Cek Disini! 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Rabu 01 Maret 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi - Cek Disini! 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan (Sumber : via idcpns)

Ilustrasi - Cek Disini! 11 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan (Sumber : via idcpns)

SUKABUMIUPDATE.com - Berita baik untuk kamu yang lulusan S1 yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, pemerintah memastikan akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2023.

Rekrutmen ini dibuka mulai dari Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, sebagaimana dikutip dari menpan.go.id, Kamis (23/2/2023).

Berita tentang pembukaan pendaftaran CPNS 2023 semakin ramai diperbincangkan oleh publik. Apalagi formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 sangat populer dikalangan masyarakat karena bersifat umum.

Baca Juga: Sukabumi Diguncang Gempa Magnitudo 4,0, Berpusat di Darat

Minat dan antusiasme masyarakat Indonesia pada pembukaan seleksi CPNS selalu tinggi, sejak dibuka pertama pada tahun 2014 lalu. Sejak itu pula, jabatan atau formasi untuk setiap jurusan diberikan.

Mengutip Suara.com, setidaknya terdapat alokasi sekitar 5 persen dari total yang dibuka bisa dicoba oleh lulusan semua jurusan.

Jabatan Bidang Birokrasi

Karena sifatnya umum, jabatan yang menerima semua jurusan ini umumnya dibuka untuk posisi di bidang birokrasi. Asumsinya bidang ini dapat dilakukan oleh lulusan S1 secara umum, dengan sedikit adaptasi dan penyesuaian dengan lembaga yang dimasukinya.

Jabatan yang dimaksud jelas bukan seperti dokter, atau hakim, atau jaksa, yang secara spesifik memiliki bidang keilmuan yang jelas dan harus dipelajari di tingkat perkuliahan guna memiliki dasar melakukan pekerjaan yang diberikan.

Baca Juga: 2 Jembatan Penghubung Sukabumi Bogor Longsor, Potensi Kemacetan Hingga Gagal Mudik

Jabatan pelayanan publik adalah jabatan yang tidak memerlukan jurusan secara spesifik dari pelamar, sebab memang tidak ada jurusan yang khusus belajar mengenai bidang ini. Jadi jabatan atau formasi ini dapat dibuka untuk lulusan S1 secara umum apapun jurusannya.

Lalu Apa Formasi yang Terbuka untuk Semua Jurusan Lulusan S1 Ini?

Setidaknya secara umum terdapat 11 formasi yang sering dibuka dan bisa dilamar oleh lulusan S1 semua jurusan. Formasi-formasi ini ada di lembaga pemerintahan dan kementerian, dan diminati cukup banyak orang.

Kesebelas formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan antara lain adalah:

  1. Analis Kebijakan
  2. Auditor
  3. Penggerak Swadaya Masyarakat
  4. Peneliti
  5. Penyuluh Sosial
  6. Pemeriksa
  7. Perekayasa
  8. Pekerja Sosial
  9. Widyaiswara
  10. Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah
  11. Perencana

Kesebelas formasi ini paling sering dibuka dan biasanya dapat menjadi kesempatan untuk lulusan S1 semua jurusan karena sifatnya yang umum. Tentu, persaingan untuk mendapatkan formasi ini akan cukup ketat, mengingat lulusan S1 yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Namun demikian pada pembukaan kesempatan tahun 2023 ini, formasi-formasi tersebut belum dapat dipastikan seluruhnya dibuka. Maka dari itu Anda harus terus memantau situs resmi dan akun media sosial lembaga terkait, untuk mendapatkan informasi terkini mengenai formasi yang dibuka untuk lulusan S1 secara umum.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Mengenai jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2023, hingga saat ini pembahasan masih terus dilakukan. Perumusan metode seleksi, waktu yang tepat, dan formasi yang dibutuhkan masing-masing lembaga, terus dimatangkan agar memperoleh rumusan terbaik.

Itu tadi sedikit informasi mengenai formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan yang bisa diberikan, semoga berguna!

Sumber: Suara.com (I Made Rendika Ardian)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi