Alami Kecelakaan Kerja di Pabrik Makanan Sukabumi, Tangan Gadis Ini Putus

Selasa 20 Februari 2024, 20:23 WIB
Seorang karyawati, Juita (19 tahun) mengalami kecelakaan kerja di pabrik produsen makanan di Bojonggenteng Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

Seorang karyawati, Juita (19 tahun) mengalami kecelakaan kerja di pabrik produsen makanan di Bojonggenteng Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang gadis remaja, Juita (19 tahun) mengalami kecelakaan kerja di pabrik produsen makanan yang berada di Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. Insiden terjadi pada Selasa, 13 Februari 2024, sekitar pukul 14.30 WIB.

Juita yang merupakan warga Kampung Bojonggaling RT 4/2 Desa Bojonggaling Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, mengalami luka parah pada tangan kanannya, hingga harus diamputasi.

Camat Bojonggenteng, Lesto Rosadi, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya korban sudah dirawat selama tiga hari di Rumah Sakit Kartika Cibadak.

"Setelah menjalani perawatan, kini korban dalam keadaan sehat, dan korban telah pulang ke rumahnya," ujar Lesto kepada sukabumiupdate.com, Selasa, (20/2/2024).

Lesto menyampaikan bahwa pihak perusahaan tidak melaporkan kejadian tersebut, sehingga pada Senin, 19 Februari 2024, sekitar pukul 13.00 WIB, pihak kecamatan melakukan pengecekan terhadap korban di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan Kerja di Pabrik Makanan Sukabumi, Polisi Selidiki Unsur Kelalaian

"Sudah adanya pembicaraan antara perusahaan dan keluarga korban menunjukkan kesediaan perusahaan untuk bertanggung jawab. Mereka juga menawarkan beberapa tawaran kepada pihak korban," tuturnya.

Sementara itu, Chief Security PT ADJ, Ari Agustian, menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembuatan laporan. Ia menyatakan keterlambatan bukan karena disengaja atau ditutup-tutupi, melainkan difokuskan terlebih dahulu terhadap penanganan korban dan bertepatan dengan waktu libur Pemilu 2024.

"Kami meminta maaf atas keterlambatan laporan ke pihak Forkopimcam Bojonggenteng. Saat kejadian, kami langsung bawa korban ke Rumah Sakit. Hari ini kondisi korban alhamdulillah sudah membaik dan sudah tiba di kediamannya," katanya.

Ari menuturkan, penanggulangan dan penanganan dari perusahaan terhadap korban sudah dilakukan, bahkan sudah membicarakan langsung kepada keluarga korban. Dibuktikan dengan pembuatan surat pernyataan antara kedua belah pihak.

Baca Juga: Upah Belum Dibayar, Puluhan Saksi TPS Geruduk Rumah Caleg DPRD Kota Sukabumi

Isi surat pernyataan yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT ADJ, Byoungsun Bae bersama korban bernama Juita sebagai Staff Operator Produksi dengan isi sebagai berikut:

1. Bahwa kami akan menanggung biaya pengobatan hingga dinyatakan sembuh dengan melampirkan surat keterangan yang dikeluarkan rumah sakit, serta biaya psikologi apabila diperlukan.
2. Bahwa kami akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta dan tangan buatan/palsu dengan harapan bisa membantu melaksanakan kegiatan sehari-hari.
3. Bahwa kami akan mengangkat pihak kedua (korban) sebagai karyawan tetap dengan posisi baru di PT ADJ.
4. Bahwa setelah ditandatangani surat pernyataan ini maka pihak kedua (korban) membebaskan pihak pertama dari segala macam tuntutan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist