Ada 2 Air Terjun dan Bunga Endemik Jawa, Ini Spot Menarik di Kebun Raya Cibodas

Minggu 10 Desember 2023, 16:00 WIB
Ada 2 Air Terjun dan Bunga Endemik Jawa, Ini Spot Menarik di Kebun Raya Cibodas (Sumber : kebunraya.id)

Ada 2 Air Terjun dan Bunga Endemik Jawa, Ini Spot Menarik di Kebun Raya Cibodas (Sumber : kebunraya.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu tempat wisata di Cianjur yang cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasi ini selalu dikunjungi banyak wisatawan setiap hari libur tiba.

Mereka yang datang berasal dari berbagai daerah terutama dari Ibu Kota Jakarta. Kebun Raya Cibodas sendiri merupakan taman alam sangat luas, menurut laman kebunraya.id luas totalnya mencapai 80 hektar dan berada tepat di kaki Gunung Gede Pangrango.

Maka tak mengherankan jika di Kebun Raya Cibodas terdapat banyak spot menarik yang bisa dikunjungi. Penasaran spot mana saja yang menjadi ikon dari kebun raya Cibodas? Berikut ulasannya yang dikutip dari laman kebunraya.id.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Cianjur Paling Hits, Yuk ke Sini Pas Liburan Tahun Baru!

1. Taman Lumut

Taman ini dibangun tahun 2004 dan dibuka untuk umum pada tanggal 11 April 2006 bertepatan ketika ulang tahun Kebun Raya Cibodas yang ke 154. Taman seluas 1.500 m2 ini dirancang menyerupai habitat lumut di alam yaitu pada batang pohon, tanah, batu-batuan dan media tertentu.

Naungan secara alami juga diberikan oleh rindangnya tanaman asli Indonesia yang tumbuh di sekitarnya untuk memberikan kondisi lembab yang diinginkan. Sebagian besar koleksinya berasal dari sekitar Kebun Raya Cibodas, dan sampai saat ini koleksi yang ada di Taman Lumut ada 134.

2. Konservatorium

Konservatorium Kebun Raya CibodasKonservatorium Kebun Raya Cibodas

Konservatorium Kebun Raya Cibodas memiliki beragam koleksi tanaman beriklim tropis dan sedikit kering yang disesuaikan dengan habitat aslinya agar mampu bertahan di Kawasan Cibodas yang memiliki suhu dingin.

Baca Juga: Gak Nyangka! Curug Cantik Ini Tidak Jauh dari Pusat Kota Cianjur

Berbagai tanaman yang tumbuh di konservatorium ini mulai dari berbagai macam Sukulen, Bromelia, Rhododendron, Paku-pakuan, dan Bougenville. Di bagian tengah, terdapat kolam yang dilengkapi dengan air mancur guna mempercantik tampilan dalam Konservatorium.

3. Taman Rhododendron

Taman ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2002 atas Inisiator dari Mantan Kepala Kebun raya Cibodas Drs. R. Subekti Purwantoro yang pada saat itu masih menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Cibodas dengan luas ± 5000 m2.

Di Kebun Raya Cibodas ada salah satu tanaman Azalea yang dijadikan ikon Kebun Raya Cibodas karena tanaman itu asli berasal dari Jawa. Nama tanaman tersebut adalah Rhododendron javanicum (Azalea Jawa).

Jenis ini di tanam pertama kali di Cibodas pada tanggal 30 Januari 2005 dan termasuk jenis tanaman endemik di Jawa, Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga orange dengan struktur bunganya yang cantik dan tahan rontok hingga satu minggu meskipun telah dipotong.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Cianjur, Alternatif Liburan Saat Musim Hujan

4. Taman Liana

Taman Tematik Liana merupakan taman yang dibangun di area seluas 1.200 meter persegi. Taman ini dipenuhi dengan koleksi tumbuhan liana, yakni tumbuhan yang tumbuh memanjat pada tumbuhan lain atau panjatan buatan manusia yang lebih besar atau lebih tinggi, dalam upaya mendapatkan cahaya matahari, tetapi akarnya tetap berada di dalam tanah sebagai sarana untuk mendapatkan makanan. Dari jenis koleksi tanaman liana di sini 40-50 persennya memiliki fungsi sebagai obat tradisional.

5. Kolam Besar

Kebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.idKebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.id

Kolam besar di Kebun Raya Cibodas merupakan area padang rumput dengan kontur pegunungan yang luas. Kolam dengan ukuran besar didirikan pada tahun 1901 oleh Dr. Melichior Treub.

Kolam tersebut difungsikan untuk menambah keanekaragaman koleksi tumbuhan air. Saat ini Kolam Besar menjadi salah satu daya tarik wisata yang menjadi favorit pengunjung.

Baca Juga: Bikin Nagih! Jangan Lupa Cobain Kuliner Ini Pas Liburan di Cianjur

6. Air Terjun Cibogo

Air terjun Cibogo lokasinya sangat mudah dijangkau, hanya 250 meter dari pintu masuk utama atau sekitar 10 menit perjalanan. Air terjun Cibogo ini bertetangga dengan jalan air di Taman Sakura.

Ukuran air terjun Cibogo tidak terlalu besar tapi debit airnya cukup deras. Tinggi air terjun Cibogo antara 15 sampai 18 meter, dan terdapat kolam kecil di bawah air terjun ini. Sehingga sangat aman untuk dikunjungi.

7. Araucaria Avenue

Araucaria adalah tumbuhan runjung yang unik, tidak biasa, dan selalu hijau yang terlihat tampak menarik. Karakteristik pohon ini memiliki batang tegak besar yang dapat mencapai ketinggian 30-80 m.

Di habitat aslinya yaitu di Benua Amerika tanaman ini terancam punah karena eksploitasi berlebihan dan seringnya kebakaran hutan. Namun keberadaan tanaman ini dapat ditemui di Kebun Raya Cibodas, Berlokasi di depan Guest House, tumbuh dengan rapi berjajar membentuk lorong.

Baca Juga: Ternyata di Cianjur, Camping di Padang Rumput Luas yang Dikelilingi Pohon Pinus

8. Taman Mawar

Taman mawar menjadi spot menarik di Kebun Raya Cibodas selanjutnya. Keberadaan tanaman mawar di Kebun Raya Cibodas menampilkan sebanyak 302 pohon dari 7 hibrid, mulai dari yang berukuran tinggi 50 cm sampai dengan 250 cm.

9. Taman Sakura

Bunga Sakura saat mekar di Kebun raya CibodasBunga Sakura saat mekar di Kebun raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas memiliki tujuh jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata.

Baca Juga: Indah Banget! Ini 9 Wisata Alam Bogor, Tempat Pas Untuk Menghilangkan Stres

Di Taman Sakura ini untuk sekarang baru terdapat lima jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp, sedangkan jenis yang dikoleksikan untuk saat ini ada tiga jenis yaitu Prunus arborea dari Java, Prunus costata dari Irian/ Papua dan Prunus cerasoides dari Himalaya.

Sakura bisa berbunga dua kali dalam setahun yakni sekitar bulan Januari sampai Februari dan Juli sampai Agustus.

10. Taman Obat

Ingin lebih mengenal tanaman obat, salah satu taman di Kebun Raya Cibodas ini bisa menjadi pilihan. Taman ini mengoleksikan berbagai tanaman obat yang berasal dari berbagai daerah.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

Sampai saat ini terdapat 164 jenis tanaman obat yang dikoleksikan di Kebun Raya Cibodas salah satunya Centella asiatica atau yang sering kita kenal dengan pegagan atau antanan konon katanya dapat digunakan sebagai obat peningkat daya ingat.

11. Taman Paku-pakuan

Taman ini difungsikan untuk mengkoneksikan berbagai jenis tanaman paku-pakuan. Saat ini ada sebanyak 101 jenis paku-pakuan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa manfaat tumbuhan paku antara lain sebagai bahan pangan, tanaman hias dan kerajinan tangan. Paku-pakuan di Indonesia telah lama digunakan masyarakat sebagai bahan baku obat tradisional, sebagai contohnya adalah rambut-rambut halus pada paku kidang yang dipercaya sebagai obat luka untuk menghentikan pendarahan.

Baca Juga: Menikmati Danau dengan Latar Gunung Cikuray, Harus ke Sini Pas Liburan di Garut

12. Air Terjun Ciismun

Air terjun Ciismun lokasinya agak lebih jauh dan lebih tinggi dibanding air terjun Cibogo. Air terjun Ciismun berada pada ketinggian 1275 mdpl, serta mengalir di antara dua bukit besar, yaitu bukit Gunung Batu (agropolitan) dan bukit Cibodas.

Tinggi air terjun Ciismun adalah sekitar 25 meter, dengan lebar kaki jatuhan air terjun sekitar lima meter.
Itulah beberapa spot menarik yang harus dikunjungi saat berlibur di Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Ketika anak-anak melakukan tindakan kebaikan, Anda mungkin tidak mendorong mereka hanya karena orang lain tidak lagi dapat dipercaya.
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:08 WIB

Ayah Dihabisi Isu Dukun Santet, Kisah Tragis Dibalik Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Belum diketahui secara pasti apa motif Rahmat nekat membunuh ibu kandungnya.
Aparat memegang garpu yang digunakan Rahmat (25 tahun) untuk membunuh ibunya, Inas (43 tahun). Foto ini berlokasi di rumah korban dan tersangka di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi15 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Keuangan15 Mei 2024, 14:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Perlindungan Sosial Ke Organisasi Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 14:45 WIB

Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

Sebuah didikan terkadang menjadi masalah utama yang menjadi penyebab anak tumbuh menjadi pribadi yang durhaka kepada orang tuanya
gambaran didikan orang tua yang menyebabkan anak durhaka (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Life15 Mei 2024, 14:30 WIB

Stop Curhat ke Media Sosial, Ini 6 Dampak Buruk yang Sering Diabaikan Banyak Orang

Kebiasaan sering curhat ke media sosial atau medsos rupanya memiliki dampak buruk yang mesti dihindari. Sebab bahayanya sangat banyak kepada diri sendiri
Ilustrasi dampak buruk sering curhat ke media sosial (Sumber : Pexels.com/@Bianca)