Piala AFF 2020: Tahan Vietnam Tanpa Gol, Indonesia Tetap Dipuncak Klasemen

Rabu 15 Desember 2021, 22:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam 0-0 pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB. Bombardir serangan dari Vietnam berhasil dihentikan oleh disiplinnya pertahanan skuad Garuda sehingga sukses mempertahankan gawang tanpa kebobolan hingga akhir laga.

Hasil ini membuat Indonesia bertahan di puncak klasemen Grup B dengan nilai tujuh. Vietnam berada di posisi kedua dengan nilai sama. Sementara Malaysia menempati posisi tiga dengan nilai enam.

Indonesia akan menjalani laga penentuan kontra Malaysia pada 19 Desember 2021 nanti. Evan Dimas dan rekan-rekan akan lolos ke empat besar cukup dengan menahan imbang Malaysia.

Baca Juga :

Jalannya Pertandingan

photoBerbagai ancaman serangan dari Vietnam mampu dihalau oleh lini belakang Timnas Indonesia. - (Twitter AFF Suzuki Cup)</span

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memainkan skema permainan 3-4-3 pada laga kali ini. Hal itu dilakukan untuk meredam permainan agresif Vietnam.

Di bawah mistar gawang kejutan terjadi setelah Ernando Ari Sutaryadi yang awalnya disebut akan bermain harus digantikan oleh Nadeo Argawinata. Ernando mengalami cedera pada saat pemanasan sebelum pertandingan.

Di lini belakang Shin Tae-yong memilih menurunkan Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga dan Fachrudin Aryanto di jantung pertahanan skuad Garuda. Ketiganya dibantu oleh Asnawi Mangkualam di sisi kanan dan Pratama Arhan Alif Rifai di sisi kiri sebagai bek sayap.

Skema tiga bek tengah itu membuat Tae-yong harus mengorbankan Evan Dimas di lini tengah. Kapten Timnas Indonesia itu hanya berada di bangku cadangan karena Tae-yong lebih memilih Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya untuk menjadi peredam serangan Vietnam dari lini tengah. Evan baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Irianto.

Di lini depan, Ezra Walian disokong Witan Sulaeman dan Irfan Jaya di sisi sayap menjadi pilihan Shin Tae-yong. Pada dua laga sebelumnya kerjasama ketiganya memang tampak berjalan apik.

Sementara Vietnam tak melakukan banyak perubahan pemain pada laga kali ini. Pelatih Park Hang-seo tetap menggunakan skema 3-4-3 seperti dua laga sebelumnya dan hanya menggantikan bek tengah Do Duy Manh dengan Bui Tien Dung.

Timnas Indonesia bermain agresif sejak awal babak pertama. Tim berjulukan The Golden Star itu langsung menekan setiap pemain Timnas Indonesia yang menguasai bola.

Meskipun demikian, Vietnam tampak kesulitan untuk membongkar pertahanan Timnas Indonesia yang tampil masih cukup disiplin. Mereka tak dapat masuk ke area kotak penalti sehingga lebih banyak melancarkan tembakan dari luar kotak penalti.

Beruntung bagi Indonesia, tembakan para pemain Vietnam masuk kurang akurat. Hingga babak pertama berakhir, mereka hanya mampu melancarkan satu tembakan ke arah gawang dari tujuh percobaan.

Masuknya Evan Dimas pada babak kedua sedikit mengubah permainan. Timnas Indonesia lebih berani bermain terbuka. Meskipun demikian, mereka tetap kesulitan membongkar lini pertahanan Vietnam.

Peluang baru tercipta bagi Indonesia pada menit ke-58. Melalui serangan balik, Ezra Walian berhasil melepaskan tembakan namun masih dapat diblok pemain belakang Vietnam.

Tendangan pojok yang dilepaskan Evan Dimas sempat membuat kemelut di depan gawang Vietnam, akan tetapi masih gagal menciptakan gol bagi Timnas Indonesia.

Pada menit ke-68 Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain. Dia memasukkan Rizky Dwi Febrianto untuk menggantikan Asnawi yang sempat mendapatkan perawatan karena kakinya mengalami kram.

Serangan Vietnam pada menit ke-70 nyaris membahayakan gawang Timnas Indonesia. Beruntung eksekusi pemain pengganti Nguyen Tien Linh masih membentur Fachrudin Aryanto sehingga bola dapat diamankan oleh Nadeo dengan mudah.

Ramai Rumakiek masuk pada menit ke-74. Tae-yong menarik keluar Irfan Jaya yang tampak telah kelelahan. Empat menit berselang giliran Witan Sulaeman yang tumbang. Pemain klub Lechia Gdansk itu akhirnya digantikan oleh Yabes Roni.

Masuknya dua pemain baru itu ternyata tak banyak mengubah permainan. Timnas Indonesia masih terus tertekan hingga akhir pertandingan.

Satu peluang emas sempat didapatkan Vietnam pada akhir babak kedua. Pan Van Duc berhasil melewati Rizky Dwi di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Dia pun berhasil melepaskan umpan silang mendatar kepada Tien Linh yang berada di tengah kotak penalti.

Beruntung bagi Timnas Indonesia, Rizky Ridho masih mampu melakukan jegalan bersih untuk membuang bola dari kaki Tien Linh yang belum sempat melepaskan tembakan.

Serangan bertubi-tubi Vietnam pada masa tambahan waktu pun masih dapat dibendung lini belakang Timnas Indonesia. Skor 0-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No