominfo Kab. Bogor)

Aparat TNI membantu penanganan tumpukan sampah yang viral di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (7/11/2023). (Sumber : Diskominfo Kab. Bogor)

SUKABUMIUPDATE.com - Viralnya tumpukan sampah di saluran air di Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, mendapatkan perhatian serius dari Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

Bahkan, Bey langsung memberikan teguran langsung kepada Bupati Bogor Iwan Setiawan terkait tumpukan sampah yang tidak diperhatikan tersebut.

Kini, sampah di Ciawi itu sudah dibersihkan oleh TNI dan pemerintah daerah. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mencatat total berat sampah tersebut mencapai 35 ton.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah DLH Kabupaten Bogor Ismambar Fadli mengungkapkan 35 ton sampah tersebut merupakan jumlah sampah yang telah diangkut. Sedangkan, proses pengangkutan hingga kini masih terus dilakukan.

"Jumlahnya 35 ton lebih, siang ini sudah mulai diangkut, tadi Damkar menyedot airnya," kata Fadli dikutip dari suara.com, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Pantas Saja Rutin Banjir, Sampah Penuhi Sungai Ciawitali Kalibunder Sukabumi

DLH Kabupaten Bogor melibatkan banyak instansi dalam membersihkan sampah di saluran air tersebut, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan Pemerintah Kecamatan Ciawi.

"Kita menurunkan 11 armada sampai pukul 22.00 dengan menggunakan ekskavator dari DPUPR," paparnya.

Sementara itu Bupati Bogor Iwan Setiawan pastikan tumpukan sampah di simpang Ciawi tersebut setelah ditangani akan dilakukan pencegahan agar tidak terulang.

“Hari ini kita mulai membersihkan dan berupaya agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Saya minta bangunan liar yang ada di lokasi ini dibongkar, agar proses pengerukan sampah bisa berjalan dengan lancar. Saya minta camat untuk mengawasi, agar kejadian serupa tidak terjadi kembali,” kata Iwan dalam rilis resmi Diskominfo Kabupaten Bogor, Selasa (7/11/2023).

“Saya meminta agar pembongkaran bangunan liar dilakukan dengan pendekatan humanis. Saya berharap lokasi ini ke depan bisa dibuat nyaman, misalnya seperti dibuat taman,” sambungnya.

Terpisah, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menerangkan, lokasi ini adalah lahan milik Kementerian PUPR yang dikelola oleh PT. Jasa Marga, yang tentunya ke depan akan dikelola lebih baik lagi. Ke depan akan dibangun gorong-gorong untuk saluran airnya agar lebih rapi dan tidak terjadi lagi penumpukan sampah yang menyebabkan tersumbatnya aliran air.

“Saya meminta Bupati Bogor dan Danrem untuk segera membersihkan tumpukan sampah ini, sehingga masyarakat bisa tetap nyaman. Hari ini kami gerak cepat kita berbagi tugas, untuk pembersihan akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor bersama TNI. Sampah akan dibuang ke TPA Galuga,” ujarnya.

Bey mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan bersama, dan membuang sampah pada tempatnya.

“Saya juga mengimbau agar sampah ini bisa dikelola sejak dari rumah, sedikit demi sedikit kita kurangi, sehingga hanya residu yang berakhir di TPA,” katanya.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)