Apakah Ada Indonesia? Daftar 10 Negara yang Paling Tidak Aman di Dunia

Selasa 23 April 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Di dunia ini ada beberapa negara yang tidak aman untuk dikunjungi. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Negara yang tidak aman adalah negara di mana tingkat keamanan dan stabilitas sosialnya rendah. Berbagai faktor dapat menyebabkan ketidakamanan di suatu negara, termasuk konflik bersenjata, kekerasan antar kelompok, tingkat kejahatan yang tinggi, kekerasan politik, gangguan ekonomi, ketidakstabilan politik, dan ancaman teroris, di antara faktor-faktor lainnya.

Di negara yang tidak aman, penduduk sering merasa tidak aman dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka mungkin khawatir akan kejahatan jalanan, serangan teroris, atau kekerasan politik. Kondisi ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, menghambat pertumbuhan ekonomi, dan menyebabkan migrasi besar-besaran ketika orang mencari tempat yang lebih aman untuk tinggal.

Negara yang tidak aman juga dapat memiliki dampak negatif yang luas, termasuk penurunan investasi asing, kerugian ekonomi, penurunan pariwisata, dan ketidakstabilan politik yang berkelanjutan. Selain itu, ketidakamanan dapat mengganggu penyediaan layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Negara Paling Tidak Aman di Dunia

Institut Ekonomi dan Perdamaian (IEP) menganalisis tingkat perdamaian 163 negara yang mencakup 99,7 persen populasi dunia dan dituangkan dalam laporan bertajuk Indeks Perdamaian Global 2023. IEP menggunakan 23 indikator kualitatif dan kuantitatif, seperti konflik yang berkelanjutan, militerisme, dan situasi politik. Semakin besar skor yang didapatkan, maka negara tersebut tidak aman.

Adapun top 10 negara paling berbahaya di dunia berdasarkan indeks perdamaiannya sebagai berikut, dikutip dari Tempo.co.

1. Afghanistan

Afghanistan meraih skor indeks perdamaian sebesar 3,448 pada 2023, lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 3,554. Meskipun begitu, pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada Agustus 2021 lalu telah mengakibatkan ketidakstabilan, ancaman terorisme, dan kekerasan yang meluas di negara itu.

2. Yaman

Yaman tengah menghadapi krisis kemanusiaan yang besar. Selama lebih dari enam tahun, perang telah menghilangkan tempat tinggal 4,3 juta orang. Tak hanya itu, kelaparan dan penyakit yang diderita oleh sekitar 14 juta orang semakin memperburuk kondisinya. Adapun skor indeks perdamaian Yaman sebesar 3,35.

3. Suriah

Perang saudara di Suriah yang berlangsung sejak 2011 telah menimbulkan situasi yang rumit. Gencatan senjata di negara itu menghancurkan bangunan dan jalan. Dengan skor sebesar 3,221, penduduk Suriah harus berjuang dalam menghadapi kekurangan air bersih, makanan, pendidikan, dan layanan kesehatan.

4. Sudan Selatan

Sejak 2011, Sudah Selatan memutuskan untuk memisahkan diri dari Sudan. Akibatnya, negara di kawasan Afrika Sub-Sahara itu tengah bergelut dengan berbagai tantangan sulit, termasuk persoalan ekonomi. IEP pun memberi skor indeks perdamaian sebesar 3,214 kepada Sudan Selatan.

5. Republik Demokratik Kongo

Dengan skor sebesar 3,214, Republik Demokratik Kongo masuk dalam daftar negara paling tidak aman di dunia. Kerusuhan politik dan kemiskinan menjadi makanan sehari-hari bagi penduduk setempat. Imbasnya, kejahatan, termasuk perampokan, penculikan, pemerkosaan, dan pembunuhan pun merajalela.

6. Rusia

Dengan skor sebesar 3,142, Rusia dianggap berbahaya karena tengah berkonflik dengan Ukraina. Atas tindakannya, negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu mendapatkan sanksi berupa embargo perdagangan. Warga Rusia pun kesulitan untuk membeli atau menjual barang ke negara lain.

7. Ukrania

Invasi Rusia pada Februari 2022 lalu memaksa jutaan orang meninggalkan Ukraina. Dampak perang itu juga menyebar ke seluruh dunia, terutama memengaruhi ketersediaan pangan dan pasokan energi. Akibat ketidakstabilan politik tersebut, Ukraina meraih skor indeks perdamaian sebesar 3,043.

8. Somalia

Selama bertahun-tahun, Somalia bergulat dengan perang saudara, sehingga negara itu meraih skor indeks perdamaian sebesar 3,036. Kelompok Al-Shabaab yang berkaitan dengan Al-Qaeda tak segan menyerang warga sipil di Somalia. Selain itu, pembajakan di lautan, kemiskinan dan kelaparan, serta pemerintahan yang lemah semakin memperburuk keadaan.

9. Sudan

Sudan telah mengalami berbagai permasalahan internal, seperti kudeta dan pergantian pemimpin. Laporan pelanggaran hak asasi manusia (HAM), pengangguran, dan inflasi menjadi beberapa faktor penyumbang terhadap tingginya skor indeks perdamaian di negara itu, yaitu 3,023.

10. Irak

Irak dianggap sebagai salah satu negara paling tidak aman di dunia, dengan skor indeks perdamaian sebesar 3,006. Kombinasi faktor politik, sosial, dan sejarah, termasuk Perang Iran-Irak pada 1980-an, Perang Teluk pada awal 1990-an, serta invasi Amerika Serikat pada 2003 menyebabkan kerusakan yang meluas ke berbagai hal di Irak.

Sumber: Tempo.co (Melynda Dwi Puspita)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)
Life04 Mei 2024, 09:30 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menemukan Jati Diri yang Sebenarnya, Ini Langkahnya

Menemukan jati diri yang sebenarnya memang harus terus dicari oleh setiap orang. Pasalnya, mengenal jati diri bisa membantu hidup lebih bermakna.
Ilustrasi. Cara menemukan jati diri yang sebenarnya. Sumber foto : Pexels/iam hogir
Sehat04 Mei 2024, 09:00 WIB

Rahasia Menaklukkan Kolesterol Jahat dengan 10 Makanan Terbaik Ini

Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Ilustrasi - Beberapa makanan baik ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi04 Mei 2024, 08:26 WIB

Saber Pungli Selidiki Dugaan Pungutan Liar Tenaga Kerja di Pabrik Sukabumi

Tim Saber Pungli tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi dugaan pungutan liar terhadap para pencari kerja di salah satu pabrik di Kabupaten Sukabumi.
Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Kompol Rizka Fadhila. (Sumber : SU/Ilyas)