Waspada Penipuan! Teknologi AI Tiru Suara Keluarga Pakai Modus Telepon

Selasa 02 Mei 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi. Artificial Intelligence. Waspada Penipuan! Teknologi AI Tiru Suara Keluarga Pakai Modus Telepon (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

Ilustrasi. Artificial Intelligence. Waspada Penipuan! Teknologi AI Tiru Suara Keluarga Pakai Modus Telepon (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Artificial Intelligence atau AI dalam bahasa Indonesia adalah kecerdasan buatan. AI adalah kecerdasan yang ditambahkan pada suatu sistem dan bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga kecerdasan entitas ilmiah.

Di Indonesia, Artificial Intelligence disambut hangat dengan banyak karya cipta berbasis teknologi mulai dari Presenter TV hingga Dosen. Akan tetapi, sedikit banyak, sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentu memiliki celah negatif.

Artinya, secanggih apapun teknologi Artificial Intelligence selalu ada peluang yang dapat dimanfaatkan oleh oknum kriminal tertentu. Seperti yang dilaporkan di Alabama, ada penipuan berupa suara samaran keluarga dengan teknologi AI.

Baca Juga: 10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi

Penipuan AI ini diunggah di website oleh atlantanewsfirst.com bertajuk "Family Victim of AI Voice Scam" pada 29 April 2023 lalu.

Cerita Penipuan AI: Pelaku Tiru Suara Keluarga Pakai Modus Telepon

Sebuah keluarga yang tinggal di Alabama membagikan kisah mereka untuk memperingatkan orang lain. Kisah ini sudah jelas berisi tentang penipuan yang memanfaatkan celah teknologi canggih, Artificial Intelligence.

Para ahli menjelaskan, penipuan itu menggunakan AI untuk mereplikasi suara orang yang dicintai dengan maksud untuk mencuri uang.

Diceritakan, Natalie Tease saat itu sedang menonton video YouTube di rumah. Tiba-tiba ponselnya mendapat panggilan yang mengaku sebagai putrinya, Olivia.

Natalie sempat terkecoh karena sebuah suara yang terdengar dari Handphone miliknya sangat mirip dengan Olivia sang putri. Penipu dengan suara AI itu berteriak bahwa suaminya telah meninggal dunia.

Natalie mengatakan kata-kata suara itu membuat hatinya jatuh.

“Saya mengangkat telepon untuk mendengarkannya dan itu adalah suara Olivia yang berteriak histeris, 'Ibu tolong saya, tolong saya. Will sudah mati. Bantu aku,'” kata si penelepon, dilansir pada Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak

Natalie dan suaminya ketakutan, karena mereka berdua percaya bahwa suara dari telepon itu benar-benar putri mereka.

Natalie kemudian segera menelepon nomor Olivia yang sebenarnya dan mengakhiri percakapan dengan penelepon dengan suara peniru AI itu.

Sesuai yang dikatakan para ahli, biasanya penipuan dimulai dengan tangisan suara orang yang dicintai dan ada penyampaian berita tragis (misalnya: kematian). Kemudian, kata para ahli, suara tersebut akan meminta bantuan keuangan untuk situasi darurat mereka.

Natalie mengatakan bahwa percakapan dengan suara AI telah selesai sebelum para penipu meminta uang. Meskipun ia tetap tidak dapat memprediksi apa yang akan ia lakukan jika akhir percakapan berbeda.

"Saya mungkin akan melakukan apa pun yang mereka minta pada saat itu," kata Natalie.

Pakar keamanan dunia maya, Marcus Sachs mengatakan penipuan AI ini menyebar dengan cepat ke seluruh wilayah.

Dia mengatakan para penjahat memilih korban dan mengumpulkan informasi, seperti audio suara orang yang dicintai dan informasi publik tentang peristiwa tragis. Kemudian mereka membuat persona AI dan menyerang.

Sachs pun menyarankan untuk menelepon kembali keluarga atau suara orang yang ditiru itu jika memang ada firasat jika panggilan itu adalah penipuan. Tanda lain dari panggilan penipuan adalah ketika si penelepon mendesak untuk tetap tersambung dan bersikeras tidak ingin korban menutup telepon.

Sumber: atlantanewsfirst.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:57 WIB

3 Akun Medsos Dilaporkan, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib

Polres Sukabumi sedang menyelidiki laporan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib di media sosial
Inilah 3 akun Medsos yang memposting narasi diduga mencemarkan nama baik habib | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel20 Juni 2024, 20:45 WIB

Simpel, Inilah Cara Membuat Air Ketumbar Untuk Mengobati Asam Urat

Untungnya, ada pengobatan rumahan alami yang memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu mengelola dan mengatur kadar asam urat. Biji ketumbar ini sering digunakan pada bumbu ataupun minuman herbal.
Air ketumbar menjadi salah satu minuman herbal untuk mengobati asam urat (Sumber : YouTube/Ur Indian reviews)
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)