5 Rekomendasi Film Horor yang Mengangkat Sosok Hantu Kuyang

Kamis 07 Maret 2024, 16:00 WIB
Film Kuyang - Hantu Kuyang menjadi salah satu hantu yang populer di Indonesia karena ceritanya yang menarik dan menyeramkan. (Sumber : Instagram/@kuyangfilm).

Film Kuyang - Hantu Kuyang menjadi salah satu hantu yang populer di Indonesia karena ceritanya yang menarik dan menyeramkan. (Sumber : Instagram/@kuyangfilm).

SUKABUMIUPDATE.com - Hantu Kuyang adalah legenda yang populer di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Timur. Hantu ini digambarkan sebagai wanita yang memiliki ilmu hitam dan dapat memisahkan kepalanya dari badannya untuk terbang mencari mangsa. Mangsa Kuyang biasanya adalah darah bayi, wanita hamil, atau orang yang sedang sakit.

Kuyang digambarkan sebagai sosok wanita dengan rambut panjang dan usus terburai. Saat terbang, Kuyang hanya membawa kepalanya dan organ dalamnya, sedangkan badannya tertinggal di rumah.

Menurut legenda, Kuyang adalah manusia yang mempelajari ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi. Namun, sebagai konsekuensinya, mereka harus memakan darah manusia untuk mempertahankan kekuatannya.

Baca Juga: Daftar 5 Sekuel Film Horor Luar Negeri yang Segera Tayang di Tahun 2024

Nah, banyak juga para sineas dalam dan luar negeri yang membuat film tentang Kuyang. Biasanya film ini memiliki cerita yang menarik dan penuh dengan adegan-adegan yang menegangkan dan menyeramkan. Hal ini membuat film-film tersebut disukai oleh para penggemar film horor.

Berikut adalah daftar film horor yang mengangkat sosok hantu Kuyang yang dikutip dari Tempo.co.

1. Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai

Tayang mulai, Kamis, 7 Maret 2024. Film ini bercerita tentang sepasang suami istri Bimo (diperankan Dimas Aditya) dan Sriatun (Alyssa Abidin) yang menantikan kelahiran buah hati mereka. Di alur cerita, Bimo yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditugaskan untuk bekerja di desa terpencil di Kalimantan.

Baca Juga: Vino G Bastian Bintangi Film Kang Mak Adaptasi Film Horor Thailand Pee Mak

Ia memboyong istrinya yang tengah hamil. Setibanya mereka di desa itu, Sriatun yang dalam kondisi hamil justru jadi incaran oleh sekutu iblis atau dikenal dengan sebutan Kuyang. Film ini berdurasi 1 jam 37 menit garapan sutradara Yongki Ongestu.

2. Kuyang The Movie

Rilis perdana pada 20 Mei 2021, alur cerita film karya sutradara Sonny Gumelar ini hampir serupa dengan film Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai. Alur cerita dimulai dari pasangan suami-istri yang dibintangi oleh Arie Dwi Andhika dan Zora Vidyanata.

Mereka baru pindah ke sebuah desa di Kalimantan karena ingin mendapat suasana tenang di desa. Sayangnya, tujuan mereka untuk mendapat ketenagan justru berakhir dengan teror Kuyang yang mencoba menginjar calon bayi mereka.

Baca Juga: Sinopsis Kereta Berdarah, Film Horor Terbaru yang Menyajikan Cerita Mencekam

3. Leak

FIlm horor berlatar etnik Bali ini menceritakan sosok Leak. Kisah mistis makhluk menakutkan yang dipercaya sering menculik dan memakan anak kecil. Garapan sutradara, Mimi Jegon ini dirilis pada 2019 lalu. Leak dimainkan oleh artis-artis lokal Bali, diantaranya: Mangku Tedja Kandel, Galuh Bilen dan Hai Puja.

4. Palasik

Dirilis pada 2015 silam, film yang dibintangi oleh penyanyi dangdut Siti Badriah ini mengangkat sosok Palasik atau Kuyang, legenda di Sumatera Barat. Film besutan sutradara Dedy Mercy ini mengangkat cerita tentang sebuah desa yang diteror oleh Palasik.

5. The Krasue

Serupa dengan legenda Kuyang di Indonesia, film horor asal Thailand ini juga mengisahkan sosok misterius, lantaran saat siang ia berwujud sebagai manusia. Namun di malam hari, ia berubah menjadi Krasue. Krasue adalah hantu di Thailand yang tampak seperti manusia di siang hari dan saat malam, bagian kepala dan isi perutnya melepaskan diri dari anggota badan. Ia berkeliling mengincar polasenta bayi. Karya sutradara Yuthglert Sippak ini mengambil latar belakang rumah sakit sebagai alur cerita. The Krasue dikisahkan sebagai seorang perawat. Film ini dirilis pada 2006.

Sumber: Tempo.co (Jihan Ristiyanti)

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 23:57 WIB

Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Diduga Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Seorang pria paruh baya pedagang tahu keliling menangis histeris usai diduga jadi korban hipnotis di Nagrak Sukabumi.
Engkos menangis histeris karena uang hasil jualannya raib dibawa pelaku. Dugaan penipuan modus hipnotis ini terjadi di Nagrak Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi18 Juli 2024, 22:25 WIB

Pemkot Sukabumi Terbitkan Buku Data Statistik Sektoral Daerah, Cek Akses Bacanya di Sini

Berikut link buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 yang diterbitkan Diskominfo Kota Sukabumi.
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar saat menyerahkan buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 kepada Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. (Sumber : @diskominfo_sukabumikota)
Sukabumi18 Juli 2024, 20:59 WIB

Pengacara Terlapor Hargai Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu

Kuasa Hukum SRP buka suara terkait kasus pelecehan seksual finalis putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi yang kini naik ke tahap penyidikan.
Gedung Satreskrim Polres Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola18 Juli 2024, 20:20 WIB

Adam Alis Resmi Jadi Pemain Baru Persib Bandung

Adam Alis didatangkan Persib Bandung dari Borneo FC dengan status pinjaman dengan opsi kontrak permanen.
Persib Bandung umumkan Adam Alis sebagai pemain baru. (Sumber : Medsos Persib)
Jawa Barat18 Juli 2024, 20:20 WIB

Kecam Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu, Kohati Badko Jabar Minta Pelaku Dihukum Berat

Korps HMI Wati Badan Koordinasi (Kohati Badko) Jawa Barat memberikan perhatian serius terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga melibatkan Ketua Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu 2024.
(Foto Ilustrasi) Unit PPA Polres Sukabumi menangani kasus dugaan pemerkosaan salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juli 2024, 20:01 WIB

Target Rampung 75 Hari, Dinas PU Perbaiki Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas PU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Cidahu.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi mulai perbaiki ruas jalan Caringin-Cidahu di Desa Pondokkaso Tengah. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Mengelola Strategi Perilaku ADHD Pada Anak Anda

Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi - Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi18 Juli 2024, 19:29 WIB

Bocah 10 Tahun di Cidadap Sukabumi Lumpuh Sejak Balita, Butuh Biaya Pengobatan

Ali yang berusia 10 tahun tidak bisa berinteraksi atau bermain dengan anak-anak seusianya. Berat badannya hanya berkisar antara 8 hingga 9 kilogram, setara dengan berat badan anak usia lima tahun.
Muhamad Ali Mursali (10 tahun) dan sang ibu, Solihat, warga di Cidadap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena18 Juli 2024, 19:13 WIB

Peslalom Asal Sukabumi Naik Podium di Autokhana Championship Kejurnas 2024

Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024.
Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024. (Sumber : Istimewa).
Sehat18 Juli 2024, 19:00 WIB

3 Gejala ADHD Pada Anak yang Umum Terjadi, Orang Tua Perlu Mengetahuinya

Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi -  Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).