Indah dan Instagramable, Simak 5 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Jumat 21 Oktober 2022, 15:21 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi banyak sekali menyimpan tempat wisata yang sangat beragam, mulai dari pantai, gunung, air terjun dan lainnya. Cocok untuk tempat liburan yang indah dan sejuk, membuat para wisatawan betah saat berada di sini.

Tempat wisata dengan panorama indah dan spot foto yang menarik, membuat pengunjung banyak berdatangan dari luar daerah. Wisata Sukabumi juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk liburan akhir pekan.

Berikut kami telah merangkum dari berbagai sumber, terdapat 5 tempat wisata di Sukabumi yang indah dan Instagramable.

1. Bukit Karang Para

Gungung Karang Para. | Foto: Instagram/@boimwales
Gungung Karang Para. | Foto: Instagram/@boimwales

Bukit Karang Para adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi, yang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Keindahannya dapat terlihat dari deretan batu karang dan tampilan alam pedesaan yang jelas dari ketinggian.

Selain mata dimanjakan dengan indahnya alam, wisatawan juga akan merasakan sejuknya udara ketika berada di Bukit Karang Para. Tempat wisata itu juga menyediakan beberapa spot foto Instagramable yang sangat hits.

Berlokasi di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 5000 rupiah. Bukit Karang Para juga menyediakan fasilitas seperti area parkir, warung makan, gazebo, toilet dan spot foto.

Saat menuju ke Bukit Karang Para, wisatawan harus menaiki sejumlah anak tangga dari bebatuan yang tersusun rapih. Lebih pentingnya lagi saat berada di atas sana banyak sekali spot foto kekinian yang menjadi daya tariknya.

2. Gunung Tumpeng

Gunung Tumpeng. | Foto: Instagram/@onny.ayu
Gunung Tumpeng. | Foto: Instagram/@onny.ayu

Mungkin sebagian wisatawan mengira jika Gunung Tumpeng berada di wilayah Indonesia timur, namun, tempat wisata itu berada di Sukabumi, Jawa Barat. Tepatnya di Dusun Cikondang 2 RT 04, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Bisa disebut juga Gunung Koneng, Gunung Tumpeng masih berada di kawasan wisata Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Kenapa dinamakan Gunung Tumpeng, karena bukit-bukit di sana bentuknya kerucut seperti nasi tumpeng.

Tempat ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan luar daerah sekedar untuk menikmati pemandangan serta spot foto view yang indah. Luar biasanya dari Gunung Tumpeng, kamu seakan terhipnotis oleh pemandangan indah dari lembah, laut dan bukit. 

Apalagi jika camping di sana lalu menyaksikan momen sunrise dan sunset yang menakjubkan. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah saat mengunjungi Gunung Tumpeng kamu harus hati-hati karena akan melintasi medan yang cukup sulit.  

3. Tebing Panenjoan

Bukit Panenjoan. | Foto:  Instagram/@dedymull
Bukit Panenjoan. | Foto: Instagram/@dedymull

Tebing Panenjoan atau Bukit Panenjoan merupakan tempat wisata yang pemandangannya hamparan sawah luas. Wisata ini sangat populer dikalangan para wisatawan, karena aksesnya yang cukup mudah.

Selain itu fasilitas di Tebing Panenjoan sangat lengkap, seperti mushola, tempat parkir hingga warung. Memasuki tempat ini, pengunjung hanya harus membayar parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Berada di kawasan Ciletuh Geopark, wisatawan dari Jakarta atau Bandung akan menghabiskan waktu sampai 8 jam untuk sampai di tempat wisata ini.

4. Pantai Cicaladi


Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

5. Pasir Datar

Pasir Datar. | Foto: Instagram/@septiart_photography
Pasir Datar. | Foto: Instagram/@septiart_photography

Pasir Datar merupakan tempat berburu foto yang Instagramable sambil menikmati keindahan alam yang mempesona. Berada Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Pasir Datar adalah nama dari sebuah Desa.

Masih di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango, tempat itu lokasinya ada di dataran tinggi. Sehingga saat mengunjungi Pasir Datar, kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan dan hijaunya hutan pinus.

Panorama yang indah dari Pasir Datar ialah penampakan Gunung Gede Pangrango yang sangat terlihat jelas. Untuk sampai ke tempat ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Sukabumi.

Indahnya alam yang ada di Pasir Datar tidak akan membuat bosan, bahkan dengan udara yang sejuk dan segar, pengunjung akan semakin betah ketika berada disana.

Itulah lima tempat wisata yang ada di Sukabumi, semoga bisa menambah referensi saat berlibur ke kota ini.

#SHOWRELATEBERITA

Writer: Ikbal Juliansyah
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy