Pabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor Jabar

Selasa 26 September 2023, 15:15 WIB
Pabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor Jabar (Sumber : Istimewa)

Pabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor Jabar (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim, meresmikan Pabrik Tempe terbesar di dunia milik PT Azaki Food Internasional pada hari ini, Selasa, 26 September 2023. Peresmian Tempe Azaki tersebut berlokasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Peresmian Pabrik Tempe Azaki dilakukan oleh Sung Y. Kim (Duta Besar Amerika Serikat) bersama Dirjen IKMA Kemenperin RI-Reni Yenita, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor-Bapak Atep Budiman, S.STP.,MM., selaku perwakilan dari Wali Kota Bogor dan Ketua Penasihat Ahli Kapolri, Irjen Pol (Purn) Drs. Sisno Adiwinoto, M.M.

Pabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor JabarPabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor Jabar

Pabrik Tempe Azaki dibangun khusus oleh PT Azaki Food Internasional untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor dengan luas mencapai 1847 m2. Pabrik milik PT. Azaki Food Internasional ini siap memproduksi 4,5 ton tempe perhari.

Baca Juga: Tempe Mendunia, PT Azaki Food Internasional Resmi Kerjasama dengan Hong Kong

Tempe Azaki merupakan binaan dari Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang sudah memiliki hampir seratus cabang rumah produksi tempe di seluruh Indonesia.

“Kami sejak awal berusaha berkontribusi untuk mengeksport budaya Tempe ke seluruh Dunia. Apalagi trend mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi khususnya protein terus meningkat pasca pandemic COVID-19. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk kita memasarkan Tempe dengan standar keamanan pangan yang lebih tinggi. Pabrik ini khusus kami buat untuk memenuhi tingginya permintaan ekspor sekaligus membuktikan bahwa Tempe sebagai produk warisan budaya bisa bersaing dan mendapatkan tempat bukan hanya di tanah kelahirannya, tapi di seantero dunia.” kata Cucup Ruhiyat, CEO PT Azaki Food Internasional, dikutip Selasa (26/9/2023).

Pabrik Tempe Azaki menggunakan penerapan konsep berkelanjutan dan didesain khusus untuk memenuhi standar pasar luar negeri. Hal ini karena berbagai negara memang memberikan prasyarat khusus untuk masalah pangan.

Sejak beberapa tahun terakhir, Tempe Azaki membidik khusus pasar ekspor, dibuktikan dengan produk yang telah menembus pasar Asia hingga Amerika.

Baca Juga: Terbaru Amerika Serikat, Ekspor Tempe Azaki Mendunia Sejak 2021

PT. Azaki Food Internasional telah rutin mengekspor 35 ton Tempe perbulan ke Jepang, 15 ton ke Korea Selatan dan memasuki pasar Amerika Serikat sejak bulan Juni tahun 2023 ini. Sementara Cina dan beberapa negara Timur Tengah, masuk dalam proses yang sasaran ekspor pasar Pabrik Tempe Azaki selanjutnya.

Tempe Azaki ini merupakan bukti kisah sukses dari kerjasama antara petani dan pengusaha tempe serta pemerintah. Tempe menjadi makanan favorit saya dan saya menyukai tempe lebih dibandingkan teman teman Indonesia saya. Rumah Tempe Azaki merupakan produsen tempe terbesar di dunia karena bisa memproduksi produk tempe dengan kapasitas lebih dari 4,5 ton per hari. Saya berharap RTA bisa menginspirasi UKM lainnya untuk naik kelas” terang Duta Besar Amerika, Sung Yong Kim.

Pabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor JabarPabrik Tempe Azaki Terbesar di Dunia, Diresmikan Duta Besar Amerika di Bogor Jabar

Konsep berkelanjutan yang diterapkan di Pabrik Tempe Azaki tidak main-main karena perusahaan itu menginvestasikan dana yang tidak sedikit agar konsisten terhadap Keberlanjutan (Sustainability).

Di Pabrik Tempe Azaki, steam boiler memanfaatkan energi Biomassa, limbah yang dihasilkan juga dimaksimalkan untuk proses digester biogas.

Hampir seluruh kebutuhan listrik di Pabrik Tempe milik PT. Azaki Food Internasional juga memanfaatkan biosolar. Maka dari itu, menjadi hal yang wajar ketika Pabrik Tempe Azaki patut menjadi contoh bagi berbagai kalangan industri agar konsisten menjaga alam dengan memperhatikan faktor Keberlanjutan (Sustainability).

Tempe merupakan produk budaya kuliner asli Indonesia sehingga budaya konsumsi Tempe harus didorong terus untuk mendunia.

Kandungan gizi superfood satu ini, menurut ahli gizi, memang bukan panganan istimewa di Indonesia. Akan tetapi dalam berbagai lawatan promosi yang dilakukan oleh Azaki ke berbagai pameran di negara lain, ternyata Tempe sudah semakin dikenal.
Apalagi masyarakat di negara yang jauh lebih maju seperti Jepang dan Amerika hingga Eropa, mereka terkejut dan sangat antusias melihat nilai protein yang dikandung oleh Tempe, alhasil dianggap sebagai alternatif panganan sehat.

Komitmen Tempe Azaki menembus dan menguasai pasar panganan sehat dunia selama ini didukung oleh berbagai pihak, diantaranya Forum Tempe Indonesia, USSEC (U.S. Soybean Export Council), akademisi serta stakeholder terkait dari Pemerintah Republik Indonesia. Dukungan dari seluruh pihak terutama yang berorientasi pada ekspor, sangat dinantikan oleh produsen-produsen pangan.

Pemerintah kedepan diharapkan bisa mengoptimalkan ujung tombak ekspor Tempe Indonesia di ITPC (Indonesia Trade & Promotion Centre) yang berada di kedutaan-kedutaan besar kita di luar negeri. Hal itu diharapkan membuat Indonesia tak hanya dianggap sebagai pasar yang empuk tapi juga sebagai produsen pangan dunia.

Baca Juga: Ayep Zaki Bantu Pemuda Tani Merah Putih, Sacha Inchi Menuju Ikon Pertanian Sukabumi

Tempe Azaki dirintis dan berdiri sejak tahun 2005 oleh Forum Komunikasi Doa Bangsa, sebuah Lembaga nirlaba yang secara khusus fokus pada kegiatan ekonomi masyarakat. FKDB fokus pada pembinaan UKM dan berbagai sektor termasuk bidang pendidikan.

Tempe Azaki bermitra dan membina para UKM UKM Tempe di seluruh wilayah nusantara. Sejak didirikan di Sukabumi, Tempe Azaki fokus pada peningkatan standar higienis pada setiap produksinya.

Pandangan bahwa Tempe sebagai pangan tradisional juga bisa disejajarkan dengan produk pangan lain agar memberikan efek manfaat yang luar biasa bagi Masyarakat.

Hingga artikel ini ditayangkan, Tempe Azaki telah bermitra dengan lebih dari 80 pengrajin Tempe (UKM) di seluruh Indonesia. Produk Tempe Azaki dan Tempe HB bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional, Pasar Modern dan berbagai platform E-commerce.

“Kami percaya bahwa one day tempe azaki ini bisa menjadi The King Of Tempe around the world. Untuk itu kami memohon doa dan dukungan dari semuanya supaya Tempe Azaki bisa terus berkembang dan dikenal di berbagai negara. Sehingga tempe yang menjadi warisan budaya Indonesia ini bisa semakin diminati oleh seluruh masyarakat dunia. Salam Tempe dari Indonesia Untuk Dunia” pungkas Cucup Ruhiyat.

(ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa