5 Wisata Kuliner Sukabumi yang Cocok Untuk Puas-Puasin Sebelum Ramadan

Sabtu 18 Maret 2023, 10:00 WIB
Nasi uduk ungu - 5 Wisata Kuliner Sukabumi yang Cocok Untuk Puas-Puasin Sebelum Ramadan. | (Sumber : Instagram/@mamih_ungu.)

Nasi uduk ungu - 5 Wisata Kuliner Sukabumi yang Cocok Untuk Puas-Puasin Sebelum Ramadan. | (Sumber : Instagram/@mamih_ungu.)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Karena bulan puasa kita semua harus menahan makan dan minum selama sebulan penuh, maka tidak ada salahnya untuk puas-puasin dulu dengan berwisata kuliner.

Sukabumi terkenal dengan tempat wisata kuliner yang selalu menggugah selera. Ada banyak sekali tempat makan legendaris di Sukabumi yang dapat kamu coba, mulai dari makanan manis, gurih, hingga pedas.

Jika kamu sedang berkunjung ke kota Sukabumi, disarankan mencoba salah satu dari rekomendasi tempat kuliner ini. Dijamin kamu akan tidak menyesal dan bakal ketagihan dengan kuliner dari Sukabumi ini.

Baca Juga: 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Indonesia, Penuh Makna dan Suka Cita

Berikut ini kami telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa kuliner Sukabumi yang cocok banget untuk wisata kuliner sebelum Ramadan.

1. Bandros Ata Sukabumi

Bandros Ata Sukabumi. | IstimewaBandros Ata Sukabumi. | Istimewa

Bandros Ata bisa menjadi cemilan yang pas dikonsumsi sebelum memasuki bulan Ramadan. Orang-orang Sukabumi biasanya menyantap makanan tersebut pada malam hari bersama sahabat dan orang terkasih.

Sudah terkenal sejak zaman dahulu, membuat Bandros Ata menjadi makanan lezat yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Sukabumi. Meskipun berada di pinggir jalan tidak mengurangi rasa lezat dari kue bandros itu.

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa Ramadan Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Berbahan dasar santan, tepung beras dan kelapa parut, Bandros Ata sangat enak ketika dimakan saat masih hangat. Bahkan, makanan khas itu terdapat varian yang beragam seperti rasa cokelat, vanila hingga stroberi.

Tips untuk membeli Bandros Ata usahakan datang pada waktu awal buka sekitar pukul 16.00, karena jika kamu datang terlalu malam bisa mendapatkan urutan antrian paling terakhir.

Bandros Ata lokasinya di Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi 43113, dan harga seporsinya sekitar Rp 17.000 rupiah saja.

2. Mamih Ungu atau Nasi Uduk Ungu

Mamih Ungu atau Nasi Uduk Ungu. | IstimewaMamih Ungu atau Nasi Uduk Ungu. | Istimewa.

Nasi uduk ungu sangat unik dan berbeda daripada nasi uduk pada umumnya. Makanan khas Sukabumi ini memang sesuai dengan namanya yang berwarna ungu.

Walaupun terlihat berbeda, pembuatan Nasi Uduk hampir sama dengan olahan nasi uduk seperti biasa. Warna ungu sendiri dibuat dari bahan-bahan alami yaitu ubi ungu dan buah bit.

Jadi dari segi rasa, Nasi uduk ungu sangat lezat dan gurih, apalagi makanan ini sangat populer di kalangan wisatawan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan lauk pauk seperti ayam, telur dadar dan tahu goreng.

Baca Juga: Dangdut Resmi Didaftarkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Unesco

Makanan ini pas disantap menjelang Ramadan pada siang dan malam hari bersama keluarga. Berlokasi di Jalan Brawijaya No. 16 Sriwidari, Sukabumi, Mamih Ungu Resto dan Cafe, harga hidangan tersebut sekitar Rp 23.000 rupiah.

3. Mie Kocok Mata Sapi

Mie Kocok Mata Sapi. | Sukabumiupdate.comMie Kocok Mata Sapi. | Sukabumiupdate.com

Mie Kocok Mata Sapi adalah salah satu kuliner legendaris yang ada di Sukabumi. Mie kocok tersebut memiliki rasa yang khas serta cara penyajian yang unik. Bahkan, resepnya diturunkan dari generasi ke generasi sejak tahun 1966.

Hidangan ini terdiri atas mie pipih lembut yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil sapi, toge, jeruk nipis, dan ditaburi irisan daun seledri, daun bawang, serta bawang goreng.

Aroma kaldu sapi nan kental tercium dari sebuah gerobak di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi tersebut, membuat siapapun yang berada disitu akan merasakan lapar. Oleh karena itu, Mie Kocok Mata Sapi menjadi kuliner yang pas disantap untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga: PSM Makassar vs Bhayangkara FC: Juku Eja Selangkah Menuju Juara Liga 1

Kuliner ini buka pukul 08.00 – 15.00 dan tepatnya berada di Jl. A. Yani, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi 43111 (seberang Jazz Karaoke). Harga Mie Kocok Mata Sapi dimulai dari Rp20.000.

4. Go-Juu-Ni Ramen dan Sushi

Go-Juu-Ni Ramen dan Sushi. | Sukabumiupdate.comGo-Juu-Ni Ramen dan Sushi. | Sukabumiupdate.com

Sebelum datangnya Ramadan, cocok sekali menyantap makanan yang berkuah salah satunya adalah Go-Juu-Ni Ramen dan Sushi. Kuliner satu ini menyediakan beberapa menu yang unik diantaranya Ramen porsi jumbo yang bisa dinikmati 5 orang.

Selain Ramen yang berukuran jumbo, ada juga Sushi yang sama-sama memiliki ukuran jumbo. Untuk harga ramennya sendiri, mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 100 ribu, sedangkan Sushi dari Rp 25 ribu sampai Rp 400 ribu.

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Untuk kamu yang ingin menikmati Ramen dan Sushi jumbo bisa datang ke Go-Juu-Ni di Jalan Kramat, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

5. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut. | IstimewaBubur Ayam Bunut. | Istimewa

Terakhir adalah Bubur Ayam Bunut yang telah terkenal hingga seluruh wilayah Sukabumi. Makanan satu ini cocok untuk kamu santap bersama keluarga atau sahabat sebagai rekomendasi kuliner sebelum datangnya Ramadan.

Ketika kamu telah mengunjungi Sukabumi, jangan sampai melewatkan hidangan satu ini, karena Bubur Bunut rasanya sangat khas. Dengan tambahan topping istimewa seperti daging ayam, telur, toge dan bawang goreng membuat kamu bisa ketagihan.

Berada di Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113, harga Bubur Bunut sekitar Rp 18.000 - 20.000 rupiah per porsi. Dijamin, dengan harga segitu kamu bisa merasakan kelezatan dari makanan khas Sukabumi tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 April 2024, 20:37 WIB

Nasib Pilu Ato Warga Ciracap Sukabumi: Ditinggal Istri, Urus 2 Anak Tempati Rumah Reyot

Kisah Ato (51 tahun) bersama dua anaknya, Saidah (12 tahun), dan Anwar (10 tahun) warga Desa Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Kini ia tinggal dirumah reyot, ia pun ditinggal sang istri.
Kndisi rumah yang ditempati Ato dan dua anaknya di Cikangkung Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life17 April 2024, 20:00 WIB

8 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres

Yuk Coba Sederet Tips Berikut Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres.
Ilustrasi - Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres (Sumber : Freepik)