BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Selasa 23 April 2024, 17:56 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus melakukan sosialisasi untuk mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan dalam upaya memastikan kesejahteraan dan hak pekerja, kepatuhan perusahaan terhadap administrasi dan pelaporan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi hal utama. Kepatuhan terhadap tertib administrasi juga bermanfaat untuk melindungi karyawan dari risiko kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian serta manfaat lainnya.

"Tertib administrasi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk memberikan perlindungan terbaik bagi para pekerja." kata  Oki kepada sukabumiupdate.com, Selasa (23/4/2024).

Menurut Oki, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan hak-hak pekerja, perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan karyawan mereka ke BPJS Ketenagakerjaan dan memastikan kontribusi bulanan yang dilakukan secara tepat waktu. Karena menurutnya, ketidakpatuhan terhadap aturan BPJS Ketenagakerjaan dapat mengakibatkan sanksi bagi perusahaan.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, Bisa Offline atau Online

"Sanksinya dapat berupa denda, pembatasan operasi, atau bahkan tuntutan hukum. Perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban ini juga berisiko merusak reputasi dan hubungan dengan karyawan," tandasnya.

Oki mengakui beberapa perusahaan telah menunjukkan kepatuhan yang baik terhadap administrasi BPJS Ketenagakerjaan, dengan mengadopsi sistem manajemen yang efektif untuk memastikan semua karyawan terdaftar dan kontribusi dibayarkan tepat waktu.

Oleh karenanya, kata Oki, sosialisasi dan pelatihan tentang tertib administrasi ini terus dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan perusahaan memahami kewajiban mereka dan manfaat yang didapatkan oleh karyawan. Juga untuk mendorong perusahaan agar mengikuti panduan dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk memastikan kepatuhan administrasi.

Lebih dari itu, di dalam soslialisasi tersebut juga diberikan pemahaman tentang kemudahan para pekerja dalam melihat saldo para pekerja dan juga pencairan Jaminan Hari Tua mereka di aplikasi JMO.

“Dengan tertib administrasi yang kuat, BPJS Ketenagakerjaan berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan berkeadilan bagi semua pekerja di Indonesia,” pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Juni 2024, 15:30 WIB

11 Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Dengan mengikuti aturan makan ini, penderita kolesterol tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Makanan Sehat. Simak Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Pengendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)