Menikmati Sunset di Atas Ketinggian Kebun Pinus Puncak Julang Mangunjaya Sukabumi

Jumat 27 September 2019, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak Julang, salah satu dataran tinggi yang terletak di Kampung Cijulang RT 28/06 Desa Mangunjaya, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berada di kawasan hutan pinus Perhutani Blok Hanjuang Selatan. 

Puncak Julang memberi suguhan wisata panorama memandang lepas alam Pajampangan. Ditambah dengan deretan pohon pinus, menambah kesejukan dan suasana alami.

BACA JUGA: Video: Sukabumi Juga Punya Negeri di Atas Awan, Eksotisme Puncak Pilar Ciwalat

Untuk menuju lokasi Puncak Julang, biasanya berpatokan di Kantor Desa Mangunjaya. Bisa datang dari arah Kiaradua maupun arah Jampang Kulon. Masuk ruas Jalan Raya Galumpit Waluran, lalu masuk ke jalan Cimanggis, Kampung Sukasirna.

"Dari Kiaradua sekitar 19 kilometer sampai ke kantor desa. Dari Alun-alun Jampangkulon 14 kilometer. Untuk lebih memudahkan patokannya Kantor Desa Mangunjaya," kata Bendahara Desa Mangunjaya, Agus Budiman kepada sukabumiupdate.com, Rabu (24/9/2019).

BACA JUGA: Sukabumi Juga Punya Negeri di Atas Awan, Eksotisme Puncak Pilar Ciwalat

Dari Kantor Desa Mangunjaya, kemudian menempuh perjalanan sejauh dua kilometer menuju lokasi. "Jalan yang dilalui selain aspal, ada jalan bebatuan dan tanah. Aspal sepanjang satu kilometer, jalan batu 600 meter dan jalan tanah 400 meter. Untuk sepeda motor bisa sampai ke lokasi, sedangkan mobil hanya sampai di perkampungan, jalur ini sangat cocok untuk adventure," ucap Agus.

Puncak Julang, sambung Agus, baru saja dibuka dua bulan yang lalu oleh Karang Taruna bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

BACA JUGA: Puncak Darma Punya Spot Baru buat Nikmati Panorama Geopark Ciletuh

"Memang belum ada fasilitas pelengkap, masih dalam tahap penataan. Namun lokasi wisata alam tersebut sudah banyak yang mengunjungi terutama pengunjung lokal. Di lokasi sudah ada sawung pangauban (Sawung utama) ukuran 4x6 meter, bisa dijadikan tempat wisata keluarga atau bersama teman-teman. Juga terdapat dua sawung kecil untuk melihat pemandangan," jelasnya.

Dari ketinggian Puncak Julang, pengunjung akan disuguhi pemandangan perbukitan wilayah Pajampangan, serta laut Ujung Genteng. Dari dataran tinggi tersebut paling menakjubkan melihat matahari tenggelam (sunset) dari ketinggian, ditambah deretan pohon pinus yang menambah suasana lebih nyaman dan sejuk.

"Untuk para pengunjung yang ingin menikmati spot Puncak Julang, bisa minta diantar ke pengurus Karang Taruna Desa Mangunjaya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)