7 Kelebihan dan Kekurangan Kain Shimmer Silk, Kenali Sebelum Memakainya!

Jumat 05 April 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi - Berikut ini sederet kelebihan dan kekurangan kain shimmer silk yang harus diketahui sebelum memutuskan menggunakannya (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi - Berikut ini sederet kelebihan dan kekurangan kain shimmer silk yang harus diketahui sebelum memutuskan menggunakannya (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kain shimmer silk merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tekstur yang lembut dan mengkilap, mirip dengan sutra. Kain ini biasanya terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau serat alami seperti sutra.

Karena itu, kain shimmer silk sering digunakan untuk pembuatan pakaian formal seperti gaun malam, blus, atau syal karena kilapnya yang elegan.


Kain shimmer silk sendiri dikenal memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya diminati dalam dunia fashion dan tekstil. Namun, dibalik kelebihannya, kain ini juga tak luput dari kekurangan.

Karena itu, sebelum memutuskan menggunakannya, ada baiknya untuk mengenalinya terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kain shimmer silk ini.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman, Jangan Asal Beli Ya!

Kelebihan Shimmer Silk

  1. Kilau yang Elegan: Salah satu keunggulan utama dari shimmer silk adalah kilau atau kemilau yang dimilikinya. Kilau yang halus dan mewah memberikan sentuhan elegan pada pakaian, membuatnya cocok untuk pakaian formal dan pesta.
  2. Tekstur Lembut: Shimmer silk memiliki tekstur yang lembut dan menyenangkan saat disentuh. Hal ini membuatnya nyaman dipakai dan memberikan rasa kenikmatan saat bersentuhan dengan kulit.
  3. Aliran yang Indah: Kain shimmer silk cenderung memiliki aliran yang indah dan mengikuti bentuk tubuh dengan lembut. Hal ini menciptakan siluet yang menarik dan elegan pada pakaian yang terbuat dari bahan ini.
  4. Tahan Lama: Meskipun seringkali terlihat mewah dan halus, shimmer silk umumnya tahan lama jika dirawat dengan baik. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pakaian yang akan dipakai berkali-kali.
  5. Beragam Pilihan Warna: Shimmer silk tersedia dalam berbagai macam warna yang indah dan berkilau. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam desain pakaian dan memungkinkan para desainer untuk menciptakan karya yang unik sesuai dengan preferensi warna pelanggan.
  6. Mudah Dibentuk: Kain ini relatif mudah dibentuk dan dijahit, memungkinkan desainer untuk menciptakan berbagai macam desain yang kompleks atau sederhana dengan mudah.
  7. Harga Terjangkau: Meskipun memiliki kesan mewah, shimmer silk seringkali lebih terjangkau dibandingkan dengan sutra sungguhan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang mencari alternatif yang lebih hemat biaya namun tetap elegan.

Baca Juga: 6 Tips Padu Padan Pakaian Bermotif Bunga, Anggun dan Fashionable

Kekurangan shimmer silk

  1. Rentan Terhadap Kerutan: Kain shimmer silk cenderung rentan terhadap kerutan dan lipatan. Meskipun memiliki aliran yang indah, kerutan dapat dengan mudah terbentuk saat menyimpan atau menggunakannya, sehingga memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat rapi.
  2. Perawatan yang Spesifik: Shimmer silk memerlukan perawatan khusus agar tetap terjaga keindahannya. Hal ini mungkin termasuk pencucian tangan, penggunaan deterjen lembut, atau pengeringan yang hati-hati agar tidak merusak kilau dan tekstur kain.
  3. Tidak Menyerap Keringat: Kain shimmer silk cenderung tidak menyerap keringat dengan baik seperti beberapa jenis kain lainnya. Hal ini bisa membuatnya terasa tidak nyaman untuk dipakai dalam situasi yang membutuhkan pergerakan aktif atau dalam cuaca panas.
  4. Keterbatasan Elastisitas: Beberapa jenis shimmer silk mungkin memiliki keterbatasan elastisitas, yang membuatnya kurang cocok untuk pakaian yang memerlukan mobilitas yang tinggi atau pakaian yang sangat ketat.
  5. Biaya yang Lebih Tinggi: Meskipun seringkali lebih terjangkau daripada sutra sungguhan, kain shimmer silk masih cenderung lebih mahal daripada banyak jenis kain lainnya. Ini bisa menjadi faktor pembatas bagi orang yang memiliki anggaran terbatas.
  6. Rentan Terhadap Kerusakan: Kain shimmer silk rentan terhadap kerusakan jika tidak dirawat dengan hati-hati atau jika terkena gesekan yang kasar. Pemakaian yang berlebihan atau kontak dengan bahan kimia tertentu juga dapat merusak kain ini.
  7. Potensi untuk Berkilau Berlebihan: Beberapa orang mungkin merasa bahwa kilau dari kain shimmer silk terlalu mencolok atau berlebihan untuk preferensi mereka, terutama dalam situasi siang hari atau acara yang lebih santai.

Baca Juga: 4 Jenis Kacamata yang Cocok untuk Bentuk Wajah Bulat

Itulah sederet kelebihan dan kekurangan kain shimmer silk yang harus diketahui sebelum memutuskan menggunakannya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Perlindungan dari Segala Hal Buruk dan Gangguan Orang Jahat

Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat.
Ilustrasi - Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi