Bertemu Orang Tua, Pemkot Sukabumi Bahas Nasib Pendidikan Siswa Korban Bullying

Sabtu 16 Maret 2024, 15:55 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bersama Dudy Syahprialdi, orang tua siswa yang menjadi korban bullying di salah satu sekolah dasar. | Foto: Diskominfo

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bersama Dudy Syahprialdi, orang tua siswa yang menjadi korban bullying di salah satu sekolah dasar. | Foto: Diskominfo

SUKABUMIUPDATE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji pada 15 Maret 2024 di Balai Kota menerima audiensi Dudy Syahprialdi, orang tua siswa yang menjadi korban bullying atau perundungan di salah satu sekolah dasar (SD) di Kota Sukabumi.

Audiensi diadakan dalam rangka merespons beberapa poin yang tercantum dalam surat terbuka yang diunggah di media sosial dan ditujukan kepada Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Dalam audiensi, Kusmana menegaskan komitmen dan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi yang berpihak kepada kebenaran dan akan melanjutkan memberikan pendampingan kepada pihak korban seperti yang selama ini telah dilakukan dengan menyediakan tenaga psikolog dari Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) yang berada di bawah pengelolaan Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi.

Kusmana menyebut Pemkot Sukabumi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, termasuk DP2KBP3A, akan mengupayakan korban untuk bisa kembali melanjutkan pendidikan di sekolah yang dikehendaki oleh korban dan keluarga.

Baca Juga: Diduga Lakukan Pembiaran, SD di Kota Sukabumi Dipolisikan Ortu Korban Bullying

Pemkot Sukabumi juga akan melakukan pembinaan kepada sekolah terkait untuk menindaklanjuti adanya dugaan kasus perundungan. Kemudian mengantisipasi munculnya kasus perundungan di lingkungan sekolah, saat ini melalui beberapa dinas tengah digalakkan pembentukan Satgas Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di berbagai sekolah.

Hadir dalam audiensi ini Kepala DP2KBP3A Kota Sukabumi Yadi Mulyadi dan Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat.

Pembinaan pun akan dilakukan terhadap dua Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) yang terlibat dalam kasus perundungan ini serta telah mendapatkan putusan dari Pengadilan Negeri Kota Sukabumi yakni dikembalikan kepada orang tua untuk dididik, dirawat dan dibimbing serta mendapatkan bimbingan dan pengawasan dari Badan Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas 1 Bandung selama tiga bulan.

Pada kesempatan tersebut Kusmana menyatakan mengenai proses hukum selanjutnya yang tengah diupayakan keluarga korban, sepenuhnya menjadi kewenangan lembaga penegak hukum.

Sebelumnya perkara bullying ini sudah menemui hasil inkrah di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IB Kota Sukabumi. PN Kelas IB Kota Sukabumi memutuskan dua pelaku yakni teman korban yang ditetapkan sebagai ABH atau tersangka, dikembalikan kepada orang tuanya dengan catatan pengawasan dan bimbingan ketat. Keputusan pengembalian kepada orang tua ini dilakukan pada 16 Januari 2024 lalu.

Sumber: IG/diskominfo_sukabumikota

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Mei 2024, 14:05 WIB

Pemda Tinggal Bayar, PTPN Soal Lahan Huntap Korban Bencana Alam di Nyalindung Sukabumi

Penyintas pergerakan tanah di Dusun Ciherang belum mendapat kepastian.
Huntap yang sudah terbangun di Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. | Foto : Istimewa
Sehat24 Mei 2024, 14:00 WIB

Demam dan Sakit Punggung Bawah? Hati-hati 5 Gejala Tak Biasa Asam Urat

Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya.
Ilustrasi - Gejala tak biasa asam urat ini harus diwaspadai oleh para penderitanya. (Sumber : Freepik.com).
Sehat24 Mei 2024, 13:30 WIB

Ingin Bebas Diabetes? Konsumsi 8 Minuman Sehat Ini Tiap Pagi Hari!

Bagi seseorang yang ingin bebas diabetes tidak hanya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Ada beberapa minuman sehat yang dapat membantu untuk mengelola darah dan bisa diminum saat pagi hari
Mengonsumsi minuman sehat tiap pagi hari, bisa membuat gula darah terkendali dan bebas diabetes. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 13:00 WIB

5 Cara Mengatasi Serangan Asam Urat yang Menyakitkan, Begini Langkahnya

Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar.
Ilustrasi - Asam urat dapat diatasi dengan langkah-langkah yang benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat24 Mei 2024, 12:30 WIB

Alami Diabetes? Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Untuk Kendalikan Gula Darah

Ada beberapa bahan alami yang membantu untuk mengendalikan gula darah bagi seseorang yang mengalami diabestes. Bila dikonsumsi secara rutin bahan-bahan alami dapat mengobati diabetes secara perlahan-lahan
Ilustrasi - Air Biji Ketumbar yang menjadi salah satu bahan alami untuk mengendalikan gula darah (Sumber : Freepik.com)
Bola24 Mei 2024, 12:00 WIB

Kevin Mendoza Berpeluang Jadi Pemain Asing Asia Pertama yang Juara Bersama Persib

Kevin Ray Mendoza catatkan sejarah bersama Persib Bandung.
Kevin Ray Mendoza catatkan sejarah bersama Persib Bandung. (Sumber : X/@persib)
Entertainment24 Mei 2024, 11:41 WIB

SSIS di Bogor dan Sukabumi, Kolaborasi Aksi Musik dan Visual Art yang Estetik

Jangan girang dulu, sebab bukan cuma Cholil dkk dari Efek Rumah Kaca yang jadi penampil.
Aksi panggung di SSIS. | Foto: Istimewa
Life24 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak agar Senang Berbagi kepada Orang Lain Sejak Kecil

Anak-anak sejak kecil harus dilatih perihal tindakan dan perilakunya, salah satunya dalam hal berbagi kepada orang lain. Ini tugas orang tua untuk mendidik mereka
Ilustrasi cara mendidik anak agar memiliki kepribadian senang berbagi ke orang lain (Sumber : Pexels.com/@Alexgreen)
Life24 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kebiasaan Sepele yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Sejumlah kebiasaan tertentu harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Ini penting agar terhindar dari potensi kambuh lagi dan membahayakan kesehatan serta dijauhkan dari penyakit berbahaya
Ilustrasi kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita penyakit kolesterol tinggi (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Aplikasi24 Mei 2024, 10:52 WIB

Tips Membuat Alur Percakapan Chatbot WhatsApp yang Efektif

Bayangkan, dengan membuat chatbot WhatsApp bisa membantu kamu melayani pelanggan dengan cepat, tanggap, dan personal, tanpa perlu kamu turun tangan langsung.
Ilustrasi. | Foto: Freepik