Upah Belum Dibayar, Puluhan Saksi TPS Geruduk Rumah Caleg DPRD Kota Sukabumi

Selasa 20 Februari 2024, 19:13 WIB
Ilustrasi: Situasi penghitungan surat suara Pilpres di TPS di Kota Sukabumi, Rabu 14 Februari 2024. (Foto : SU/Asep Awaludin)

Ilustrasi: Situasi penghitungan surat suara Pilpres di TPS di Kota Sukabumi, Rabu 14 Februari 2024. (Foto : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan saksi TPS memprotes ulah Caleg DPRD berinisial LMP yang mencalonkan di Daerah Pemilihan Kota Sukabumi 3 dari partai Nasdem, diduga dipicu honor saksi yang dijanjikan belum dibayar. Padahal Pemilu sudah selesai dan mereka sudah bekerja sesuai yang ditugaskan.

Salah seorang saksi TPS inisial FR (23 tahun) menyebut dalam perjanjian awal bersama caleg bersangkutan, mereka (para saksi) akan dibayar sebesar Rp 350 ribu per orang. Namun hingga hari pencoblosan selesai pun tak kunjung ada pembayaran.

“Dari awal pertemuan, kita itu harusnya kan dapet DP dulu yah, minimal Rp100 atau Rp150 ribu mah, dan perjanjiannya dari awal sampai akhir itu semuanya Rp350 ribu per saksi,” ujar FR kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/2/2024).

“Semua saksi itu ada 46 orang kalau nggak salah, yang dikasih (DP) cuman ada 8 orang, itupun aneh-aneh (beda-beda) ada yang Rp50 ada yang Rp100 ribu, tapi banyaknya yang nggak dikasih,” tambah dia.

Baca Juga: Ditinggal ke Kebun, Rumah Panggung di Ciracap Sukabumi Terbakar

Tak hanya itu, pada saat proses pemungutan suara dimulai, para saksi mengaku tidak diberikan konsumsi sama sekali, untuk keperluan pribadinya mereka (saksi) harus merogoh kocek sendiri.

Lebih lanjut, setelah proses pemilu usai hingga saat ini tak kunjung ada pembayaran bahkan menurutnya yang bersangkutan tidak memiliki niat baik untuk membayar.

“Sampe malem udah selesai kan jadi saksi, kan keluar itu surat C1, nah si Ibu (Caleg) nya ini pas di telepon, nggak diangkat-angkat, disamperin ke rumahnya nggak ada itu jam 4 subuh da baru keluar C1 nya,” ucapnya.

“Nah pagi-pagi disamperin lagi ke rumahnya. C1 nya diambil terus si Calegnya itu bilang tunggu di sini nanti saya balik lagi. Pas udah dikasih surat C1 itu sampe sore dia nggak balik lagi,” sambung dia.

Adapun upaya yang telah dilakukan para saksi yaitu terus menghubungi Caleg yang bersangkutan namun hingga saat ini tidak kunjung ada kejelasan. Mereka hanya berharap agar hak upah dari kerjanya cepat untuk dibayarkan.

Baca Juga: Perajin dan Pemkab Sukabumi Tanggapi Cara Curang Gula Kelapa Isi Batu Bata

“Harapannya ya uangnya si, pengen ada pembayaran ada hak saya kerja dari pagi sampai pagi masa lunas gitu aja nggak ada tanggung jawabnya,“ ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, LMP mengaku siap untuk bertanggung jawab dan membayar semua upah para saksi. “Saya siap tanggung jawab untuk itu, ini saya sedang usahakan sedang upayakan,” ujar dia.

Selain itu, LMP juga mengaku sudah menyampaikan permintaan maaf kepada para saksi bila ada kesalahan dan ada yang merasa tersakiti, Ia menyebut tak berniat untuk menunggak pembayaran.

“Saya juga bilang ke adek-adek mohon maaf bila ada yang tersakiti karena tidak ada niat untuk itu (menunggak), sabar karena dana saya belum turun dan ini sedang saya usahakan mudahan-mudahan bisa diselesaikan,“ ucapnya. “Pasti dibayarkan, insyaallah minggu ini saya ke Sukabumi dan nggak mungkin lah saya tunda-tunda,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 14:30 WIB

Kesehatan Mental Terganggu! 6 Dampak Buruk Terlalu Keras dan Kasar dalam Mendidik Anak

Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya.
Ilustrasi - Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya. (Sumber : Pexels/August de Richelieu).
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)