Mulai Diperbaiki 25 Juni, Jalan Koramil Cicurug Sukabumi Bakal Ditutup Sementara

Rabu 21 Juni 2023, 10:05 WIB
Beberapa kendaraan saat melintas di jalan alternatif Koramil Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Beberapa kendaraan saat melintas di jalan alternatif Koramil Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kerusakan jalan alternatif di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sepanjang 310 meter, akan segera diperbaiki. Jalan yang berlokasi di Desa Purwasari dan Nyangkowek ini diduga rusak, salah satunya, akibat hilir mudik kendaraan berat untuk proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2.

Jalan alternatif Bogor-Sukabumi maupun sebaliknya melalui Koramil Cicurug itu akan diperbaiki PT Waskita Karya (Persero) Tbk, selaku kontraktor pembangunan Tol Bocimi Seksi 2. Pemerintah Desa Purwasari dan Nyangkowek pun berkoordinasi dengan perusahaan BUMN ini di kantor Koramil Cicurug pada Selasa, 20 Juni 2023.

Pelaksana PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Irawan, mengatakan pihaknya akan mengerjakan perbaikan jalan tersebut mulai Minggu, 25 Juni 2023. "Kami PT Waskita akan bertanggung jawab dengan pekerjaan ini. Kami memperbaiki badan jalan karena merasa menggunakan jalan itu. Jadi bentuk tanggung jawab kami," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: PART III: Dibayar Rp 650 Ribu Setahun, Lifeguard dan Rentetan Kecelakaan Laut Sukabumi

Irawan mengungkapkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk juga akan membuka simpul sumbatan saluran air agar mengalir ke saluran-saluran yang ada sehingga tidak masuk ke badan jalan. Salah satu yang akan dibuka adalah cross drain di samping dinding SMAN 1 Cicurug. Ini merupakan titik sumbatan dan akan dibuka pada Rabu ini.

"Insya Allah besok pagi (hari ini) kami akan mulai pembobokan saluran drainase. Jadi kami hanya memperbaiki badan jalan," kata dia.

Proses pembobokan saluran drainase akan dikerjakan kurang lebih tiga hari dan selanjutnya akan dimulai pengecoran jalan. "Volume pengecoran sendiri sekitar 240 kubik dengan panjang sekitar 350 meter untuk jalan Koramil," ujar Irawan.

Menurut Irawan, perbaikan dan pengecoran jalan Koramil yang dilaksanakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk diperkirakan akan selesai dalam tiga hari. Namun, pembetonan yang digunakan dalam pengecoran jalan membutuhkan waktu tambahan agar mencapai kekuatan yang optimal.

"Untuk pengerjaannya diharapkan tiga hari cukup. Tapi, yang harus kita tunggu yaitu mengenai hasil kuat tekan betonnya. Usia beton agar kekuatannya bisa memadai itu sekitar 14 hari dari pengecoran" tuturnya.

Irawan menyebut, sebagai langkah untuk memastikan keamanan dan kualitas yang optimal, pihaknya telah meminta kepada Muspika Cicurug untuk menutup sementara jalan tersebut selama pengecoran yakni 14 hari. "Penutupan jalan berlaku mulai hari dikerjakan yaitu Minggu, 25 Juni 2023. Harapan kami sih selama pengerjaan 16 hari ditutup," katanya.

Lanjutnya, dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di daerah tersebut, pihaknya mengumumkan rencana perbaikan jalan di sejumlah titik.

"Untuk PT Waskita ada empat titik jalan yang akan dilakukan perbaikan di antaranya jalan alternatif Koramil, jalan Tenjoayu, jalan Nanggerang, dan jalan Leuwi Nanggung," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, unsur Muspika Cicurug sudah mengeluarkan informasi penutupan sementara jalan ini mulai dilakukan pada 21 Juni 2023. Roda empat tidak dapat melintas selama 14 hari ke depan, sedangkan roda dua empat hari ke depan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin