Apindo Kota Sukabumi Ungkap Penyebab Penutupan Toserba Tiara hingga Nasib Karyawan

Senin 05 Februari 2024, 11:21 WIB
Ashady Sugiarto, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

Ashady Sugiarto, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Sukabumi, Ashady Sugiarto mengaku turut prihatin atas penutupan Toserba Tiara Sukabumi pada Senin 29 Januari 2024 lalu. Pasalnya, dengan adanya perusahaan di Kota Sukabumi, tentu dapat membantu situasi perekonomian di wilayahnya.

“Kalau Apindo menyikapi dengan tutupnya toserba tiara sangat prihatin karena pengusaha ritel ini ada di sini bisa membantu Kota Sukabumi bagaimana perekonomiannya termasuk penyerapannya,” ujar Sugiarto kepada sukabumiupdate.com pada Senin (5/2/2024).

“Kami (Apindo) sangat prihatin, mudah-mudahan tidak ada lagi tiara-tiara lain atau perusahaan lain tutup,” tambah dia.

Adapun hasil koordinasi Apindo bersama pihak manajemen Tiara, kata Sugiarto, ia baru melakukan komunikasi untuk memastikan kabar penutupan tersebut.

Baca Juga: Rp 5 Miliar di 2023, Pajak Hotel Sumbang Pendapatan Kota Sukabumi

“Kalau dari pihak manajemen baru hari kemarin (komunikasi) sebelumnya juga sudah ada terkait dengan (berita) viral tersebut. Kami sudah konfirmasi apakah ini termasuk strategi marketing? ternyata kan tidak, memang ada kesalahan informasi yang berkembang di masyarakat termasuk di WA,” ungkap dia.

Selain itu, pihaknya menganggap dampak dari Covid-19 menjadi faktor utama tutupnya Toserba Tiara, menurutnya banyak pengusaha yang kesulitan karena daya beli pasar yang kian menurun.

“Secara global memang dari sejak pandemi COVID-19 terjadi terus berlanjut ke krisis global ya, ini yg membuat para pengusaha juga mengalami kesulitan terutama ya dampak dari covid dan krisis ini untuk daya beli pasar di sektor ritel gitu sangat menurun. Jadi drastis turun akhirnya untuk perputaran cash loss sendiri tidak seimbang dengan kebutuhan yang ada,” tutur dia.

Lebih lanjut, ada sekitar 30 pegawai secara otomatis yang terpaksa harus mengalami penghentian kerja. “Kurang lebih 30 orang yang dikeluarkan, otomatis keluar karena sejak tanggal 29 itu sudah benar-benar clear,” ucapnya.

Baca Juga: Wisata Panorama Cikondang di Cimanggu Sukabumi Sepi, Omzet Warung Turun Tajam

“Kami Apindo hadir di situ dengan tiara mengimbau ini harus ada jalan keluar, artinya tanggung jawab pengusaha ke karyawan itu bisa terselesaikan dengan baik,” sambung dia.

Ditanya terkait informasi perubahan atau peralihan fungsi dari toserba. Pihaknya menyebut masih dalam proses penjajakan.

“Sampai sekarang belum ada informasi apapun, tapi harapan kami sebagai Apindo termasuk manajemen Tiara mudah-mudahan ini ada, dengan kondisi seperti ini bisa berubah atau nanti kedepannya. Apakah nanti ada terjadi biasanya ada investor baru nah itu masih dalam penjajakan,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Nasional27 April 2024, 15:08 WIB

Posisi Terakhir Masih di Sukabumi, Mensos Kejar Emak-emak Suka Ngamuk Minta Sedekah

Sempat dibawa pihak kepolisian untuk dititipkan ke angkutan umum arah Bandung Barat lalu ke Bogor, perempuan tersebut dilaporkan warga, pada Sabtu (27/4/2024) masih berada di Kota Sukabumi.
Menteri Sosial, Tri Rismaharini (Sumber: akun kemensos RI)
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa