Alami Kecelakaan Kerja, BPJAMSOSTEK Sukabumi Tanggung Penuh Biaya Rumah Sakit

Senin 14 Maret 2022, 10:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - BPJAMSOSTEK Sukabumi bergerak cepat memastikan pengobatan dan perawatan yang diperoleh peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Adalah Uloh Saepuloh yang berprofesi sebagai driver ojek pangkalan di Pasar Sukaraja dan Rival yang merupakan karyawan di PT Glostar Indonesia.

Kepala BPJAMSOSTEK Sukabumi Oki Widya Gandha turun langsung menjenguk peserta yang mengalami kecelakaan kerja di Primaya Hospital Sukabumi.

"Keluarga besar BPJAMSOSTEK Sukabumi menyampaikan rasa prihatin atas kecelakaan tersebut. Kami bergerak cepat melihat langsung kondisi dan bentuk perawatan kepada korban. Pihak rumah sakit juga telah memberikan perhatian yang baik kepada para korban. Kami akan terus memantau perkembangan kondisi peserta tersebut," kata Oki dikutip dari siaran pers yang dikirim pada Senin (14/3/2022).

Oki mengungkapkan seluruh pembiayaan peserta yang dirawat akan ditanggung oleh BPJAMSOSTEK sebagai bagian dari perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), yaitu perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh.

photoPeserta BPJAMSOSTEK Sukabumi yang mengalami kecelakaan kerja. - (BPJAMSOSTEK)

Baca Juga :

BPJAMSOSTEK Raih ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Pengakuan dari ISSA

Jika dalam masa pemulihan peserta tidak bisa bekerja untuk sementara waktu, BPJAMSOSTEK akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen selama 12 bulan, dan selanjutnya 50 persen hingga sembuh dari upah yang dilaporkan.

"Kami pastikan peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan mendapatkan haknya sebagai peserta BPJAMSOSTEK. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh pekerja untuk memastikan dirinya terdaftar dalam program BPJAMSOSTEK, karena risiko-risiko sosial dapat terjadi kapan saja tanpa kita duga sebelumnya," ucap Oki.

Asep, perwakilan keluarga Uloh sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari BPJAMSOSTEK. Menurutnya, program JKK ini sangat membantu keluarga karena pengobatan dan perawatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal yang sama juga diungkapkan Sarah, selaku istri dari Rival. Sarah mengungkapkan bahwa keluarga sangat terbantu oleh manfaat program BPJAMSOSTEK. Pelayanan dari pihak rumah sakit juga sangat responsif.

Perwakilan dari Persatuan Warga Pasar (Perwapas) Sukaraja, Gunawan juga bersyukur atas manfaat program BPJAMSOSTEK. "Alhamdulillah dengan kepesertaan BPJAMSOSTEK, anggota kami yang mengalami kecelakaan kerja dapat terbantu dari segi biaya pengobatan dan perawatan. Jika dilihat dari nominal iuran memang tidak seberapa, namun manfaatnya sangat besar. Tanpa ada program dari BPJAMSOSTEK, mungkin pihak keluarga akan sangat keberatan dalam menanggung biaya," kata Gunawan.

Direktur Primaya Hospital Sukabumi, dr. Lisbeth Mariane Br. Siahaan, MARS, menjelaskan bahwa Primaya Hospital merupakan salah satu Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJAMSOSTEK. Khusus untuk peserta BPJAMSOSTEK akan mendapatkan free upgrade kelas, dari yang biasanya dirawat di kelas 3, maka akan mendapatkan perawatan di kelas 2. 

"Semoga kehadiran Primaya Hospital dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Dokter kami selalu standby untuk menangani pasien yang mengalami kecelakaan. Kami juga terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak BPJAMSOSTEK Sukabumi terhadap peserta BPJAMSOSTEK yang mengalami kecelakaan kerja," tutup dr. Lisbeth.

SUMBER: SIARAN PERS BPJAMSOSTEK SUKABUMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)