Persiapan Mental yang Perlu Diterapkan Bila Ingin Punya Anak

Sabtu 30 November 2019, 20:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi orang tua adalah langkah besar dalam hubungan apa pun. Jika Anda telah memutuskan untuk memulai sebuah keluarga, bersiaplah untuk hidup bak roller coaster, terutama banyak persiapan yang harus disiapkan saat ingin punya anak.

Menjadi orang tua, tanggung jawab akan semakin besar. Bukan hanya pada pasangan, tapi pada anak yang harus dibesarkan dan dididik hingga dewasa.

Banyak orang tua yang menginginkan anak namun tidak memiliki persiapan yang cukup. Misalnya saja belum mapan secara keuangan, atau bahkan tidak siap secara mental sehingga muncul kepanikan ketika bayi sudah lahir. Karena itu, ada sejumlah persiapan mental yang harus dihadapi ketika ingin memiliki anak seperti dilansir dari Boldsky.com.

1. Siapkah secara emosional untuk hamil?

Kehamilan akan menghabiskan banyak waktu dan energi. Anda mungkin dibatasi untuk melakukan beberapa hal yang disukai. Perubahan bentuk tubuh dan hormon kehamilan juga akan menghancurkan pikiran dan bermain dengan emosi, yang bisa membuat marah atau kesal tanpa alasan. Tidak melakukan hal-hal yang disukai dapat membuat Anda frustrasi. Bahkan, akan ada perubahan besar dalam gaya hidup yang Anda harus siap secara emosional.

2. Siapkah menjadi ibu?

Menjadi ibu adalah pekerjaan tanpa pamrih, dengan pengorbanan tanpa akhir, dituntut untuk selalu waspada dengan bayi yang membutuhkan semuanya. Memberi makan, mandi, bersendawa, akan menjadi rutinitas sampai bayi cukup umur untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Anda mungkin juga harus meninggalkan karier untuk sementara waktu.

3. Me time hilang

Me time yang mungkin sering dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri nyaris 100 persen akan hilang. Perhatian dan pekerjaan akan terfokus pada bayi dan itu akan terjadi setiap hari sampai anak cukup besar. Bahkan, waktu berkumpul dengan teman pun akan hilang. Persiapkan diri dengan kondisi ini agar tidak menjadi stres dan menimbulkan baby blues.

4. Tetap positif hadapi apapun

Sebagai orang tua , Anda mungkin harus menemukan situasi tertentu dalam hidup yang mungkin tidak pernah dialami sebelumnya. Pada saat-saat seperti itu, penting untuk memikirkan kepentingan bayi dan selalu berpikir positif. Selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika memiliki masalah dengan bayi. Mereka akan membantu memastikan akar penyebab dan memberikan solusi.

5. Saring saran dari orang lain

Anda pasti akan menerima saran dan masukan dari orang lain seputar kehamilan. Namun, jangan semua saran dilakukan. Saring sesuai dengan kondisi kehamilan. Tanyakan hal-hal yang mungkin belum Anda ketahui atau ragukan. Jangan takut juga untuk menolak saran mereka jika dirasa tidak masuk akal.

6. Belajar mengelola perasaan

Apakah sedang marah atau sedih, penting untuk bersikap netral di sekitar bayi sesuai suasana hati yang dapat mempengaruhinya. Anda harus menemukan cara yang lebih baik untuk menyalurkan perasaan dengan cara yang tidak memengaruhi bayi. Bahkan, bayi mungkin menjadi titik penenang. Banyak ibu merasa tenang dan aman ketika bermain dengan bayi. Jika Anda stres karena bayi, carilah bantuan untuk menjaga bayi sebentar sampai Anda merasa lebih baik. Menjadi ibu tentu saja tidak berarti harus melepaskan diri. Sebagian besar waktu akan dihabiskan bersama bayi, penting untuk menemukan waktu untuk diri sendiri sesekali.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan16 April 2024, 11:06 WIB

34 Binaan Dinsos, Pemkot Sukabumi Salurkan Hibah Miliaran untuk 123 Lembaga

Bantuan ini bentuk dukungan agar setiap organisasi bisa melaksanakan program.
Foto bersama setelah kegiatan penyerahan hibah oleh Pemkot Sukabumi pada 3 April 2024 di Balai Kota. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life16 April 2024, 11:00 WIB

9 Cara Menjadi Ayah yang Baik untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia.
Ilustrasi - Menjadi seorang ayah yang baik adalah sebuah tanggung jawab besar dan mulia. (Sumber : Freepik.com/@artursafronovvvv).
Sukabumi16 April 2024, 10:46 WIB

Lewat Talkshow, DPUTR Sosialisasikan Layanan Tata Ruang di Kota Sukabumi

SKRK merupakan dokumen yang diperlukan sebagai landasan untuk menerbitkan PBG.
Pejabat atau pegawai DPUTR Kota Sukabumi saat hadir dalam talkshow Radio Swara Perintis pada 2 April 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat16 April 2024, 10:30 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan, Pilih yang Banyak Mengandung Air

Pastikan untuk memilih buah-buahan yang lembut dan tidak terlalu asam jika tenggorokan Anda sangat sensitif.
Ilustrasi. Rekomendasi Buah-buahan Saat Sakit Tenggorokan. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Keuangan16 April 2024, 10:27 WIB

Tahun Kemarin Rp 1,1 Miliar, BPR Jampangkulon Sukabumi Kembali Buka Tahara

Saat ini nasabah Tahara belum ada yang membuka kembali tabungannya.
Pegawai Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon di kantornya. | Foto: Istimewa
Life16 April 2024, 10:00 WIB

Apa Kamu Salah Satunya? 9 Ciri Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan.
Ilustrasi - Menjadi orang baik adalah proses yang berkelanjutan. Tidak ada orang yang sempurna, dan semua orang membuat kesalahan. (Sumber : Freepik.com).
Jawa Barat16 April 2024, 09:48 WIB

Tembus 391 Ribu, Kunjungan Wisatawan di Jawa Barat saat Libur Lebaran 2024

Herman mengatakan total kunjungan ini selama periode 5-14 April 2024.
Suasana wisatawan di Pantai Kebonkalapa, Karanghawu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (13/4/2024). | Foto: Facebook/Kota Palabuhanratu
Inspirasi16 April 2024, 09:30 WIB

Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!

Jobseeker Yuk Apply Sekarang! Berikut Informasi Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 atau S1 di Wilayah Jakarta.
Ilustrasi. Info Loker untuk Lulusan D3 atau S1 di Jakarta, Yuk Apply!(Sumber : Freepik)
Sehat16 April 2024, 09:00 WIB

Bengkuang: Nutrisi dan Sederet Manfaat Kesehatan yang Jarang Diketahui

Penuh serat dan vitamin C namun rendah kalori dan lemak, bengkuang bisa menjadi tambahan makanan yang sehat dan bergizi.
Ilustrasi - Penuh serat dan vitamin C namun rendah kalori dan lemak, bengkuang bisa menjadi tambahan makanan yang sehat dan bergizi. (Sumber : Freepik.com/@tohamina).
Life16 April 2024, 08:00 WIB

10 Tips Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah

Yuk Lakukan Sederet Tips Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah!
Ilustrasi. Tua | Tips Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah (Sumber : Freepik/@freepik)