1 DPO Rampok Minimarket Bojonggenteng Sukabumi Diciduk Polisi di Karawang

Senin 23 Oktober 2023, 15:19 WIB
RBP (34 tahun) mantan karyawan yang diduga terlibat perampokan minimarket di Bojonggenteng Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

RBP (34 tahun) mantan karyawan yang diduga terlibat perampokan minimarket di Bojonggenteng Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi berhasil menciduk salah satu dari dua DPO pelaku perampokan minimarket, yaitu RBP (34 tahun) di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Diketahui, peristiwa perampokan tersebut terjadi di salah satu minimarket di Jalan Raya Bojonggenteng, Kampung Bojonggenteng, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat 6 Oktober 2023, sekitar 22.00 WIB.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan, setelah adanya peristiwa tersebut unit Reskrim Polres Sukabumi berhasil mengamankan pelaku SR (34 tahun) dan dilakukan pengejaran kepada dua tersangka DPO.

"Kemudian tim opsnal gabung unit Reskrim dan Polsek melakukan pengejaran ke dua orang DPO dan berhasil mengamankan satu tersangka RBP usia 34 tahun warga Parakansalak Kabupaten Sukabumi di wilayah Karawang," ujar Maruly Senin (23/10/2023).

Baca Juga: 12 Pekerja Jaringan Internet di Sukabumi Tersengat Listrik, 1 Orang Tewas

Maruly mengatakan bahwa tersangka RBP (34) ini merupakan mantan pekerja minimarket di tempat yang mereka curi, sehingga pelaku RBP mengetahui persis kondisi minimarketnya. 

"RBP karyawan minimarket yang kabur ke Karawang, pengakuan dia pernah bekerja di tempat itu," katanya Maruly.

Sementara itu RBP saat ditanyai oleh Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengaku bahwa pada saat ia kabur ke Karwang pergi ke temannya dengan alesan ingin ikut bekerja.

"ke Karawang. Pelarian sekitar 5 hari, ke kawarang saja satu tempat disitu teman. Teman saya gak tahu (RBP DPO), saya cerita saja pengen ikut kerja," kata RBP.

Setelah SR tertangkap, RBP mengatakan, terdapat polisi yang dateng ke rumahnya lalu, Ia bersama temannya LR (29 tahun) DPO kabur ke wilayah Karawang dengan menggunakan sepedah motor milik LR.

Baca Juga: Dibantu Alat Berat, 13 Jam Padamkan Kebakaran TPA Cikundul Sukabumi

"Ada polisi kerumah pas malamnya, pas loncat, saya berdua sama satu lagi yang belum ketangkap, saya kabur ke kawarang pakai motor teman yang masih DPO," kata RBP.

RBP mengaku bahwa pada saat perampokan terjadi ia melajukan penodongan kepada tiga karywan minimarket menggunakan sajam.

"Peran sebagai eksekutor yang nodong karyawan, yang ngiket teman, yang ngambil barang teman juga, nodong pakai sajam saya, (sajam) punya teman juga," ucap RBP.

Dalam aksi perampokan minimarket tersebut, Kata Maruly, bahwa masih terdapat satu orang DPO yakni LR (29 tahun).

"Dari para pelaku ini masih ada satu orang DPO yang msih dalam pengejaran tim opsnal satreskrim polres Sukabumi yaitu tersangka LR, dan kami menghimbau kepada tersangka agar segera menyerahkan diri atau kita akan melakukan tindakan tegas kepada yang bersangkutan," jelasnya.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Cushion yang Tepat, Agar Riasan Terlihat Cantik dan Menarik

"Terhadap kedua tersangka yang telah diamankan itu diterapkan pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 12 tahun dan saat ini kedua pelaku dilakukan penahan dalam rangka penyidikan di Satreskrim Polres Sukabumi," tandasnya.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan peristiwa perampokan tersebut terjadi di salah satu minimarket di Kecamatan Bojonggenteng, pada Jumat 6 Oktober 2023, sekitar 22.00 WIB.

"Jadi menjelang toko akan tutup, pada saat karyawan yang berjumlah dua orang akan merapikan toko, lalu pelaku bertiga masuk ke lokasi langsung menodongkan senjata tajam kepada para korban, kemudian mengikat para karyawan dan menyekap para karyawan kemudian mengambil beberapa uang dan juga rokok dan juga DVR," ujar Maruly Senin (16/10/2023).

Maruly menjelaskan, agar aksinya tidak diketahui para pelaku mengambil Digital Video Recorder (DVR) CCTV minimarket. Para pelaku masing-masing berinisial SR (34 tahun) warga Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, kemudian LR (29 tahun) dan RBP (34 tahun) yang merupakan DPO.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Usia Maksimal 70 Tahun dan Dua Kali Maju Capres-Cawapres

"Dari pelaku 3 orang yang berhasil diamankan adalah tersangka SR dengan peran sebagai yang menodongkan karyawan Alfamart melakukan menggunakan pisaunya kemudian mengikatnya, sedangkan LR dan RBP ini masih dalam pengajaran dari para anggota opsnal kita," Ucap Maruly.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

Perlintasan Tanpa Palang Pintu, PT KAI Sebut 2 Warga Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)