Cek Apakah Rumah Kita Tahan Gempa? Tukang Bangunan di Sukabumi Belajar Retrofitting

Kamis 17 Desember 2020, 22:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah rumah yang ditempati saat ini sudah memenuhi unsur keamanan dari guncangan gempa? Untuk diketahui, Sukabumi berada di kawasan yang memiliki sejumlah patahan aktif (sesar), pemicu gempa baik itu di darat maupun di lautan.

Untuk mengurangi potensi korban dari dampak gempa, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama USAID dan American Redcross mengadakan pelatihan teknik Retrofitting kepada tukang bangunan, tokoh masyarakat dan relawan di Kota Sukabumi. Retrofitting adalah penguatan rumah agar aman gempa. 

Pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat ini berlangsung sejak Senin hingga Kamis (17/12/2020) di Kampung Sidi, RT 1/9 Kelurahan/Kecamatan Baros Kota Sukabumi. Menurut Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaini, pelatihan ini bertujuan agar masyarakat paham dan tahu cara membangun rumah atau bangunan yang kuat dan tahan gempa.

"Karena pada dasarnya gempa itu tidak bisa membunuh atau melukai. Yang membunuh dan melukai adalah bangunan yang didesain tanpa memperhatikan kekuatan sehingga ambruk saat gempa terjadi," tegasnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (17/12/2020).

BACA JUGA: Mau Bikin Bangunan Tahan Gempa? Simak Aturan Teknisnya

Pemateri dalam pelatihan ini adalah para konsultan dan ahli teknik bangunan dari sejumlah lembaga baik level nasional, provinsi maupun Kota Sukabumi, termasuk tim Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. Tak hanya teori, para tukang bangunan ini juga diajak langsung melakukan praktek meninjau langsung rumah-rumah warga di sekitar lokasi pelatihan untuk mengetahui poin poin penguatan bangunan tahan gempa.

"Teori dan praktek lapangan langsung dilakukan, agar peserta mudah memahami apa itu Retrofitting," pungkas Zaini. 

Praktik lapangan pelatihan penguatan rumah agar tahan gempa di Kota Sukabumi

Hendri (50 tahun) salah seorang peserta adalah warga Kampung Sapu Lidi adalah tukang bangunan yang sudah 10 tahun menggeluti profesi tersebut. Ia datang bersama sejumlah rekannya untuk belajar ilmu Retrofitting.

Sebagai tukang bangunan yang belajar secara otodidak, Handi mengakui jika selama ini dia dan rekan-rekannya tidak terlalu memperhatian Retrofitting saat membangun rumah warga yang menyewa jasanya. "Ternyata tidak sulit, kita hanya perlu memastikan sejumlah poin yang wajib ada di dalam pembangunan rumah atau bangunan lainnya sebagai struktur penguat," kata Hendi dikutip dari rilis PMI Kota Sukabumi.

BACA JUGA: BMKG Jelaskan Kenapa Gempa Dibawah Tiga Magnitudo Mampu Robohkan Rumah di Sukabumi

"Belajarnya mudah. Buku panduan yang sudah disiapkan untuk seluruh peserta," sambung Handi.

Selain para tukang, dalam pelatihan ini juga diikuti perwakilan kaum ibu-ibu agar kelak dapat mengawasi pembangunan kembali rumah mereka. Kaum ibu juga diberi tugas untuk mengingatkan para suaminya untuk pintar mengelola keuangan rumah tangga dan memprioritaskan pentingnya penguatan rumah yang aman sebagai investasi keluarga masa depan.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik20 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Forever Loreen yang viral di media sosial adalah "You make me feel like forever", sehingga banyak dicari warganet.
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube Loreen)
Internasional20 Mei 2024, 16:49 WIB

Tewas Kecelakaan Pesawat: Presiden Iran Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber

brahim Raisi meninggal dalam kecelakaan pesawat, Presiden sementara Iran digantikan Mohammad Mokhber.
Presiden Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber, usai tewas dalam kecelakaan pesawat | Foto : Ist