Demo PT Koin Baju Global Sukabumi, Ini Tuntutan FSB KIKES KSBSI

Selasa 29 Agustus 2023, 21:16 WIB
Aksi Demonstrasi FSB KIKES KSBSI di PT Koin Baju Global Sukabumi, Selasa (29/8/2023) | Foto : Ibnu Sanubari

Aksi Demonstrasi FSB KIKES KSBSI di PT Koin Baju Global Sukabumi, Selasa (29/8/2023) | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam FSB KIKES KSBSI Sukabumi menggelar aksi demontrasi di depan PT Koin Baju Global, Kampung Lemko, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Mereka memprotes tindakan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang dilakukan oleh perusahaan tersebut terhadap delapan anggota dan pengurus KIKES KSBSI.

Bendahara Umum DPN KIKES KSBSI, Sri Rejeki, menyampaikan bahwa tindakan PHK terhadap anggotanya tersebut terjadi pada 10 bulan yang lalu, dan hingga saat ini belum ada penyelesaian yang memadai. Menurutnya, aksi yang dilakukannya tersebut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Delapan orang yang di-PHK memiliki masa kerja di atas 5 tahun, dengan beberapa di antaranya bahkan mencapai 15 tahun. Namun, pihak perusahaan hanya menawarkan kompensasi satu bulan upah, yang jelas-jelas tidak sesuai dengan ketentuan hukum ketenagakerjaan di Indonesia," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Beri Bantuan untuk Keluarga Korban Kebakaran di Waluran

Selain itu, sambung Sri, buruh-buruh tersebut juga memiliki bukti pembayaran BPJS yang masih dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka bukan lagi pekerja kontrak, melainkan sudah menjadi karyawan tetap.

"Tuntutan kami adalah untuk mempekerjakan kembali delapan orang tersebut di tempat semula dan menghapuskan sistem skorsing atau tambahan waktu setelah jam kerja, serta membayar upah lembur yang belum dibayarkan," jelasnya.

Setelah melakukan mediasi, kata Sri, pihak manajemen PT Koin Baju Global tidak berkenan mempekerjakan kembali salah satu anggotanya yang bernama Siti Fatimah, dan hanya menawarkan kompensasi tali asih yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga: Tinjau Perbaikan Jembatan Lalay, Kadis PU Sukabumi: Progres Sudah 90 Persen

"Serikat buruh KIKES KSBSI akan melakukan upaya hukum berikutnya untuk menuntaskan perjuangan. Kami menganggap bahwa PHK tersebut merupakan indikasi intimidasi union busting atau pemberangusan serikat buruh," katanya.

Menurut Sri, pihaknya juga akan melakukan aksi kembali sebagai tekanan kepada pihak manajemen, terutama karena masih ada tenaga kerja asing yang belum memahami hukum ketenagakerjaan di Indonesia.

"Jadi kami akan melakukan upaya berikutnya, perjuangan kita ini bisa dilakukan litigasi dan non litigasi, bisa kami melakukan aksi. Dalam hal ini DPN KIKES mengupayakan aksi sebagai preasure, tentunya aksi ini bukan tujuan kita untuk menuntut hak, tapi aksi ini kita lakukan sebagai upaya preasure ke pihak manajemen," paparnya.

Baca Juga: Menteri LHK Anugerahi Wali Kota Sukabumi Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

Adapun untuk menjaga agar tuntutan ini tetap dalam koridor yang legal dan damai, Sri menyebut, aksi unjuk rasa ini dilakukan oleh serikat buruh terpimpin dan terlatih, yang telah mendapatkan pendidikan terkait hukum ketenagakerjaan.

"Kami tidak hanya melakukan aksi teriak-teriak, tetapi juga memahami materi yang disampaikan. Mayoritas peserta aksi adalah anggota murni dari KIKES KSBSI yang melakukan perjuangan ini dengan tujuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka sebagai buruh," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)