7 Ide Usaha di Bulan Ramadan 2023, Yuk Cari Tambahan Pemasukan

Rabu 15 Februari 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi Ramadan. Ide usaha di bulan Ramadan 2023 mungkin dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan di bulan suci. |Foto: outsideclick/Pixabay

Ilustrasi Ramadan. Ide usaha di bulan Ramadan 2023 mungkin dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan di bulan suci. |Foto: outsideclick/Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Ide usaha di bulan Ramadan 2023 begitu dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan di bulan suci.

Membuka usaha dadakan saat bulan Ramadan menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat, namun yang perlu diperhatikan adalah usaha yang dijalankan harus sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya, jenis usaha yang paling banyak dilakukan adalah berjualan makanan. Tapi tak hanya makanan saja, ada jenis usaha lagi yang bisa dilakukan di bulan Ramadan 2023. Apa saja? berikut deretan ide usaha yang bisa Anda buka selama bulan Ramadan:

1. Berjualan Sop Buah

Minuman menyegarkan yang satu ini selalu laris saat menjelang waktu berbuka. Selain sop buah, Anda juga bisa melengkapi dagangan dengan menu minuman segar lainnya seperti kolak, es kelapa muda, dawet dan masih banyak lainnya.

Anda bisa menggelar dagangan minuman segar ini di pinggir jalan bahkan teras depan rumah. 

2. Berjualan Takjil

Selain minuman segar, tak lengkap rasanya bila berbuka puasa tidak ditemani dengan takjil.

Gorengan merupakan jenis makanan yang paling umum ditemukan saat menjelang buka puasa, sehingga Anda bisa menjual makanan lain yang menarik pembeli seperti menjual kurma, salad buah, puding, asinan, ketupat, lontong kemudian risol dan menu kekinian lainnya.

3. Berjualan Buah-buahan

Setelah menikmati sajian berbuka puasa atau setelah makan sahur, tak sedikit orang yang menginginkan sesuatu yang segar diantaranya buah-buahan. Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan untuk bahan campuran menu takjil seperti sop buah.

Kebutuhan masyarakat terhadap buah-buahan saat bulan Ramadan bisa dibidik sebagai peluang usaha.

4. Kue Kering

Kue kering menjadi peluang usaha saat Ramadan dan biasanya permintaan terhadap kue kering akan meningkat menjelang lebaran. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang punya keahlian dalam membuat kue. Jika belum terbiasa membuatnya, Anda bisa coba untuk latihan terlebih dahulu mulai dari saat ini.

Awal Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk Anda kepada rekan kerja, tetangga, hingga keluarga.

Anda juga bisa mengajak keluarga dan teman untuk ikut menjual produk kue keringnya.

5. Parsel

Hari raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari spesial bagi umat muslim. Biasanya umat muslim akan mencari sesuatu yang ingin diberikan kepada keluarga, teman dan teman sekantor atau rekan bisnis sebagai bentuk suka cita di hari kemenangan.

Biasanya saat lebaran itu orang akan saling berkirim parsel berisi kue kering, makanan ringan hingga sembako. 

Anda bisa membidik hal itu menjadi peluang usaha yaitu jasa pembuatan parsel. Mulai asah kemampuan Anda dalam membuat parsel, apabila sudah jadi promosikan kepada orang terdekat dan manfaatkan media sosial untuk pemasaran.

6. Ketupat

Makanan yang satu ini wajib ada ketika hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ketupat bisa dibuat sendiri di rumah, tapi tak sedikit orang yang ingin praktis dengan membeli jadi.

Ketika banyak orang yang ingin membeli ketupat jadi, maka itu adalah peluang usaha untuk Anda.

Anda bisa memberitahukan kepada orang terdekat hingga tetangga, kalau Anda menerima pesanan pembuatan ketupat. 

7. Berjualan Amplop Tema Lebaran

Bagi yang sudah bekerja membagikan uang kepada keponakan atau orang terdekat sudah biasa dilakukan, sehingga akan lebih spesial lagi kalau uang tersebut dimasukan kepada amplop bertema Lebaran tersebut. 

Anda bisa membeli amplop THR bertema lebaran dengan harga yang murah kemudian menjualnya kembali. Soal harga Anda bisa menyesuaikannya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).