7 Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Libur Lebaran

Minggu 23 April 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi - 7 Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Libur Lebaran. | (Sumber : Pixabay/@sarahbernier3140.)

Ilustrasi - 7 Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Libur Lebaran. | (Sumber : Pixabay/@sarahbernier3140.)

SUKABUMIUPDATE.com - Momen libur lebaran Idul Fitri biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi objek wisata, termasuk di Sukabumi, Jawa Barat. Pemerintah sendiri memang telah menetapkan libur cuti bersama Idul Fitri dari 19-25 April 2023.

Nah, bagi kamu yang belum punya rencana menghabiskan libur lebaran Hari Raya Idul Fitri, berikut kami rekomendasikan sejumlah destinasi wisata pantai di Sukabumi dengan panorama yang indah.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah 7 wisata pantai di Sukabumi yang cocok untuk mengisi waktu libur lebaran tahun ini.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id.

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur lebaran.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujung Genteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujung Genteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

Baca Juga: 30 Ide Caption Ucapan Lebaran Idul Fitri 2023 untuk Diposting di Media Sosial

Untuk masuk ke pantai Ujung Genteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

2. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermataPantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermata.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: 5 Kuliner Sukabumi yang Pas Disantap saat Musim Hujan, Rekomended Banget!

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

3. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair.

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Baca Juga: 7 Makanan Paling Dicari Setelah Lebaran, Nomor 2 Primadona Banyak Orang

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong. | UJ Sukma WijayaPantai Karang Bolong. | UJ Sukma Wijaya.

Pantai Karang Bolong sebelumnya merupakan bekas galian penambangan pasir yang akhirnya dijadikan tempat wisata. Letaknya di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, adalah pantai indah yang wajib dikunjungi.

Daya tarik dari Pantai Karang Bolong selain suasananya yang sejuk, tentunya deburan ombaknya yang sangat ganas. Pantai indah nan eksotis ditambah spot-spot camping dengan hamparan rumput hijau, membuat wisatawan akan betah ketika berada disana.

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphotoPantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphoto.

Akses untuk masuk ke lokasi ini memang terbilang sangat mudah, Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki daya tersendiri dibanding pantai-pantai yang ada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Citepus memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dan karakteristik dari pasir pantainya berbentuk lebih landai. Selain itu, warna pasirnya juga putih cenderung gelap yang membuat para wisatawan banyak berdatangan ke tempat ini.

Baca Juga: Muncul Isu Pemain Persib Retak dan Tak Patuh, Luis Milla: Kondisi Tim Baik-baik Saja

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermain air laut di Pantai Citepus, sebaiknya berhati-hati. Sebab, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Fasilitas di Pantai Citepus bisa dibilang cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja. | Instagram/@dennieramonPantai Cimaja. | Instagram/@dennieramon.

Pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin berselancar. Berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Pantai Cimaja dikenal dengan ombak besar dan tempat favorit untuk peselancar lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: Cantik dan Menawan, Inilah 5 Penyanyi Dangdut Wanita Asal Sukabumi

Pantai Cimaja memiliki daya tarik yang dapat memikat pengunjung seperti ombak besar dan air laut yang jernih berwarna biru. Selain untuk berselancar, pantai ini juga menyajikan panorama sunset yang indah dengan deretan bebatuan cantik di sekitar pantai.

Maka dari itu, Pantai Cimaja bisa jadi rekomendasi untuk mengisi waktu libur lebaranmu sebelum kembali beraktivitas.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebombPantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebomb.

Pantai ini juga aksesnya tergolong cukup mudah. Berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Pantai Karang Hawu memiliki panorama unik yaitu kumpulan bukit karang yang menjorok ke laut.

Hal itulah yang menjadikan ciri khas dari Pantai Karang Hawu. Bagi para pengunjung yang ingin datang ketempat ini hanya harus membayar sekitar Rp 2.500 rupiah per orang.

Baca Juga: Indah dan Instagramable, Simak 5 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Selain menyuguhkan pemandangan alam laut yang eksotis, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Itulah beberapa pantai indah di Sukabumi yang bisa mengisi waktu libur lebaran. Selamat Liburan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)
Sukabumi22 Mei 2024, 19:51 WIB

116 Siswa Bersaing, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Tingkat SMP

Kegiatan ini bertujuan melahirkan generasi yang mencintai Alquran.
Kegiatan seleksi dan evaluasi hafiz tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi di SMPN 1 Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Cek Fakta22 Mei 2024, 19:32 WIB

CekFakta.com Deteksi Dis/Misinformasi, Google Beri Dukungan Guna Berantas Hoaks!

Kerjasama dengan CekFakta.com merupakan salah satu langkah penting GNI dalam memerangi misinformasi dan meningkatkan kualitas ekosistem berita di Indonesia.
Ilustrasi. Penyebaran Berita Melalui Koran. CekFakta.com Deteksi Disinformasi, Google Beri Dukungan Penuh Guna Berantas Hoaks. Foto: Pexels/Pixabay