BWF World Tour Finals 2021: Indonesia Tanpa Gelar Usai Marcus/Kevin Kalah

Minggu 05 Desember 2021, 17:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia mengakhiri BWF World Tour Finals 2021 tanpa gelar satu pun. Itu setelah ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Marcus/Kevin) takluk dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, dalam laga final di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Minggu (5/12/2021).

Marcus/Kevin, yang menjadi unggulan pertama turnamen bulu tangkis ini, tampil di bawah tekanan saat menghadapi pasangan Jepang yang menempati peringkat keenam dunia. Keduanya berjuang selama 60 menit sebelum takluk dengan skor 16-21, 21-13, 17-21.

Pada game pertama, kedua pasangan bertarung ketat di awal laga. Kedudukan imbang 1-1, 2-2, 3-3, 4-4 sempat tercipta. Setelah itu, Marcus/Kevin memimpin. Tapi, keduanya dikejar dan disamakan lawan pada kedudukan 15-15. Hoki/Kobayashi lantas memimpin dan menutup game itu dengan 16-21.

Pada game kedua, setelah pertarungan ketat di awal, hingga posisi 6-6, Marcus/Kevin mampu terus memimpin. Pasangan berjulukan Minions itu kemudian merebut game itu dengan skor 21-13.

Pada game ketiga, Marcus/Kevin tampil tertekan di awal pertarungan. Mereka terus tertinggal 0-6, 1-7, 2-8, 4-9. Tapi, pelan-pelan keduanya mulai menekan: 5-9, 6-10, 9-12, 14-14.

Setelah Minions menyamakan kedudukan, pertarungan menjadi sangat ketat. Dua kedudukan imbang tercipta: 15-15, 16-16. Hoki/Kobayashi lantas memimpin: 16-17, 17-19, 17-20, dan akhirnya mereka mengalahkan Marcus/Kevin dengan skor 17-21.

Indonesia meloloskan empat wakil ke BWF World Tour Finals 2021, turnamen akhir tahun yang hanya menyertakan 8 pemain terbaik dunia. Greysia/Apriyani kandas di babak semifinal. Sedangkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yacob Rambitan tersingkir di babak penyisihan grup.

Kutukan Marcus/Kevin di BWF World Tour Finals

photoGanda putra Indonesia Marcus/Kevin. - (PBSI)</span

Kekalahan dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi ini membuat Marcus/Kevin praktis belum pernah merasakan kemenangan di ajang paling bergengsi di dunia itu.

Sejak pertama kali turnamen BWF World Tour Finals digelar pada 2018, Marcus/Kevin sebenarnya selalu menjadi unggulan pertama di nomor ganda putra. Sayangnya mereka selalu apes dengan tak pernah meraih gelar juara.

Pada 2018, langkah mereka bahkan terhenti sejak babak penyisihan. Marcus/Kevin mundur pada partai terakhir menghadapi wakil Cina Han Cengkai/Zhou Haodong karena cedera.

Setahun berselang, langkah Marcus/Kevin hanya menempati peringkat kedua pada babak penyisihan Grup A. Mereka sempat dikalahkan oleh ganda putra Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Mereka kembali bertemu dengan ganda jepang itu pada partai semifinal. Marcus/Kevin kembali kalah dalam laga yang berlangsung tiga game.

Pada ajang BWF World Tour Finals 2020 awal tahun ini, pasangan terbaik dunia itu harus mundur sejak sebelum turnamen dimulai. Pasalnya Kevin saat itu divonis positif Covid-19.

Pada pergelaran BWF World Tour Finals 2021, Marcus/Kevin sebenarnya mampu melangkah dengan mulus. Mereka menjadi juara Grup A dengan menyapu bersih kemenangan pada babak penyisihan.

Mereka pun menyingkirkan pasangan Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin yang merupakan juara bertahan di partai semifinal. Sayangnya langkah Kevin/Marcus terhenti di partai final. Mereka dikalahkan Takuro Hoki / Yugo Kobayashi pada partai puncak dalam pertarungan tiga gim dengan skor 16-21, 21-13 dan 17-21.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)