84 Orang Diduga Keracunan Makanan Hajatan di Kabandungan Sukabumi, Begini Kondisinya

Senin 29 April 2024, 11:31 WIB
Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa

Salah satu warga saat dirawat di puskesmas setelah diduga keracunan makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan orang diduga keracunan massal setelah menyantap makanan hajatan pernikahan di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. Mereka langsung dilarikan ke puskesmas terdekat.

Camat Kabandungan Ece Misbah mengatakan sejak Minggu malam sampai Senin (29/4/2024) pukul 02.30 WIB, 84 orang telah menerima penanganan di puskesmas. Ece menyebut semua pasien saat ini dalam kondisi baik, kecuali dua orang yang belum pulang karena sedang hamil.

"Yang satu hamil delapan bulan, satunya lagi tiga bulan. Tapi kemarin saya tanya sudah baikan, hanya khawatir kalau yang hamil disuruh pulang malam. Mungkin hari ini pulang, nanti saya komunikasi lagi dengan puskesmas," kata Ece kepada sukabumiupdate.com, Senin.

Ece mengungkapkan dugaan keracunan dimulai saat rombongan pengantin laki-laki dari Desa Kabandungan menuju tempat pengantin wanita di Desa Tugubandung. Menurutnya, sejak Minggu pukul 09.00 WIB, panitia sudah mempersilakan rombongan pengantin dan tamu undangan untuk menikmati hidangan.

Baca Juga: 8 dari 35 Siswa SD di Sukabumi yang Keracunan Belum Bisa Sekolah, 1 Dirawat di RS

"Katanya dipersilakan jam sembilan (pagi) menikmati hidangan, mungkin yang dihidangkannya sate ayam, sop ayam, ayam bumbu kuning, dan karedok. Itu yang disuguhkan," ujarnya.

Ece mengatakan rombongan pengantin laki-laki dan tamu undangan dikabarkan mulai merasa tidak enak badan pada sore sekira pukul 18.00 WIB, ketika hajatan masih berlangsung. Ini membuat mereka memerlukan perawatan di puskesmas dan sebagian harus mendapatkan infus untuk penanganan lebih lanjut.

"Waktu magrib-an warga merasa pusing, mual, muntah-muntah, diare, dan BAB air. Pertama yang datang ke puskesmas 30 orang, 11 diinfus, 19 biasa tidak begitu parah," katanya.

Menurut Ece, warga yang merasakan gejala serupa semakin bertambah datang ke puskesmas, dari awalnya 30 orang mencapai 84 orang pada pukul 00.00 WIB. "Sekitar jam 9-10 malam datang lagi menjadi 55 orang, terus saya pulang ke rumah, kemudian ke puskesmas bertambah lagi jadi 70 orang dan terakhir 84 orang," kata dia.

Ece menegaskan semua pasien telah ditangani dengan baik oleh tim medis puskesmas, Dinas Kesehatan, dokter, bidan, dan perawat. Belum diketahui pasti sumber atau penyebab dugaan keracunan tersebut. Ece menyebut sampel makanan telah diambil oleh pihak berwenang.

"Makanan tersebut sudah diambil sampelnya waktu malam, diserahkan ke pihak Dinas Kesehatan hari ini," ujarnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)
Sehat21 Juni 2024, 18:30 WIB

9 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Hidupnya Sering Disakiti

Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.
Ilustrasi.  Kenali Ciri Seseorang Punya Mental Kuat Meski dalam Hidupnya Seringkali disakiti.(Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sukabumi21 Juni 2024, 18:27 WIB

Ujang, Pria Berteman Ular Kobra Kini Huni Tempat Lebih Layak di Cicurug Sukabumi

Ujang menghuni sebuah gubuk kecil berbentuk bedeng yang sungguh tidak layak huni. Dalam gubuk tersebut ia ditemani ular kobra peliharaannya. Kini rumahnya sudah diperbaikin swadaya oleh warga setempat
Ujang seorang lansia tinggal sebatang kara di Kampung Papisangan RT 4/5, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life21 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Pengantin Baru, Dibaca Agar Keberkahan Selalu Menyertai Rumah Tangganya

Doa untuk pengantin baru sangat dianjurkan dibaca agar rumah tangga kedua mempelai diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Doa untuk pengantin baru sangat dianjurkan dibaca agar rumah tangga kedua mempelai diberikan keberkahan oleh Allah SWT. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)