BMKG Usul Bangun Shelter Tsunami di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Lokasinya!

Selasa 15 Desember 2020, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengusulkan pembangunan shelter sebagai upaya mitigasi bencana Tsunami di Palabuhanratu Sukabumi. Selain itu, untuk menekan jumlah korban jika bencana ini terjadi juga diperlukan sosilisasi yang terus menerus kepada warga pesisir selatan Sukabumi.

Ini sejumlah hal yang disepakati dalam komitmen daerah untuk mendorong  masyarakat ikut terlibat mitigasi penanganan bencana alam khususnya gempa bumi dan Tsunami. Komitmen ini disepakati bersama oleh BMKG dan semua unsur yang terlibat dalam sosialisasi subsistem pendukung peringatan dini Tsunami atau mitigasi bencana Tsunami yang dilaksanakan yang digelar sejak tanggal 14 Desember kemarin hingga hari ini di Palabuhanratu.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan fakta integritas dibuat agar masyarakat bisa ikut terlibat dalam penanganan mitigasi ketika terjadi bencana baik gempa bumi maupaun Tsunami. "Jadi penanganan bencana tidak hanya pemerintah tapi semua element,ada masyarakatnya, pemerintah dareah, Kecamatan dan desanya," ujarnya, Selasa (15/12/2020).

"Karena itu tadi, seperti yang di pembukaan awal kemarin bahwa workshop ini berbasis masyarakat jadi tidak hanya pemerintah saja, masyakat juga terlibat penuh," sambungnya.

BACA JUGA: Laut Selatan Sukabumi Rawan Tsunami, Ini Komitmen BMKG untuk Masyarakat

Tony Agus Wijaya menjelaskan untuk kesepakatan fakta integritas berdasarkan hasil musyawarah itu ada sejumlah point yang ditandatangani oleh semua unsur yang hadir. Mulai dari Ktua Balai BMKG Wilayah II, Hendro Nugroho, dan perwakilan Forkompimcam Palabuahantu oleh Danramil 2202 Palabuhanratu, Kepala Desa Citepus, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta satgas BPBD serta perwakilan hingga unsur masyarakat. 

"Dari BMKG termasuk saya. Intinya masyarakat terlibat dari awal mulai dari merencanakan, sosialisasi, penanganan evakuasi. Nanti mereka (masyarakat) berperan dari awal hingga akhir," jelasnya.

Masih kata Tony, dalam pembahasan workshop penguatan subsistem pendukung peringatan dini tsunami di hari kedua ini membahas jalan jalur evakuasi, sarana dan prasarana petunjuk jalur evakuasi serta titik kumpul.

"Ternyata Palabuhanratu belum membangun atau memiliki tempat evakuasi sementara atau shelter. Hasil musyawarah ditentukan nanti rencananya di jalan Cikeong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu yang berdekatan dengan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi," terangnya.

BACA JUGA: BMKG Peringatkan Potensi Gempa dan Tsunami Besar di Sukabumi

Sementara itu, Danramil 2202 Palabuhanratu Budi Hadi Priyadi mengatakan komitmen dan fakta integritas antara BMKG dengan peserta workshop harus disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga lebih mudah diaplikasikan di lapangan sebagai prosedur tetap yang harus dilaksanakan oleh masyarakat pesisir.

"Ini harus disosialisasikan, apa itu mitigasi, harus berbuat apa dan bagaimana menghadapi situasi yang situasional saat terjadi gempa bumi ataupun Tsunami," timpalnya.

"Yang paling penting tindakan edukasi dan latihan latihan seperti ini rutin sehingga mereka (masyarakat) tahu apa yang harus di kerjakan dan yang tidak boleh di kerjakan," tandasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi
Life19 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Sikap yang Membuat Seseorang Sulit Sukses Dalam Hidupnya

Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup.
Ilustrasi - Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup. (Sumber : Pexels.com/@Bruno Castrioto).
Entertainment19 Juli 2024, 12:30 WIB

Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget

Jennifer Coppen membagikan pesan yang mengungkapkan perasaan berdukanya atas kepergian sang suami, Dali Wassink, di story instagram @/jennifercoppenreal20 pada Jumat, 19 Juli 2024.
Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget (Sumber : Instagram/@dali.wassink)
Bola19 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs PSM Makassar di Piala Presiden 2024: H2H Hingga Skor Akhir

Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | X@persib/@PSM_Makassar
Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | (Sumber : X@persib/@PSM_Makassar).