Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian yang Baru Dilantik Jokowi

Rabu 25 Oktober 2023, 12:30 WIB
Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian yang Baru Dilantik Jokowi (Sumber : Instagram/@a.amran_sulaiman)

Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian yang Baru Dilantik Jokowi (Sumber : Instagram/@a.amran_sulaiman)

SUKABUMIUPDATE.com - Amran Sulaiman adalah Menteri Pertanian yang resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang tersandung kasus dugaan korupsi. Menteri Pertanian Amran Sulaiman dilantik di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Amran sebelumnya pernah membersamai Presiden Jokowi di posisi yang sama, sebagai Menteri Pertanian, tepatnya di Kabinet Kerja periode 2014-2019. Terkini, Amran akan mengisi pos Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Berangkat dari hal itu, banyak yang penasaran berapa Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik Jokowi. Kabar baiknya, Harta Kekayaan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dapat diakses secara publik melalui situs resmi e-LHKPN KPK.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Sedang Banyak Pikiran, Sering Overthinking!

Berikut Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik Jokowi, dilansir oleh redaksi sukabumiupdate.com dari data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), diakses melalui laman resmi KPK di alamat elhkpn.kpk.go.id.

Updaters yang penasaran berapa Harta Kekayaan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, yuk simak artikelnya!

Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo

Profil Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Pengganti Syahrul Yasin LimpoAmran Sulaiman, Menteri Pertanian Pengganti Syahrul Yasin Limpo

Amran Sulaiman adalah Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik Jokowi pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, terungkap bahwa Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo itu memiliki kekayaan senilai lebih dari 279 miliar rupiah. Tepatnya, total kekayaan Amran Sulaiman mencapai 279.580.104.564 rupiah.

Nilai kekayaan Politisi Indonesia itu adalah total setelah dikurangi hutang sebesar 293.739.265 rupiah yang terlapor per 30 Oktober 2019 dalam data E-LHKPN KPK.

Harta Kekayaan Amran Sulaiman terbagi menjadi beberapa sumber, diantaranya 13 bidang tanah dan bangunan, yang tersebar di Makassar dan Gowa, senilai Rp. 42.249.445.000. Menariknya, tanah Amran Sulaiman yang kini menjadi Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo tersebut seluruhnya merupakan hasil sendiri, Keren!

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Memendam Beban Hidup Sendirian, Kamu Termasuk?

Sementara untuk alat transportasi dan mesin yang dimiliki Menteri Pertanian Amran Sulaiman yakni senilai 3.420.000.000 rupiah, terdiri dari empat unit mobil. Kemudian ditambah harta bergerak lainnya senilai 281.737.500 rupiah, surat berharga senilai 205.534.000.000 rupiah, serta kas dan setara kas sebesar 28.350.661.281 rupiah.

Amran Sulaiman juga tercatat memiliki harta lainnya dalam data LHKPN 2022 dengan jumlah sebesar 38.000.048 rupiah. Berdasarkan akumulasi, total kekayaan Amran Sulaiman mencapai 279.873.843.829 rupiah, namun setelah dikurangi hutang sekitar 293 juta rupiah, menjadi 279.580.104.564 rupiah.

Itulah Harta Kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo yang baru dilantik Jokowi, tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN per tanggal 30 Oktober 2019/Khusus - Akhir Menjabat dengan total kekayaan bersih dikurangi hutang mencapai 279.580.104.564 rupiah.

Profil Amran Sulaiman

Presiden Jokowi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023. | Foto: Setkab.go.idPresiden Jokowi melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023. | Foto: Setkab.go.id

Menteri Pertanian Amran Sulaiman adalah pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan, pada 27 April 1968.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Sok Tahu, Selalu Merasa Paling Benar

Sebelum dilantik menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo, Amran Sulaiman pernah memimpin sebuah perusahaan, yakni CEO Tiran Group. Tiran Group sendiri adalah perusahaan konglomerat bermarkas di Makassar yang sebagian besar beroperasi di Indonesia Timur ini membawahi 9 perusahaan bidang pertanian.

Adapun pendidikan dan sebagian besar karier Amran banyak bersinggungan dengan bidang pertanian. Ia juga tercatat sebagai dosen ilmu pertanian di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sebelumnya, Andi Amran Sulaiman menyelesaikan kuliah S1 hingga S3 bidang ilmu pertanian di Universitas Hasanuddin. Sebagai akademisi, Amran juga aktif melakukan penelitian di bidang pertanian.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Amran Sulaiman pernah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden Republik Indonesia di Palembang-Sumatera Utara tahun 2007.

Sebelum menjadi menteri, selama 15 tahun lebih ia telah menelan asam garam di dunia usaha perkebunan dan perdagangan selama 15 tahun. Amran sebelum di pemerintahan telah memulai karirnya sebagai pegawai PT Perkebunan Nusantara XIV.

Saat serah terima jabatan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada akhir Oktober 2019, Amran Sulaiman menitipkan empat komoditas strategis untuk dilanjutkan produktivitasnya.

"Ke depan, kami sudah diskusi dengan Menteri Pertanian Pak Syahrul. Kami yakin bisa diselesaikan. Satu adalah gula, kedelai, ketiga bawang putih, dan keempat populasi sapi," kata Amran Sulaiman, di Kementerian Pertanian Jakarta, dikutip via Tempo, Rabu (25/10/2023).

Sumber: e-LHKPN KPK

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Zona Integritas, DPMPTSP Sukabumi Siapkan Mal Pelayanan Publik yang Bebas Korupsi

Bupati sukabumi Marwan Hamami melaksanakan Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas DPMPTSP menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM)
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menghadiri pencanangan dan deklarasi zona integritas di DPMPTSP Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Life01 Mei 2024, 10:00 WIB

Berlatih Memaafkan, 11 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.
Ilsutrasi - Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.  (Sumber : Freepik)
Sehat01 Mei 2024, 09:00 WIB

Batasi Karbohidrat! 12 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Bagi Penderita Diabetes

Menurunkan gula darah dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan.
Ilustrasi - Menurunkan gula darah dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan.(Sumber : Freepik/xb100)
Sehat01 Mei 2024, 08:00 WIB

7 Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Gula Darah

Apa Saja Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Gula Darah? Simak Informasinya Berikut Ini!
Ilustrasi. Telur setengah matang atau mentah bisa berisiko terkontaminasi bakteri, yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Life01 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah

Yuk Coba Lakukan! Inilah Sederet Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah.
Ilustrasi. Me Time. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah. (Sumber : Pexels/KripeshAdwani)
Food & Travel01 Mei 2024, 06:00 WIB

7 Langkah Simpel, Ini Cara Membuat Air Jeruk Nipis untuk Menurunkan Gula Darah

Air jeruk nipis dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat untuk membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi. Ikuti Langkah Simpel Membuat Air Jeruk Nipis untuk Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science01 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 1 Mei 2024, Berawan Pagi Hari dan Siang Potensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 1 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 1 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi Memilih30 April 2024, 23:51 WIB

Gerindra Pastikan Soal Dukungan di Pilkada Sukabumi Ikuti Arahan DPP

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menegaskan soal dukungan terhadap bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi tidak akan mendahului arahan dari DPD Gerindra Jawa Barat dan DPP Gerindra.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : ist
Sukabumi30 April 2024, 23:45 WIB

Gadis 16 Tahun Asal Kalibunder Sukabumi yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Polisi akhirnya menemukan gadis 16 tahun asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua pria tak dikenal.
Gadis asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput 2 pria tak dikenal akhirnya ditemukan. (Sumber : Istimewa)
Life30 April 2024, 23:20 WIB

Segera Tangani, Ini 4 Alasan dan Cara Mengatasi Anak yang Berbohong

Anak-anak sering kali mulai berbohong untuk menutupi tindakan yang mereka tahu salah.
Ilustrasi mengatasi anak berbohong. / Sumber : pexels.com/@wutthichai charoenburi