Mulai Diperbaiki 25 Juni, Jalan Koramil Cicurug Sukabumi Bakal Ditutup Sementara

Rabu 21 Juni 2023, 10:05 WIB
Beberapa kendaraan saat melintas di jalan alternatif Koramil Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Beberapa kendaraan saat melintas di jalan alternatif Koramil Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kerusakan jalan alternatif di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sepanjang 310 meter, akan segera diperbaiki. Jalan yang berlokasi di Desa Purwasari dan Nyangkowek ini diduga rusak, salah satunya, akibat hilir mudik kendaraan berat untuk proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2.

Jalan alternatif Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya melalui Koramil Cicurug itu akan diperbaiki PT Waskita Karya (Persero) Tbk, selaku kontraktor pembangunan Tol Bocimi Seksi 2. Pemerintah Desa Purwasari dan Nyangkowek pun berkoordinasi dengan perusahaan BUMN ini di kantor Koramil Cicurug pada Selasa, 20 Juni 2023.

Pelaksana PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Irawan, mengatakan pihaknya akan mengerjakan perbaikan jalan tersebut mulai Minggu, 25 Juni 2023. "Kami PT Waskita akan bertanggung jawab dengan pekerjaan ini. Kami memperbaiki badan jalan karena merasa menggunakan jalan itu. Jadi bentuk tanggung jawab kami," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: PART III: Dibayar Rp 650 Ribu Setahun, Lifeguard dan Rentetan Kecelakaan Laut Sukabumi

Irawan mengungkapkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk juga akan membuka simpul sumbatan saluran air agar mengalir ke saluran-saluran yang ada sehingga tidak masuk ke badan jalan. Salah satu yang akan dibuka adalah cross drain di samping dinding SMAN 1 Cicurug. Ini merupakan titik sumbatan dan akan dibuka pada Rabu ini.

"Insya Allah besok pagi (hari ini) kami akan mulai pembobokan saluran drainase. Jadi kami hanya memperbaiki badan jalan," kata dia.

Proses pembobokan saluran drainase akan dikerjakan kurang lebih tiga hari dan selanjutnya akan dimulai pengecoran jalan. "Volume pengecoran sendiri sekitar 240 kubik dengan panjang sekitar 350 meter untuk jalan Koramil," ujar Irawan.

Menurut Irawan, perbaikan dan pengecoran jalan Koramil yang dilaksanakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk diperkirakan akan selesai dalam tiga hari. Namun, pembetonan yang digunakan dalam pengecoran jalan membutuhkan waktu tambahan agar mencapai kekuatan yang optimal.

"Untuk pengerjaannya diharapkan tiga hari cukup. Tapi, yang harus kita tunggu yaitu mengenai hasil kuat tekan betonnya. Usia beton agar kekuatannya bisa memadai itu sekitar 14 hari dari pengecoran" tuturnya.

Irawan menyebut, sebagai langkah untuk memastikan keamanan dan kualitas yang optimal, pihaknya telah meminta kepada Muspika Cicurug untuk menutup sementara jalan tersebut selama pengecoran yakni 14 hari. "Penutupan jalan berlaku mulai hari dikerjakan yaitu Minggu, 25 Juni 2023. Harapan kami sih selama pengerjaan 16 hari ditutup," katanya.

Lanjutnya, dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di daerah tersebut, pihaknya mengumumkan rencana perbaikan jalan di sejumlah titik.

"Untuk PT Waskita ada empat titik jalan yang akan dilakukan perbaikan di antaranya jalan alternatif Koramil, jalan Tenjoayu, jalan Nanggerang, dan jalan Leuwi Nanggung," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, unsur Muspika Cicurug sudah mengeluarkan informasi penutupan sementara jalan ini mulai dilakukan pada 21 Juni 2023. Roda empat tidak dapat melintas selama 14 hari ke depan, sedangkan roda dua empat hari ke depan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi22 Mei 2024, 16:00 WIB

Bangun Personal Branding, 11 Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate

Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate: Sesuaikan Surat Lamaran: Tulis surat lamaran yang disesuaikan untuk setiap posisi. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana keterampilan Anda cocok untuk pekerjaan itu.
Ilustrasi. Menganggur, Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan bagi Fresh Graduate (Sumber : Pexels/TimGouw)
Nasional22 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah Daftar Pasal Kontroversial RUU Penyiaran yang Diprotes Jurnalis Sukabumi

Sejumlah pasal dalam draf Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran atau RUU Penyiaran menuai polemik.
Aksi para jurnalis Sukabumi menolak RUU Penyiaran di depan Gedung DPRD Kota Sukabumi, Rabu (22/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Keuangan22 Mei 2024, 15:03 WIB

Sinergi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa dalam Penguatan Ekonomi Syariah

Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu menginisiasi pertemuan dengan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rayon Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/5/2024).
Pertemuan dan silaturahmi BJBS KCP Palabuhanratu, MKKS dan LW Doa Bangsa membahas Penguatan Ekonomi Syariah | Foto : Ist
Sukabumi22 Mei 2024, 15:02 WIB

Tolak Revisi UU Penyiaran, Jurnalis Sukabumi Paparkan Pasal Bermasalah di Depan DPRD

Para orator menegaskan revisi UU Penyiaran akan mempersempit ruang gerak jurnalis.
Aksi unjuk rasa jurnalis menolak revisi UU Penyiaran saat menuju depan gedung DPRD Kota Sukabumi di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi22 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Chef & Lifeguard, dengan Penempatan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Pantai Angker yang Punya Cerita Mistis di Indonesia, Salah Satunya di Sukabumi

Indonesia selain memiliki keindahan alamnya, tetapi juga mempunyai cerita mistis dibaliknya yang terletak di daerah pantai. Bahkan sejarah dari pantai tersebut memiliki keangkeran cukup seram
Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)
Jawa Barat22 Mei 2024, 14:42 WIB

Jadi Kuli Bangunan di Bandung? Foto Pegi Alias Perong DPO Kasus Vina Cirebon Beredar

Bersama 2 lainnya, Perong menjadi DPO selama 8 tahun, setelah dinyatakan kabur pasca pembunuhan dan pemerkosaan vina serta kekasihnya Eki pada 2016.
Foto pria yang disebut sebagai Pegi alias perong beredar pasca penangkapan di Bandung (Sumber: istimewa)
Sehat22 Mei 2024, 14:30 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Asam Urat yang Normal? Simak Penjelasannya Disini

Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh.
Ilustrasi - Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Keuangan22 Mei 2024, 14:19 WIB

Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Menaker Ida menyebut salah satu penyebab tingginya angka pengangguran karena ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kebutuhan industri pasar tenaga kerja
Ilustrasi perayaan kelulusan sekolah. BPS catat 9,9 juta anak muda indonesia nganggur (Sumber: istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:15 WIB

5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Sumatera dikenal memiliki beberapa cerita hantu yang kerap mengganggu penduduk setempat. Cerita mistis tersebut sampai saat ini masih dipercaya oleh mereka sebagai mitologi
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)