28 Tahanan Narkoba di Polres Sukabumi, Ini 3 Kecamatan dengan Kasus Tertinggi

Kamis 10 Agustus 2023, 14:08 WIB
Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menyebut hampir 50 persen tahanan di Rutan Polres Sukabumi merupakan tersangka kasus narkoba. | Foto: Istimewa

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menyebut hampir 50 persen tahanan di Rutan Polres Sukabumi merupakan tersangka kasus narkoba. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menyebut hampir 50 persen tahanan di Rutan Polres Sukabumi merupakan tersangka kasus narkoba. Ini disampaikan Maruly saat menghadiri deklarasi Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kampung Kompa RT 13/04 Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 9 Agustus 2023.

Maruly mengatakan saat ini terdapat 60 tahanan di Rutan Polres Sukabumi dan 28 di antaranya merupakan kasus narkoba. Sementara 32 lainnya terjerat kasus beragam yang ditangani Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim). Dalam deklarasi kemarin, TNI/Polri, pemerintah, dan masyarakat, berkomitmen menciptakan lingkungan bersih dari narkotika dan obat terlarang.

Menurut Maruly, masyarakat penting terlibat dalam upaya pemberantasan narkoba. "Dalam tujuh bulan terakhir, upaya preventif telah dilakukan berbagai instansi termasuk TNI/Polri melalui sosialisasi lewat media sosial, spanduk, dan patroli," ujarnya kepada awak media.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Apresiasi Deklarasi Kampung Tangguh Anti Narkoba di Parungkuda

Maruly mengungkapkan Kecamatan Parungkuda menjadi daerah dengan tingkat kasus penyalahgunaan narkoba cukup tinggi di wilayah hukum Polres Sukabumi. Melalui Kampung Tangguh Anti Narkoba, dia berharap pola pencegahan peredaran narkoba ini dapat dilakukan pula di wilayah lain. Deklarasi itu diharapkan menjadi contoh bagi desa lain di Parungkuda.

Selain Parungkuda, kata Maruly, kasus penyalahgunaan narkoba juga banyak terjadi di Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. "Kecamatan Parungkuda ini paling tengah dari tiga kecamatan itu. Harapannya, adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kecamatan Parungkuda dapat menular ke kecamatan-kecamatan di sebelahnya," kata dia.

Maruly tak menjelaskan secara merinci soal kasus narkoba di tiga kecamatan tersebut. Namun dia mengajak generasi muda untuk menjauhi narkoba dan tidak tergoda oleh ajakan-ajakan mencoba. Dia pun memberikan contoh bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampaknya bisa menghancurkan kehidupan seseorang.

"Kepada adik-adik sekolah yang masih rentan, jangan ikut-ikutan dan jauhi ajakan untuk mencoba. Awalnya itu pasti dikasih gratis, setelah gratis dan ketagihan, lalu disuruh beli. Nah itu modusnya para bandar. Ada aspek bisnis yang tadinya gratis terus ketagihan dan akhirnya terikat dengan barang yang dijual," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat15 Mei 2024, 17:15 WIB

5 Bahan Herbal Ini Bisa Jadi Obat Rumahan Untuk Asam Urat, Yuk Dicoba

Asam urat bisa diredakan nyeri dan gejalanya dengan mencoba mengkonsumsi bahan-bahan herbal ke dalam menu makanan di rumah. meski hasilnya tidak instan tapi bisa membantu untuk sembuh secara perlahan
Ilustrasi bahan herbal yang bisa dijadikan obat rumahan untuk penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 17:12 WIB

3 Terdakwa Korupsi Penyertaan Modal Perumda ATE Sukabumi Divonis 1 Tahun Penjara

Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terbukti korupsi dana penyertaan modal, divonis 1 tahun bui.
Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terdakwa korupsi penyertaan modal saat mengikuti sidang putusan di PN Bandung. (Sumber : Istimewa)
Musik15 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari

Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dipopulerkan oleh Ghea Indrawari, jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol.
Official Lirik Video Lagu Kau Tau Namaku Bukan Kisahku dari Ghea Indrawari (Sumber : YouTube/StarHitsMusic)
Sehat15 Mei 2024, 16:30 WIB

Merasakan Gejala Asam Urat Pada Lutut? Lakukan 5 Perawatan Ini di Rumah!

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian di tubuh, salah satunya sering terjad pada lutut. Maka dari itu, kenali cara merawat asam urat di lutut begitu kambuh agar tidak semakin parah
ika terkena gejala asam urat pada lutut, lakukan 5 perawatan di rumah yang sederhana ini (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:15 WIB

Bisakah Jempol Tangan Terkena Gejala Asam Urat? Ini 5 Tandanya!

Ternyata asam urat tidak hanya menyerang persendian di kaki saja, tetapi juga bisa ke tangan. Salah satu yang sering terkena adalah bagian ibu jari. Sebaiknya untuk mengenali tanda-tanda asam urat di jempol tangan
Waspadai bila ada 5 tanda berikut ini di jempol tangan, karena kemungkinan gejala asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan