Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Selasa 23 April 2024, 18:38 WIB
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang

Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengapresiasi sekaligus merasa terharu dengan kegigihan Murtaqil Apham (12) dan adiknya Muhdanil Asrol (9), yang punya inisiatif membantu ekonomi kedua orang tuanya.

"Sangat mengapresiasi dan merasa terharu dengan kreativitas kedua anak itu. Ya, disaat ada sebagian anak yang gandrung dengan Handphone. Mereka memilih membatu kedua orang tuanya," kata Andri kepada sukabumiupdate.com, Selasa (23/4/2024).

Akan tetapi, lanjut Andri, aktivitas itu harus tetap ada kontrol dari orangtua dan pihak sekolah. Mereka merupakan usia dimana menikmati masa kanak kanaknya, yakni belajar dan bermain.

"Mungkin karena keadaanlah yang membuat mereka harus berjuang meluangkan waktu, keliling berjualan, anak anak tetap diberi porsi waktu yang cukup untuk belajar, dan bermain atau sosialisasi dengan teman temannya. Saya pribadi teringat masa kecil, hampir sama seusianya, berjualan keliling," tuturnya.

"Ini semua harus menjadi perhatian kita bersama. Dan insya Alloh, kami akan komunikasi dengan Baznas Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Sebelumnya diberitakan, Murtaqil Apham (12 tahun) dan adiknya Muhdanil Asrol (9 tahun), siswa kelas 6 dan Kelas 2 SDN 2 Cipeundeuy, warga Kampung Cicariu RT 08 RW 03 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi itu tak gengsi untuk membantu keluarga, mereka setiap hari berkeliling berjualan makanan gorengan.

Dari informasi yang dihimpun, anak pertama dan keduua dari tiga bersaudara dari pasangan Abuy Burhanudin (45 tahun) dengan Novah (32 tahun) sudah hampir 6 tahun berjualan gorengan keliling untuk membantu ekonomi orang tuanya.

Setiap pagi, mereka memanfaatkan waktu berjualan bala-bala, odading dan donat, sebelum berangkat ke sekolah, seusai jualan kemudian berangkat ke sekolah.

Mereka berangkat sekitar pukul 06-00 WIB, kemudian keliling berjualan hingga pukul 07.15 WIB setiap hari. Kadang sepulang sekolah mereka mengambil lagi hasil olahan ibunya untuk dijual keliling hingga sore hari.

Kepada sukabumiupdate.com, Apham menuturkan harga gorengan per biji, dijual dengan harga Rp 1.000, kalau dagangan laku semua, bisa mendapatkan uang sebesar Rp 100 ribu, hingga Rp 120 ribu dalam satu sekali keliling. Namun jika sepi biasanya ia hanya membawa pulang uang sebesar Rp70 ribu atau kadang kurang dari itu. Semua hasil jualannya itu diserahkan pada ibunya. Ia ingin membantu orang tua yang memang kesulitan ekonomi.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

“Uangnya saya kasih ke ibu semua. Untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk dibelanjakan kembali bahan-bahan makanan. Saya hanya mengambil Rp5.000 - Rp7.000, untuk menabung dan untuk jajan di sekolah,” kata Apham yang biasa dipangging Abang itu. Senin (22/4/2024).

Salah satu guru SDN 2 Cipeundeuy, Iman Suhud, mengetahui Apham senang berjualan. Dia sangat terharu hingga meneteskan air mata sambil mengelus-ngelus kepala Apham, dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Apham murid sekolahnya itu berjuang untuk membantu orang tua.

"Ada semangat dan kerja keras yang diajarkan dari sosok Apham dalam membantu kedua orang tua. Menjadi referensi yang diberikan oleh seorang Apham untuk bisa memberi kontribusi pada keluarga. Meskipun anak-anak ini belum boleh bekerja dan harus fokus belajar, namun kegigihan Apham ini patut untuk kita apresiasi bersama,” kata Iman Guru SDN 2 Cipeundeuy.

Ia berpesan pada Apham, meski rajin membantu orang tua, namun ia tak boleh lengah untuk tetap semangat belajar. Iman meminta Apham untuk membagi waktunya kapan belajar dan kapan membantu orang tua. Karena diusia Apham saat ini, tetap nomor satu yang menjadi prioritas adalah pendidikan." Imbuhnya.

Menurut Iman, sang ayah dari kedua itu merupakan seorang guru mengaji, dan tokoh agama dikampung setempat. Ia pun berharap ada pihak yang memberi dukungan kepada keluarga tersebut agar bisa meningkatkan keadaan ekonominya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Mei 2024, 11:14 WIB

Konsolidasi KAHMI-HMI Sukabumi: Mengawal Pilkada Serentak yang Bersih dan Damai

Majelis Daerah Korp Alumni HMI (MD KAHMI) dan HMI Sukabumi mengadakan acara silaturahmi dan konsolidasi dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada Gubernur dan Bupati/Wali Kota) serentak se-Indonesia.
Silaturahmi Kahmi dan HMI Sukabumi menjelang Pilkda 2024 | Foto : SU
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)