Xavi Kesal Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Kamis 09 Desember 2021, 16:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Barcelona dipastikan tersingkir dari Liga Champions 2021/2022 setelah menelan kekalahan telak 0-3 dari Bayern Munchen pada laga terakhir babak penyisihan Grup E Kamis dini hari, 9 Desember 2021. Parade gol dari Thomas Muller, Leroy Sane, dan Jamal Musala membuat Barcelona turun peringkat ke posisi tiga dan harus puas dengan tiket Liga Europa.

Barca harus 'turun kelas' ke Liga Europa karena pada laga lain di grup sama Benfica menang 2-0 saat menjamu Dynamo Kiev. Benfica kemudian lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up, mendampingi Bayern yang sudah lebih dahulu melaju.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menyatakan kesal namun harus menghadapi kenyataan bahwa level timnya saat ini bukan berada di Liga Champions.

Baca Juga :

Xavi menyatakan bertanggung jawab atas kegagalan Barca melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Dia menyatakan bahwa mereka kini harus memulai lembaran baru dengan berkompetisi di Liga Europa. Eks pemain Barca itu bahkan langsung memasang target untuk memenangkan Liga Europa musim ini.

"Saya marah, saya benar-benar kesal menghadapi kenyataan baru ini. Tapi tidak ada yang lain untuk itu. Kami harus mulai dari nol dan bekerja keras untuk membawa Barca kembali ke tempat asalnya, dan itu bukan tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions," kata dia dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Saya merasa bertanggung jawab karena saya pikir kami bisa bersaing lebih baik dan kenyataan mengatakan tidak. Saya tidak suka kata gagal, tapi jika anda memberikan segalanya, anda tidak gagal. Sekarang kami harus memenangkan Liga Europa, bersaing, dan lihat ke mana kami akan berjalan. Tujuannya adalah untuk memenangkan setiap trofi."

Pada laga dini hari tadi, Xavi Hernandez menilai mereka telah mencoba untuk bermain dengan baik. Dia pun mengakui keunggulan Bayern Munchen. Dia pun menyatakan telah berbicara dengan para pemainnya bahwa kegagalan itu merupakan titik dimana mereka harus melakukan refleksi secara internal.

"Bayern bermain lebih baik, kami mencoba menekan mereka, memenangkan bola kembali secepatnya, tetapi mereka mendominasi. Kami ingin mendominasi tetapi sebaliknya. Itulah kenyataan pahitnya," kata Xavi.

"Saya telah memberi tahu para pemain bahwa era baru dimulai sekarang, bahwa kami harus menuntut lebih banyak dan permainan ini harus menjadi titik perubahan untuk bekerja sama dan mengubah dinamika."

"Liga Europa adalah kenyataan kami sekarang dan kami tidak bisa membiarkan itu. Kami harus menghadapinya dengan bermartabat tetapi era baru dimulai sekarang untuk membuat Barca kembali ke tempat asalnya, yaitu bukan Liga Europa," pungkas Xavi.

photoXavi Hernandez kesal Barcelona harus tersingkir dari Liga Champions musim ini. - (Istimewa)</span

Sementara itu Presiden Barcelona, Joan Laporta, menyatakan kecewa dengan tersingkirnya mereka dari Liga Champions musim ini. Laporta pun menyatakan akan berbicara dengan Pelatih Xavi Hernandez soal upaya untuk mengatasi masalah mereka ke depannya.

Laporta mendampingi langsung timnya saat dihajar Bayern Munchen 0-3 pada laga terakhir babak penyisihan grup dini hari tadi. Dia menyatakan bahwa hasil itu membuat mereka semua kecewa namun harus segera bangkit.

Dia juga menyatakan belum bertemu dengan Xavi dan para pemainnya untuk mengangkat moral mereka. Laporta akan berbicara dengan si pelatih dan anak buahnya dalam penerbangan pulang ke Spanyol.

"Kami sedih dengan hasil ini, tetapi kami harus cepat bangkit. Ini saatnya untuk bekerja keras dan mencoba memperbaiki situasi," kata Laporta usai pertandingan.

"Kami tak bisa masuk ke ruang ganti untuk bertemu dengan para pemain. Kami akan berbicara dengan pelatih dan stafnya di pesawat."

Joan Laporta pun tak banyak berbicara soal rencana Barcelona memperkuat skuadnya pada bursa transfer Januari mendatang. Dia menilai mereka sudah bekerja sekuat tenaga dan menegaskan bahwa mereka masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Dia pun meminta suporter tetap memberikan dukungan kepada skuad asuhan Xavi Hernandez. Menurut dia dukungan itu akan bisa memberikan mereka tambahan tenaga untuk mengatasi masalah.

"Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan dan sekarang kami akan mencoba mengatasi masalah ini," kata Laporta.

"Saya harus meminta semua suporter Barcelona hari ini memberikan dukungan lebih dari yang sebelumnya mereka berikan. Kita harus berjalan ke arah yang sama untuk mencoba mengatasi masalah ini." tandasnya.

Barcelona Gagal; Benfica, Lille, Salzburg Lolos 16 Besar

photoLogo Liga Champions. - (UEFA)</span

Hasil Liga Champions pada Kamis dini hari tadi menampilkan rangkaian laga terakhir Grup E hingga H.  

Setelah mengetahui hasil dari Grup E, dari Grup G, Lille lolos sebagai juara grup setelah menang 2-0 di kandang Wolfsburg. Salzburg yang menang 1-0 atas Sevilla melaju sebagai runner-up.

Dari Grup F, Manchester United menjadi juara grup setelah bermain 1-1 dengan Young Boys. Gol MU dicetak Mason Greenwood, sedangkan gol Young Boys diceploskan Fabian Rieder.

Tiket kedua di grup ini masih akan diperebutkan Kamis malam. Laga Villarreal (7 poin) vs Atalanta (6 poin), yang tertunda, akan jadi penentu posisi runner-up dan tim yang lolos ke Liga Europa.

Dari Grup H, Juventus menjadi juara grup setelah mengalahkan Malmo 1-0. Chelsea menjadi runner-up karena ditahan Zenit Saint-Petersburg 3-3.

Hasil Pekan Terakhir Liga Champions

Grup E

Bayern Munich vs Barcelona 3-0

Benfica vs Dynamo Kiev 2-0.

Keterangan: Bayern Munchen sudah lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Benfica (8 poin)melaju sebagai runner-up. Barcelona (7) hanya meraih tiket Liga Europa.

Grup F

Manchester United vs Young Boys 1-1

22.30 Atalanta vs Villarreal.

Keterangan: MU lolos sebagai juara grup. Tiket kedua masih akan ditentukan dalam laga Villarreal (7 poin) vs Atalanta (6 poin) malam nanti.

Grup G

Salzburg vs Sevilla 1-0

Wolfsburg vs Lille 1-3.

Keterangan: Lille lolos sebagai juara grup, bersama Salzburg yang menjadi runner-up. Sevilla ke Liga Europa.

Grup H

Juventus vs Malmo 1- 0

Zenit St. Petersburg vs Chelsea 3-3.

Keterangan: Juventus lolos sebagai juara grup dan Chelsea menjadi runner-up. Zenit merebut tiket Liga Europa.

Daftar tim yang sudah lolos ke babak 16 besar Liga Champions:

1. Manchester City (Grup A)

2. PSG (Grup A)

3. Liverpool (Grup B)

4. Atletico Madrid (Grup B)

5. Ajax Amsterdam (Grup C)

6. Sporting (Grup C)

7. Real Madrid (Grup D)

8. Inter Milan (Grup D)

9. Bayern Munchen (Grup E)

10. Benfica (Grup E)

11. Manchester United (Grup F)

12. Lille (Grup G)

13. Salzburg (Grup G)

14. Juventus (Grup H)

15. Chelsea (Grup H).

Pertandingan babak 16 besar Liga Champions akan memakai sistem gugur dengan format kandang dan tandang. Jadwal pertandingannya akan berlangsung pada 15 Februari 2022 hingga 16 Maret 2022. Adapun undian untuk babak 16 besar akan dilakukan pada Senin, 13 Desember.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat19 Mei 2024, 23:43 WIB

Tak Hanya Sukabumi, Status UHC Non-Cut Off Dua Daerah di Jabar Ini Juga Tengah Dicabut

BPJS Kesehatan ungkap ada dua daerah di Jabar yang status UHC Non-Cut Off nya dicabut selain Kabupaten Sukabumi.
Ilustrasi. kartu BPJS Kesehatan | Foto: Istimewa
Sukabumi19 Mei 2024, 22:26 WIB

Bapenda Sukabumi Terima Kunker DPRD Kota, Bagikan Kiat dalam Optimalisasi PAD

Konsultasi terkait optimalisasi PAD, Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker Komisi II DPRD Kota Sukabumi.
Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker rombongan Komisi II DPRD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 21:16 WIB

Meninggal saat Ngojek, Cerita Pilu Istri di Sukabumi yang Kehilangan Suami Akibat Kecelakaan

Istri Hendi, korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi ungkap cerita pilu detik-detik sebelum suaminya tewas terlindas mobil.
Tangkapan layar video saat Hendi (35 tahun) dievakuasi warga. Hendi meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life19 Mei 2024, 21:00 WIB

13 Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia

Begini Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia. Segera Lakukan!
Ilustrasi. Berpikir | Cara Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking  (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)