19 Khasiat Ubi Jalar Madu, Dari Sukabumi Ekspor hingga Ratusan Ton ke Singapura

Rabu 25 Oktober 2023, 16:00 WIB
Ubi Madu atau Ubi Jalar Madu di ekspor ke Singapura, Ini khasiatnya | Foto : Asep Awaludin

Ubi Madu atau Ubi Jalar Madu di ekspor ke Singapura, Ini khasiatnya | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Ubi jalar madu Sukabumi kini sedang menjadi perbincangan, pasalnya ubi jalar tersebut kini banyak dicari oleh eksportir untuk memenuhi pasar ekspor. Lantas, apa khasiat ubi jalar madu bagi yang mengkonsumsinya?.

Mukhlis Rahayu (35 tahun), salah seorang petani muda asal Kampung Cikangkung, Rt01/05, Desa Sagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi itu bertani ubi jalar madu sudah dimulai 10 tahun yang lalu. Ia menjual hasil pertaniannya hingga menembus pasar Singapura.

Mukhlis mengungkapkan, ia sempat mengalami kegagalan dalam mengelola pertanian ubi jalar madu. namun kemudian ia belajar dan berhasil. Hingga kemudian banyak eksportir yang menghubunginya.

"Jadi saya dulu tanam ubi sering gagal, dengan berjalannya waktu, dari kegagalan itu saya bisa sukses menanam ubi jalar madu ekspor. Dari situ banyak eksportir menghubungi saya, alhamdulillah ubi dari Sukabumi yang saya kelola sudah bisa diterima oleh ekspor," ujar Mukhlis kepada sukabumiupdate.com, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Menengok Suksesnya Budidaya Anggur Brazil Milik Mak Juju di Sukaraja Sukabumi

Saat ini Muslikh mampu mengekspor ratusan ton ubi madu hingga Singapura. Ia mengaku dari ratusan ton ubi yang dibutuhkannya hingga saat ini belum dapat tercukupi.

Khasiat Ubi Jalar Madu

Dinamai Ubi madu karena ubi ini memiliki rasa lebih manis dibanding jenis ubi lainnya, Ubi madu adalah satu kelas dengan Ubi Cilembu, Ia merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dijadikan sebagai makanan utama yang dapat menggantikan peran nasi. Ubi ini dikenal memiliki rasa yang enak dan manis serta dapat diolah dengan mudah.

Selain itu Ubi Madu juga sudah diketahui memiliki vitamin dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: ADHD dan Depresi, Apakah Ada Kaitannya?

Melansir dari manfaat.co.id beragam nutrisi yang ada dalam ubi madu diantaranya karbohidrat, serat, potasium, vitamin A, magnesium, kalsium, niacin, vitamin B1 dan B2, vitamin C, tembaga, mangan, fosfor, vitamin D, zat besi, dan lain sebagainya.

Dengan beragam nutrisi ini sudah tentu konsumsi ubi madu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat atau khasiat ubi madu yang perlu anda ketahui:

1. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat ubi madu yang pertama adalah untuk mendukung kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin D dan zat besi pada ubi madu dapat menjaga kinerja kelenjar tiroid agar berjalan normal. 

2. Melancarkan peredaran darah

Ubi madu juga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. Ini akan membuat kinerja tubuh menjadi lancar sehingga anda lebih bersemangat beraktivitas. 

Baca Juga: 7 Sisi Positif Luar Biasa Anak ADHD, Yuk Simak

3. Mengatasi stres

Di zaman modern yang serba cepat ini semakin mudahnya orang terkena stres. Bahkan anak-anak sekolah sudah banyak yang mengalami stres. Selain dengan manfaat rekreasi konsumsi ubi madu diketahui juga dapat membantu mengatasi stres. Hal ini didukung oleh kandungan zat besi dan potasium yang terdapat pada ubi madu. 

4. Baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh manusia salah satunya menyaring darah dari berbagai kotoran dan zat-zat racun. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan baik bagi ginjal seperti ubi madu.

5. Sumber antioksidan alami

Konsumsi ubi madu juga dapat mencukupkan kadar antioksidan dalam tubuh yang berperan penting dalam menghambat perkembangan radikal bebas. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C yang tinggi dan beta karoten sehingga sel-sel tubuh terlindungi dari serangan radikal bebas.

Baca Juga: Angkot Milik Mantan Direktur Perumda di Sukabumi Dirampas OTK, Sopirnya Dianiaya

6. Mencegah berkembangnya sel-sel kanker

Dengan tingginya kandungan antioksidan pada ubi madu dapat membantu melindungi sel-sel tubuh agar tidak berkembang secara abnormal menjadi sel-sel kanker yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan. 

7. Baik untuk kesehatan mata

Diantara berbagai jenis umbi ubi madu merupakan umbi dengan kandungan vitamin A paling tinggi sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Jika selama ini kita mengenal manfaat tomat dan manfaat wortel untuk mata maka kini ubi madu dapat menjadi alternatif yang tepat.

8. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ubi madu juga mengandung berbagai mineral salah satunya kalsium yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Tulang dan gigi akan terpelihara kepadatannya dan terhindar dari penyakit. 

Baca Juga: Punya STR, Puskesmas Jelaskan Soal Izin Dokter di Ujunggenteng Sukabumi

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada ubi madu juga dapat menjaga kecantikan sehingga anda terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. 

10. Baik untuk program diet

Ubi madu merupakan makanan yang tepat bagi anda pelaku diet. Dapat menjadi sumber energi yang kaya serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat ubi madu yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. 

12. Sumber energi

Seperti jenis ubi jalar lainnya ubi madu mengandung karbohidrat sehingga dapat memasok energi bagi tubuh. 

Baca Juga: Viral Wanita Curhat ke Hanan Attaki, Apa Hukum Ceraikan Istri Demi Ibu?

13. Baik untuk kesehatan jantung

Sebagai organ vital yang berperan penting dalam kehidupan jantung mesti dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan konsumsi makanan sehat seperti ubi madu yang kaya akan berbagai mineral penting seperti potasium sehingga jantung berdenyut normal dan terpelihara kesehatannya. Selain itu manfaat ubi madu juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit dan gangguan pada jantung.

14. Baik untuk kesehatan kulit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat diantaranya dengan menggunakan produk perawatan kulit seperti manfaat sabun amoorea, perawatan wajah secara teratur, serta konsumsi makanan sehat seperti ubi madu yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral. 

15. Baik bagi penderita diabetes

Ubi madu dapat menjadi pilihan makanan pokok atau sumber energi yang tepat bagi penderita diabetes karena tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat sehingga sangat aman bagi penderita diabetes. 

16. Mencegah anemia

Konsumsi ubi madu secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit anemia. Hal ini didukung oleh kandungan zat besi pada ubi madu dimana zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga tubuh tidak kekurangan sel darah merah.

Baca Juga: Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian yang Baru Dilantik Jokowi

17. Baik untuk kesehatan otot

Manfaat olahraga seperti manfaat lari pagi setiap hari dapat membuat otot-otot tubuh lebih sehat dan kuat. Selain dengan berolahraga kesehatan otot juga ditunjang oleh konsumsi makanan bernutrisi seperti ubi madu yang mengandung mineral berupa magnesium yang dikenal baik untuk kesehatan otot.

18. Baik untuk kesehatan saraf

Kandungan magnesium pada ubi madu juga baik untuk menjaga kesehatan saraf. 

19. Menurunkan kolesterol

Jika kadar kolesterol anda termasuk tinggi maka konsumsi ubi madu merupakan pilihan yang tepat. Hal ini didukung oleh kandungan serat yang dimiliki ubi madu sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dan anda pun terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber : berbagai sumber 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 16:30 WIB

Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya.
Ilustrasi - Serangan asam urat yang kambuh terkadang sangat menyiksa para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Life14 Mei 2024, 16:15 WIB

Merasa Bosan, 12 Alasan Bayi Tidak Berhenti Menangis yang Patut Bunda Ketahui

Hampir tidak ada yang lebih menyedihkan daripada saat bayi menangis terutama jika Anda tidak yakin mengapa ia menangis dan semua upaya untuk menenangkannya sepertinya tidak berhasil.
bayi menangis sepanjang hari akan membuat orang sekitar khawatir (Sumber : pexels.com/@LeonardoLiz)
Sukabumi14 Mei 2024, 16:01 WIB

Wabup: Angka Prevalensi Stunting di Kabupaten Sukabumi Turun Signifikan

Secara nasional berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, Kabupaten Sukabumi mengalami penurunan prevalensi stunting dari 41,35% pada tahun 2018 menjadi 27% tahun 2023 atau turun sekitar 14,35%.
Wakil Bupati Iyos Somantri Exit Meeting Hasil Audit Efektivitas Program Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Food & Travel14 Mei 2024, 16:00 WIB

Cocok untuk Healing dan Melepas Penat, 4 Rekomendasi Wisata Air di Bogor

wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat.
The Jungle Water Adventure - wisata air sangat cocok untuk liburan healing dan melepas penat. (Sumber : junglebogor.com).
Life14 Mei 2024, 15:45 WIB

Jangan Sepelekan,6 Adab Ditraktir Orang yang Wajib Diketahui dan Diterapkan

Saat ditraktir makan oleh seseorang, maka penting untuk mengedepankan adab . hal ini yang mungkin jarang diketahui banyak orang selama ini
Adab ditraktir makan oleh orang lain yang perlu diketahui dan diterapkan (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Inspirasi14 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi14 Mei 2024, 14:59 WIB

Sodorkan Uang ke Paman, Anak di Sukabumi Minta Dibunuh Setelah Habisi Ibunya

Rahmat meminta dibunuh oleh Pahrudin setelah membunuh ibunya sendiri.
Kondisi rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04 Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa