7 Tempat Wisata Cianjur Paling Hits, Yuk ke Sini Pas Liburan Tahun Baru!

Sabtu 09 Desember 2023, 21:30 WIB
Kebun Raya Cibodas, jadi salah satu 7 tempat wisata Cianjur paling hits untuk liburan akhir tahun| Foto : Ist

Kebun Raya Cibodas, jadi salah satu 7 tempat wisata Cianjur paling hits untuk liburan akhir tahun| Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Menghabiskan libur tahun baru di Cianjur bisa menjadi pengalaman menyenangkan. Daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata baik itu wisata alam, kuliner hingga religi.

Maka tak heran jika setiap musim libur tiba, salah satu daerah di Jawa Barat ini selalu didatangi banyak wisatawan uang ingin menikmati keindahan Kota Tauco tersebut.

Nah, destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat berlibur di Cianjur? Berikut daftarnya seperti dilansir dari channel YouTube Dunia Wisata, Minggu (9/12/2023.

Baca Juga: 7 Wisata Bogor yang Lagi Hits, Cocok Jadi Tempat Liburan Tahun Baru

1. Curug Citambur

Curug Citambur menjadi salah satu destinasi wisata Cianjur yang menawarkan keindahan alam menakjubkan | Foto: YouTube/Hardi ArtVentureCurug Citambur menjadi salah satu destinasi wisata Cianjur yang menawarkan keindahan alam menakjubkan | Foto: YouTube/Hardi ArtVenture

Kita pasti tak asing dengan air terjun satu ini. Ya, Curug Citambur merupakan air terjun dengan ketinggian 130 meter yang berada di balik tebing sebuah gunung di Selatan Cianjur.

Curug ini memiliki tiga tingkatan air terjun yang membuatnya semakin keren. Pada tingkat pertama sekaligus tertinggi tingginya sekitar 116 m. Debit air yang dihasilkan cukup besar sehingga percikan airnya deras.

Baca Juga: 7 Wisata Malang Cocok Dikunjungi Saat Habiskan Liburan Tahun Baru

Pengunjung dilarang dekat dengan area ini atau bermain di kolam di bawahnya karena dinilai berbahaya. Tingkat kedua dan ketiga tingginya masing-masing 12 meter dan 2 meter. Selain Menikmati keindahan air terjun kamu bisa bermain air di sungai yang terdapat di bagian bawah air terjun.

2. Curug Ciastana

Curug Ciastana menjadi tempat wisata air terjun dengan fenomena yang menarik di daerah Cianjur. Pasalnya air terjun ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda serta memiliki kolam di setiap tingkatannya.

Tingkatan yang paling atas mengalirkan air dari ketinggian sekitar 50 m dengan dibentengi tebing yang cukup tinggi di bawahnya terdapat kolam yang tidak terlalu besar tetapi cukup dalam untuk menampung air yang terjun dari ketinggian.

Baca Juga: 7 Pemandian Air Panas di Bogor, Bisa Berendam di Alam Terbuka

Sedangkan tingkatan kedua yang lebih rendah memiliki lebar sekitar lima meter, sehingga jika airnya deras akan membentuk seperti tirai putih yang mengalir. Bahkan banyak pengunjung yang berenang di kolam bagian bawah ini.

3. The Fantastic Park

The Fantastic Park merupakan taman wisata keluarga yang di dalamnya memiliki sejumlah atraksi wisata seperti kuliner, kebun binatang hingga spot-spot instagramable untuk berfoto.

The Fantastic Park memang menjadi destinasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga terutama yang Mau mengajak si kecil. Sebab di sana terdapat sejumlah hewan lucu yang bisa kamu kenalkan kepada anak-anak seperti burung unta, burung makau, domba, iguana dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

4. Karang Potong Ocean View

Pantai Karang Potong Cianjur Jawa Barat | Foto : IstPantai Karang Potong Cianjur Jawa Barat | Foto : Ist

Tempat wisata ini merupakan wisata salah satu destinasi instagramable di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Daya tarik Karang Potong Ocean View yaitu beragam spot foto berlatar belakang hamparan laut biru.

Destinasi wisata ini menawarkan sekitar 25 Spot foto instagramable yang mayoritas spot foto itu mempunyai pemandangan langsung ke laut selatan Jawa.

Sejumlah spot foto itu meliputi bangunan ala Santorini Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, rumah kaca dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Tempat Glamping di Bandung, Cocok Jadi Tempat Penghilang Stres

5. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Kabupaten Cianjur menyuguhkan sejumlah koleksi tanaman bunga yang berasal dari Indonesia dan juga mancanegara.

Aneka ragam bunga yang diperlihatkan mampu menempercantik tempat wisata tersebut sekaligus membuat udara di kawasan menjadi sejuk.

Sejak dibuka, Taman Bunga Nusantara tak pernah sepi pengunjung dari Jakarta maupun daerah lain.

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Cianjur salah satu dari Rekomendasi 5 Taman Indah di Cianjur yang Cocok Untuk Liburan keluarga| Foto : kebunraya.idKebun Raya Cibodas Cianjur | Foto : kebunraya.id

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Sindang Jaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat rekreasi sekaligus wahana edukasi ini mengoleksi ribuan jenis tanaman mulai dari bunga anggrek, paku-pakuan dan lumut.

Aneka tanaman seperti tumbuhan merambat hingga tanaman-tanaman obat ada di Kebun Raya Cibodas.

Destinasi wisata ini punya area rumah kaca dan konservatorium guna memfasilitasi pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang koleksi tanaman yang ada.

Baca Juga: Padang Rumput, Gunung Cikuray dan Kabut Tipis Jadi Bonus Pas Camping di Sini

7. Curug Cikondang

Curug Cikondang adalah objek wisata air terjun favorit di Kabupaten Cianjur. Nama dari air terjun ini sendiri berasal dari nama sebuah tanaman terkenal yang memiliki arti indah.

Air terjun ini menyajikan panorama aliran air terjun yang unik karena pola alirannya seperti melebar ke area tebing batu ditambah vegetasi hijau yang tumbuh di sekitarnya membuat Curug Cikondang ini tampak indah.

Itulah beberapa tempat wisata yang paling hits di Cianjur dan bisa menjadi tempat menghabiskan libur tahun baru bersama keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Februari 2024, 11:49 WIB

Disdik Cek Longsor TPT SDN di Purabaya Sukabumi yang Ancam Kelas dan Musala

Disdik sudah menugaskan Kabid SD dan Kasi Sarpras SD untuk ke lokasi longsor
Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Bola22 Februari 2024, 11:00 WIB

Persikabo 1973 vs Borneo FC di Liga 1: Prediksi Skor, H2H dan Live Streaming

Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda
Persikabo 1973 vs Borneo FC akan menjadi laga menarik mengingat kedua tim tengah mengincar kemenangan dengan tujuan berbeda (Sumber : borneofc.id/istimewa)
Musik22 Februari 2024, 10:45 WIB

Avenged Sevenfold Bakal Konser di Indonesia Tahun Ini, Cek Harga Tiket Konsernya!

Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024.
Band heavy metal, Avenged Sevenfold akan mengunjungi Indonesia pada 25 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@avengedsevenfold).
Nasional22 Februari 2024, 10:43 WIB

Ada Din Syamsuddin, Ratusan Tokoh Tuntut Penegakan Hukum Pelaku Kecurangan Pemilu

Mereka mendukung fraksi di DPR yang ingin menggulirkan hak angket.
Din Syamsuddin bersama seratusan tokoh lainnya menuntut penegakan hukum bagi para pelaku dugaan kecurangan Pemilu 2024. | Foto: Aminef.or.id
Sukabumi22 Februari 2024, 10:21 WIB

Ancam Kelas dan Musala, Longsor Hantam TPT SDN Cisarua Purabaya Sukabumi

Longsor TPT ini mengancam satu ruang kelas dan musala SDN Cisarua.
Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 10:05 WIB

Ganjar Usul Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, TKN 02 Ungkit Omongan Mahfud MD

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid menilai Ganjar usul hak angket kecurangan Pilpres 2024 adalah sesuatu yang berlebihan.
Capres Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo (Sumber : Istimewa)
Life22 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Akan Susah di Masa Tuanya, Anda Harus Hati-hati!

Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya.
Ilustrasi - Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@isakarakus)
Musik22 Februari 2024, 09:58 WIB

Video Music Lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di Youtube

Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah.
Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah. (Sumber : Instagram/@sitibadriahh).
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 09:53 WIB

Komnas HAM Temukan Fakta Aparatur Negara Arahkan Masyarakat Pilih Capres Tertentu

Setidaknya ada lima peristiwa yang Komnas HAM rangkum.
(Foto Ilustrasi) Komnas HAM mengumumkan sejumlah temuan selama Pemilu 2024. | Foto: Istimewa
Life22 Februari 2024, 09:30 WIB

Mengenali Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Tekanan Batin dan Mengatasinya

Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.
Ilustrasi. Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.  (Sumber : Freepik/@freepik)