7 Tempat Wisata Cianjur Paling Hits, Yuk ke Sini Pas Liburan Tahun Baru!

Sabtu 09 Desember 2023, 21:30 WIB
Kebun Raya Cibodas, jadi salah satu 7 tempat wisata Cianjur paling hits untuk liburan akhir tahun| Foto : Ist

Kebun Raya Cibodas, jadi salah satu 7 tempat wisata Cianjur paling hits untuk liburan akhir tahun| Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Menghabiskan libur tahun baru di Cianjur bisa menjadi pengalaman menyenangkan. Daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata baik itu wisata alam, kuliner hingga religi.

Maka tak heran jika setiap musim libur tiba, salah satu daerah di Jawa Barat ini selalu didatangi banyak wisatawan uang ingin menikmati keindahan Kota Tauco tersebut.

Nah, destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat berlibur di Cianjur? Berikut daftarnya seperti dilansir dari channel YouTube Dunia Wisata, Minggu (9/12/2023.

Baca Juga: 7 Wisata Bogor yang Lagi Hits, Cocok Jadi Tempat Liburan Tahun Baru

1. Curug Citambur

Curug Citambur menjadi salah satu destinasi wisata Cianjur yang menawarkan keindahan alam menakjubkan | Foto: YouTube/Hardi ArtVentureCurug Citambur menjadi salah satu destinasi wisata Cianjur yang menawarkan keindahan alam menakjubkan | Foto: YouTube/Hardi ArtVenture

Kita pasti tak asing dengan air terjun satu ini. Ya, Curug Citambur merupakan air terjun dengan ketinggian 130 meter yang berada di balik tebing sebuah gunung di Selatan Cianjur.

Curug ini memiliki tiga tingkatan air terjun yang membuatnya semakin keren. Pada tingkat pertama sekaligus tertinggi tingginya sekitar 116 m. Debit air yang dihasilkan cukup besar sehingga percikan airnya deras.

Baca Juga: 7 Wisata Malang Cocok Dikunjungi Saat Habiskan Liburan Tahun Baru

Pengunjung dilarang dekat dengan area ini atau bermain di kolam di bawahnya karena dinilai berbahaya. Tingkat kedua dan ketiga tingginya masing-masing 12 meter dan 2 meter. Selain Menikmati keindahan air terjun kamu bisa bermain air di sungai yang terdapat di bagian bawah air terjun.

2. Curug Ciastana

Curug Ciastana menjadi tempat wisata air terjun dengan fenomena yang menarik di daerah Cianjur. Pasalnya air terjun ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda serta memiliki kolam di setiap tingkatannya.

Tingkatan yang paling atas mengalirkan air dari ketinggian sekitar 50 m dengan dibentengi tebing yang cukup tinggi di bawahnya terdapat kolam yang tidak terlalu besar tetapi cukup dalam untuk menampung air yang terjun dari ketinggian.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

Sedangkan tingkatan kedua yang lebih rendah memiliki lebar sekitar lima meter, sehingga jika airnya deras akan membentuk seperti tirai putih yang mengalir. Bahkan banyak pengunjung yang berenang di kolam bagian bawah ini.

3. The Fantastic Park

The Fantastic Park merupakan taman wisata keluarga yang di dalamnya memiliki sejumlah atraksi wisata seperti kuliner, kebun binatang hingga spot-spot instagramable untuk berfoto.

The Fantastic Park memang menjadi destinasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga terutama yang Mau mengajak si kecil. Sebab di sana terdapat sejumlah hewan lucu yang bisa kamu kenalkan kepada anak-anak seperti burung unta, burung makau, domba, iguana dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

4. Karang Potong Ocean View

Pantai Karang Potong Cianjur Jawa Barat | Foto : IstPantai Karang Potong Cianjur Jawa Barat | Foto : Ist

Tempat wisata ini merupakan wisata salah satu destinasi instagramable di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Daya tarik Karang Potong Ocean View yaitu beragam spot foto berlatar belakang hamparan laut biru.

Destinasi wisata ini menawarkan sekitar 25 Spot foto instagramable yang mayoritas spot foto itu mempunyai pemandangan langsung ke laut selatan Jawa.

Sejumlah spot foto itu meliputi bangunan ala Santorini Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, rumah kaca dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Tempat Glamping di Bandung, Cocok Jadi Tempat Penghilang Stres

5. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Kabupaten Cianjur menyuguhkan sejumlah koleksi tanaman bunga yang berasal dari Indonesia dan juga mancanegara.

Aneka ragam bunga yang diperlihatkan mampu menempercantik tempat wisata tersebut sekaligus membuat udara di kawasan menjadi sejuk.

Sejak dibuka, Taman Bunga Nusantara tak pernah sepi pengunjung dari Jakarta maupun daerah lain.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.idKebun Raya Cibodas Cianjur | Foto : kebunraya.id

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Sindang Jaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat rekreasi sekaligus wahana edukasi ini mengoleksi ribuan jenis tanaman mulai dari bunga anggrek, paku-pakuan dan lumut.

Aneka tanaman seperti tumbuhan merambat hingga tanaman-tanaman obat ada di Kebun Raya Cibodas.

Destinasi wisata ini punya area rumah kaca dan konservatorium guna memfasilitasi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang koleksi tanaman yang ada.

Baca Juga: Padang Rumput, Gunung Cikuray dan Kabut Tipis Jadi Bonus Pas Camping di Sini

7. Curug Cikondang

Curug Cikondang adalah objek wisata air terjun favorit di Kabupaten Cianjur. Nama dari air terjun ini sendiri berasal dari nama sebuah tanaman terkenal yang memiliki arti indah.

Air terjun ini menyajikan panorama aliran air terjun yang unik karena pola alirannya seperti melebar ke area tebing batu ditambah vegetasi hijau yang tumbuh di sekitarnya membuat Curug Cikondang ini tampak indah.

Itulah beberapa tempat wisata yang paling hits di Cianjur dan bisa menjadi tempat menghabiskan libur tahun baru bersama keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist