Kembali Mulus, Jalan Koramil Cicurug Sukabumi Sudah Bisa Dilalui Roda 4

Kamis 27 Juli 2023, 01:05 WIB
Jalan Koramil Cicurug Sukabumi sudah bisa kembali dilalui roda empat. (Sumber : SU/Ibnu)

Jalan Koramil Cicurug Sukabumi sudah bisa kembali dilalui roda empat. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Ruas Jalan Leuwinanggung atau yang lebih dikenal sebagai Jalan Koramil Cicurug kini sudah bisa kembali dilalui semua jenis kendaraan, termasuk roda empat atau mobil. Hal itu setelah Forkopimcam setempat membuka secara resmi jalan Kabupaten yang berada di dua Desa, yakni Desa Nyangkowek dan Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi itu, Rabu (26/07/2023).

Diketahui, jalur alternatif untuk lalu lintas Bogor-Sukabumi yang sebelumnya alami kerusakan tersebut kini sudah kembali mulus selepas diperbaiki oleh PT Waskita beberapa hari yang lalu.

“Sebetulnya ini bukan jalan Koramil, namun ruas jalan Leuwinanggung yang telah rusak beberapa bulan yang lalu, tetapi setelah koordinasi sehingga jalan ini telah diperbaiki oleh PT Waskita,” kata Danramil 0607-13/Cicurug, Kapten Arm U. Sanusi kepada awak media.

Sanusi menyampaikan kebahagiaannya atas kerjasama yang terjalin antara Forkopimcam Kecamatan Cicurug dan PT Waskita dalam mewujudkan perbaikan jalan ini.

"Saya turut bahagia dengan Forkopimcam Kecamatan Cicurug yang telah berbulan-bulan melakukan kesepakatan dan perjanjian untuk perbaikan jalan ini. Kini, hasil dari koordinasi dan sinergi antara semua pihak telah terwujud," ujar Sanusi.

Baca Juga: Pertimbangkan Aktivitas Sekolah, Jalan Koramil Cicurug Sukabumi Dibuka Lebih Cepat

Untuk itu, ia menilai koordinasi dan sinergitas tersebut sangat penting dilakukan. Karena, menurutnya tanpa adanya komunikasi dan sinergitas mustahil semua kegiatan dan keinginan bisa terwujud.

“Setelah melalui jerih payah dan kerja keras terlihat hasilnya hari ini bisa terwujud dan bisa dinikmati oleh masyarakat,” tuturnya.

Setelah jalan tersebut tuntas diperbaiki dan layak dilintasi semua jenis kendaraan, maka Sanusi bersama Forkopimcam meminta kepada masyarakat agar dapat berperan aktif menjaga dan memelihara jalan tersebut.

"Kami berharap jalan ini akan menjadi aset berharga bagi masyarakat. Namun, perlu diingat bahwa pemeliharaan dan perawatan jalan ini menjadi tanggung jawab bersama masyarakat, yang akan diawasi oleh aparat pemerintah tingkat Cicurug," tambahnya.

Forkopimcam Cicurug membuka secara resmi jalan Leuwinanggung atau jalan alternatif Koramil Cicurug Sukabumi yang baru selesai diperbaiki.Forkopimcam Cicurug membuka secara resmi jalan Leuwinanggung atau jalan alternatif Koramil Cicurug Sukabumi yang baru selesai diperbaiki.

Sanusi juga menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada musim hujan. Ia mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan sumbatan pada parit dan drainase di sekitar jalan.

"Kami berharap jalan ini lebih kuat dan tahan lama sehingga pemeliharaan menjadi lebih mudah. Sebagai bagian dari kesepakatan, kami juga mempertimbangkan untuk membatasi tonase kendaraan yang dapat melintas di jalan ini," jelasnya.

Lebih lanjut Sanusi menuturkan, telah disepakati semua pihak, bahwa hanya kendaraan minibus seperti colt diesel yang diperbolehkan melintas di jalan ini, sedangkan tronton akan dihentikan dan diputarbalikkan.

Pihak Kepala Desa bersama warga dua desa, Purwasari dan Nyangkowek, akan ditugaskan untuk melakukan pengawasan demi menjaga kepatuhan terhadap batasan kendaraan yang dapat melintas di jalan ini.

"Konsekuensinya kalaupun masih ada kendaraan berat yang lolos, kita hentikan, bila perlu kita tumpahkan lagi, agar efek jera, diputar ulang bila perlu, sehingga untuk yang lainnya tidak mengikuti hal tersebut," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa