Bioskop-Kereta Gantung, Wisata Baru yang Mengapit Sukabumi di Utara dan Selatan

Senin 30 Oktober 2023, 14:46 WIB
(Foto Ilustrasi) Wilayah utara dan selatan Kabupaten Sukabumi mengundang sorotan publik dengan dua proyek terbarunya. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Wilayah utara dan selatan Kabupaten Sukabumi mengundang sorotan publik dengan dua proyek terbarunya. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah utara dan selatan Kabupaten Sukabumi dalam beberapa waktu terakhir mengundang sorotan. Dua proyek akan hadir dan menjadi magnet pariwisata dengan pendekatan berbeda. Bioskop yang membidik market wisata kreatif rencananya dibangun di Kecamatan Cibadak, sedangkan di selatan kereta gantung bakal membentang di atas lanskap alam Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp).

Bioskop di Cibadak

Gedung bioskop ini akan berdiri di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak. Izin pembangunan tempat untuk menonton pertunjukan film menggunakan layar lebar tersebut sedang berproses. Kabar itu terungkap setelah adanya rapat koordinasi antara PT Surya Anugerah Media dengan Pemerintah Desa Karangtengah, MUI Cibadak, hingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi di Kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Rabu, 25 Oktober 2023.

Konsultan PT Surya Anugerah Media Tomi Ardi mengatakan dalam rapat itu pihaknya tengah mengurus proses perizinan untuk mendirikan bioskop di wilayah yang terkenal dengan Nayor-nya tersebut. "Pada prinsipnya semua mendukung. Kami sedang mengurus proses perizinan sampai terbitnya persetujuan bangunan gedung," ujar Tomi.

Terkait proses izin yang sudah dijalankan, Tomi menyebut pihaknya telah mengantongi surat keterangan domisili, rekomendasi camat, dan surat keterangan dari MUI Cibadak. "Di samping itu, sesuai PP Nomor 5 tentang Perizinan Perusahaan Berisiko, kita juga sudah mengantongi Nomor Induk Berusaha dan Persetujuan Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKPR). Jadi dari sisi legal formal tidak ada soal untuk proses perizinan," katanya.

Baca Juga: Gedung Bioskop Baru Segera Hadir di Cibadak Sukabumi

Tomi mengungkapkan rencana pembangunan bioskop ini. Ia menyebut akan dibangun tiga gedung yang nantinya bisa menampung ratusan penonton. "Rencananya ada tiga gedung. Satu gedung berkapasitas 102 seat (kursi), sehingga total seat itu 306. Dari lahan yang dikuasai kurang lebih 3.005 meter persegi dan luas bangunan di bawah 1.000 meter persegi," ujar dia.

Tomi berharap pembangunan gedung bioskop ini ke depannya memiliki kebermanfaatan baik bagi pelaku usaha, masyarakat, maupun pemerintah daerah.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Nina Widiawati menyatakan pemerintah daerah senantiasa mendukung segala bentuk investasi yang masuk di wilayahnya. Sebab ini bakal berdampak pada peningkatan ekonomi daerah dan menyerap tenaga kerja. Ditanya soal tahapan perizinan pembangunan bioskop, Nina menyebut baru dalam tahap pembahasan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK).

"Setelah terbit SKRK lalu surat pernyataan kesanggupan pengelolaan pemantauan lingkungan hidup (SPPL) akan terbit otomatis. Selanjutnya izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan izin parkir. Kami ingatkan layanan dasarnya harus ditempuh," katanya.

Nina mengingatkan kepada pengusaha bioskop tersebut bahwa sebelum semua proses izin selesai agar tidak ada aktivitas pembangunan terlebih dahulu. "Mudah-mudahan dalam prosesnya lancar dan kondusif," katanya.

Catatan sukabumiupdate.com, Kabupaten Sukabumi dulu sempat memiliki gedung bioskop yakni Bioskop Sinar Surya dan Cicurug Theatre. Sinar Surya berada di pusat kota Cibadak, Jalan Suryakencana, kini bangunan tersebut telah berubah menjadi Toko Bungsu. Sementara Cicurug Theatre berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cicurug, tepatnya di lantai dua gedung lama Pasar Cicurug. Adapun bioskop yang saat ini beroperasi di Sukabumi berada di wilayah Kota Sukabumi yakni Moviplex.

Kereta Gantung di CPUGGp

Ide kereta gantung ini diungkap dan ditawarkan oleh perusahaan general trading di Indonesia yakni PT Diva Transindo saat beraudiensi dengan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri di Aula BKPSDM Kabupaten Sukabumi pada 20 Oktober 2023. Perusahaan ini tertarik untuk melakukan penjajakan kerja sama pembangunan moda transportasi khusus kereta gantung di kawasan wisata CPUGGp.

Dalam pemaparannya, Awaludin Lukman selaku pimpinan PT Diva Transindo menyampaikan rencana pengembangan sistem transportasi wisata di Kabupaten Sukabumi dengan pembuatan jaringan kereta gantung. Alat transportasi manusia ini bisa diaplikasikan dan berpotensi mendukung angka kunjungan wisatawan di Kabupaten Sukabumi, khususnya kawasan CPUGGp yang tersebar di delapan kecamatan yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Baca Juga: 11 KM 3 Koridor, Ahli Kereta Gantung dari Swiss Tinjau Geopark Ciletuh Sukabumi

Wabup Sukabumi cukup tertarik dan memberikan apresiasi soal hal ini. Iyos menyambut baik rencana PT Diva Transindo yang ingin berinvestasi di Kabupaten Sukabumi yakni sektor pariwisata. Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan segera mengkaji dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta memberikan tanggapan atas pemaparan yang telah disampaikan.

Setelah bertemu Wakil Bupati Sukabumi, PT Diva Transindo pada 22 Oktober 2023 mengajak ahli kereta gantung dunia untuk meninjau CPUGGp. Mereka adalah perwakilan dari pabrikan kereta gantung Bartholet Swiss dan direktur utama PT Diva Transindo beserta jajaran manajemen Badan Pengelola CPUGGp.

Kunjungan ini untuk melihat gambaran awal kondisi terkini bentang alam di CPUGGp serta sebagai perkenalan dan pertukaran informasi dalam rencana proyek pengembangan kawasan geowisata edukasi dan infrastruktur kereta gantung di wilayah tersebut. Berdasarkan pemantauan awal, kereta gantung bisa membentang sepanjang kurang lebih 11 kilometer. Sementara koridor yang dianggap memungkinkan untuk jaringan kereta gantung adalah Panenjoan Puncak Tugu, Puncak Aher, dan Puncak Darma.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa