6 Fitur WhatsApp yang akan Diluncurkan di 2021, Bisa Multi-Perangkat

Selasa 05 Januari 2021, 08:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam beberapa minggu terakhir, WhatsApp tengah mengerjakan sejumlah fitur baru yang kemungkinan akan dirilis di tahun 2021 ini.

Beberapa dari fitur tersebut sedang dalam proses pengembangan dan yang lainnya tengah diuji dalam bentuk beta yang berarti peluncurannya tidak akan lama lagi.

Belakangan ini WhatsApp memang tengah menguji panggilan video/suara untuk versi desktop dan web yang akan dirilis di tahun 2021. Sejumlah fitur baru tersebut diharapkan bisa meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menggunakan aplikasi pengiriman pesan.

Berikut adalah beberapa fitur yang rencananya akan dirilis di tahun 2021:

1. Dukungan Multi-Perangkat

Melalui multi-perangkat ini, pengguna dapat melakukan login ke sejumlah perangkat secara bersamaan. Fitur ini tengah dalam pengembangan dan nampak terlihat versi beta WhatsApp untuk iPhone pada November 2020 lalu.

Sekarang ini, WhatsApp hanya mendukung untuk dua perangkat sekaligus, yakni telepon dan desktop. Sementara dengan dukungan multi-perangkat baru, pengguna dimungkinkan untuk dapat menambahkan hingga empat perangkat pada satu akun.

Dengan kata lain, setelah fitur ini diluncurkan, pengguna WhatsApp bisa login dari iPad dan iPhone secara bersamaan, sekaligus dengan desktop.

2. Panggilan Melalui WhatsApp Web dan Desktop

Ini dapat disebut sebagai fitur yang paling ditunggu pengguna. Baik WhatsApp Web maupun aplikasi desktop untuk Windows dan macOS, disebut akan mendapat dukungan panggilan video/suara.

Cara kerja fitur ini sama seperti pesan yang dikirim melalui desktop. Artinya, ponsel pengguna dengan WhatsApp mesti mempunyai koneksi internet yang aktif bila ingin menggunakan panggilan suara dari aplikasi web dan desktop.

Sebagai tambahan informasi, sekarang ini pengguna hanya bisa mengirim pesan/file ke kontak melalui situs web perpesanan sosial dan aplikasi desktop.

3. Bisukan Video

Saat ini WhatsApp belum memiliki pilihan untuk mematikan video ketika mengirimnya ke kontak atau sebagai pembaruan status. Tetapi, nantinya aplikasi perpesanan ini memungkinkan pengguna untuk mematikan video.

Fitur bisukan video tersebut masih dalam tahap pengembangan. Namun disebut bahwa nantinya ada ikon speaker di sebelah kiri, di samping detail durasi dan ukuran dari video yang hendak dibagikan oleh pengguna.

Jika ingin menonaktifkan video, para pengguna mesti mengetuk ikon speaker tersebut sebelum membagikannya kepada kontak seseorang, grup, atau menjadi status.

4. Baca Nanti

Fitur ini disebut sebagai perbaikan dari layanan obrolan yang diarsipkan di WhatsApp. Ketika obrolan dipindahkan untuk dibaca nanti, maka aplikasi ini tidak akan mengirimkan pemberitahuan untuk obrolan tersebut.

Tak hanya itu, fitur ini juga akan menampilkan mode liburan. Mode ini akan memastikan bahwa obrolan baca nanti bekerja seperti obrolan yang diarsipkan di versi saat ini.

Fitur baca nanti pun akan dilengkapi dengan tombol edit untuk menyesuaikan pengaturan. Pengguna juga bisa memilih sejumlah obrolan sekaligus untuk membatalkan pengarsipan yang telah dilakukan dengan cepat. 

5. Asuransi WhatsApp

Dalam fitur ini nantinya pengguna bisa membeli asuransi melalui WhatsApp di India. Aplikasi ini dikabarkan akan merilis produk asuransi kesehatan dan pensiun mikro pada aplikasi perpesanan yang ada di India lewat kerjasama dengan layanan keuangan yang berlisensi.

Semula, WhatsApp berniat menjual perlindungan asuransi kesehatan sachet SBI General, termasuk skema pensiun HDFC melalui aplikasinya tersebut.

6. Gabung dengan Panggilan Grup Tak Terjawab

Dengan fitur ini pengguna WhatsApp dapat bergabung dengan panggilan grup yang sebelumnya telah mereka undang usai panggilan dimulai. Hal ini menjadi kemajuan yang baik karena panggilan grup secara umum tidak harus memulai ulang ketika memasukkan peserta tambahan yang telah melewatkannya dari awal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)