TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Sebelum Ada Kulkas, Begini Cara Orang Mengawetkan Makanan

Rabu 15 Jun 2022, 13:30 WIB
Sebelum Ada Kulkas, Begini Cara Orang Mengawetkan Makanan

SUKABUMIUPDATE.com - Di zaman sekarang ini kulkas merupakan salah satu barang yang kehadirannya sangat dibutuhkan karena kehadirannya sangat membantu kehidupan menjadi lebih mudah.

Seperti yang sudah diketahui, kegunaan kulkas adalah untuk membantu menjaga makanan agar tetap segar dan tahan lama, sehingga dapat membuat keluarga memiliki persediaan makanan yang tahan lebih lama.

photoIlustrasi Kulkas - (Unplash.com)</span

Dilansir oleh tempo.co dari home.liebherr.com, di masa manusia masih hidup dengan berburu, makanan hasil buruan akan dikumpulkan dan dikonsumsi saat itu juga. Seiring waktu, perburuan berkurang, manusia mulai menemukan cara untuk menjaga makanan tetap segar.

Dan inilah cara orang zaman dulu mengawetkan makanan sebelum adanya kulkas.

Baca Juga :

1. Ruang Dingin

Manusia zaman dulu mendinginkan makanan yaitu dengan cara alami seperti menyimpannya di sekitar sungai dan gua. Semakin dalam gua, semakin dingin udaranya.

Aliran air sungai juga mendinginkan sesuatu lebih cepat. Pada saat itu, orang tahu bahwa suhu rendah memperpanjang usia makanan.

Orang Yunani dan Romawi kuno mengangkut es dan salju ke pegunungan, membungkusnya dengan jerami atau menguburnya di ruang bawah tanah yang dapat memperlambat pembusukan makanan.

Seiring perkembangan zaman, solusi lain dikembangkan. Termasuk memanfaatkan lubang di tanah, celah di dinding kayu, dan penyimpanan di lokasi yang lebih dingin seperti ruang bawah tanah, atau dalam wadah kayu atau tanah liat. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini