Ditutup 14 Hari, Waskita Beton Jalan Alternatif Koramil Cicurug Sukabumi

Rabu 12 Juli 2023, 20:59 WIB
PT Waskita Karya melakukan betonisasi Jalan Koramil Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

PT Waskita Karya melakukan betonisasi Jalan Koramil Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan alternatif Sukabumi di ruas Jalan Koramil Cicurug yang terletak di Desa Purwasari dan Desa Nyangkowek, akhirnya mulai dilakukan perbaikan pada Selasa, 11 Juli 2023. Perbaikan dilakukan dengan metode penggunaan beton.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui perwakilannya, Irawan menyatakan bahwa target mereka untuk perbaikan jalan alternatif di area Koramil akan selesai hari ini (Rabu) atau besok (Kamis). Menurutnya pada hari pertama konstruksi sampai dengan saat ini betonisasi sudah dilakukan sepanjang 220 meter, dan pada hari berikutnya target betonisasi sekitar 115 meter.

"Material yang digunakan dalam pembangunan ini adalah Weiermes M8 ditambah penggunaan tulangan, sementara ketebalannya bervariasi antara 15 hingga 20 sentimeter tergantung pada kontur jalan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (12/7/2023).

Meskipun beton biasanya mengeras dalam waktu 3,5 jam, namun kata Irawan, belum cukup kuat untuk menahan beban berat.

"Beton baru akan mencapai sekitar 75% kekuatannya dalam waktu 7 hari. Oleh karena itu, jalan alternatif ini akan ditutup selama 14 hari untuk memastikan beton mencapai kekuatan yang dibutuhkan sebelum dapat dibuka untuk penggunaan umum," kata dia.

Baca Juga: Profil Kecamatan Cicurug Sukabumi: Potensi UMKM, Wisata Alam hingga Cagar Budaya

Namun, lanjut Irawan PT Waskita tidak menutup kemungkinan untuk beralih ke area lain. Sebab, sebelumnya perusahaan telah berkomitmen untuk memperbaiki 5 titik ruas jalan yang mengalami kerusakan.

"Mungkin akan mempertimbangkan untuk melakukan perbaikan di jalan Cileuleuy atau jalan Cibunar sambil menunggu jalan alternatif di area Koramil mencapai kekuatan yang cukup untuk menahan beban lebih dari 5 ton," tuturnya.

Terkait dengan jalur alternatif tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Muspika (Badan Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dan organisasi pemuda setempat.

"Saya telah meminta penutupan jalur tersebut selama 14 hari dan meminta rekomendasi untuk jalur alternatif guna memastikan kualitasnya," terangnya.

Irawan menyampaikan bahwa perusahaan berharap agar penduduk setempat turut serta dalam menjaga kondisi jalan dan menghindari penumpukan sampah di saluran drainase yang dapat mengganggu aliran air.

Baca Juga: Wabup Turut Donor Darah Meriahkan HUT Perwosi ke-56 Tingkat Sukabumi

"Saya menekankan pentingnya menjaga air tetap mengalir pada jalur yang telah ditentukan dan meminta kerjasama warga untuk memastikan sampah tidak masuk ke dalam saluran drainase, agar air tetap pada jalurnya," tuturnya.

Dengan dapat menyelesaikan proyek konstruksi ini serta mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat, kata Irawan, PT Waskita Karya berharap dapat menyediakan infrastruktur jalan yang lebih baik serta berkontribusi pada pengembangan dan konektivitas wilayah sekitarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kerusakan Jalan Koramil Cicurug yang menjadi alternatif Cicurug-Sukabumi dan atau sebaliknya sepanjang 310 meter yang berada di Desa Purwasari, Kecamatan CicurugKabupaten Sukabumi tersebut akan segera diperbaiki.

Kepala UPTD PU Wilayah III Uus Iskandar mengatakan, berdasarkan hasil komunikasi dengan bidang perencanaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan memperbaiki jalan alternatif tersebut.

"Nanti yang diperbaiki yang rusaknya aja, untuk waktunya belum bisa dipastikan, mudah mudahan secepatnya, tapi saya mohon ke pihak Waskita untuk secepatnya diperbaiki," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (29/05/2023). 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan22 Juli 2024, 18:30 WIB

Kenapa Sunscreen Harus Dipakai Meski di Dalam Ruangan? Ini 5 Alasannya!

Sinar UVA dapat menembus kaca jendela dan menyebabkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan tersebut ketika di dalam ruangan.
Ilustrasi. Menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan meskipun tidak beraktivitas di luar. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Sukabumi22 Juli 2024, 18:20 WIB

Asep Japar Bicara Pemeliharaan Budaya Sukabumi Di Acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya

Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024).
Bakal Calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menghadiri acara Seren Taun Kasepuhan/Padepokan Girijaya di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, pada Senin (22/7/2024) | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 18:06 WIB

Pemkab dan DPRD Sukabumi Sepakati RPJPD 2025-2045

Pemkab Sukabumi dan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045 di Rapat Paripurna.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan pimpinan DPRD sepakati RPJPD 2025-2045. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life22 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Wajah Mulus Bercahaya dan Memancarkan Aura Positif

Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.
Mengiringi perawatan wajah dengan doa-doa ini tidak hanya memberikan ketenangan batin tetapi juga memperkuat keyakinan bahwa kecantikan sejati datang dari dalam hati dan akhlak yang baik.  | Foto : Pixabay
Sukabumi22 Juli 2024, 17:52 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan dan Edukasi Ke Warga di Pasar Ramayana Sukabumi

BPJS Ketenagakerjaan Kota Sukabumi memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di Toserba Ramayana, Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Selasa 16 Juli 2024.
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha | Foto : Ist
Life22 Juli 2024, 17:30 WIB

8 Tanda Kamu Mudah Dirindukan Orang Lain Karena Kepribadian yang Dimiliki

Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi.
Ilustrasi - Kepribadian yang mudah dirindukan mencerminkan kualitas interpersonal yang kuat dan keterampilan emosional yang tinggi. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Kaboompics).
Sukabumi22 Juli 2024, 17:24 WIB

Kaca Mobil Pecah Rp490 Juta Raib, Maling Gondol Uang Setoran SPBU di Sukabumi

Uang setoran senilai Rp 490 juta hasil penjualan bahan bakar minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.43103 Cibolang, Kabupaten Sukabumi raib digondol maling perampokan modus pecah kaca mobil.u
Inafis serta petugas Kepolisian Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah TKP di Pool Damri, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Senin (22/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Musik22 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Steal My Girl One Direction yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Steal My Girl One Direction yang viral di TikTok adalah "Everybody wanna steal my girl. Everybody wanna take her heart away", sehingga banyak dicari warganet.
Official Video Lagu Steal My Girl One Direction. Foto: YouTube/OneDirection
Sukabumi22 Juli 2024, 16:51 WIB

Curug Puncak Manik Terbengkalai, Pemdes Cibenda Sukabumi Bicara Pelepasan Lahan

Curug Puncak Manik, sebuah air terjun eksotis yang dikenal sebagai objek wisata fenomenal, kini menghadapi tantangan serius
Curug Puncak Manik, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Entertainment22 Juli 2024, 16:45 WIB

Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X

V BTS mendapatkan kritikan dari penggemar dan netizen usai mengunggah foto kentang goreng dari restoran cepat saji McDonald’s (McD) pada Minggu, 21 Juli 2024, di Instagram pribadinya.
Unggah Foto Kentang Goreng McD, V BTS Dapat Kritikan dari ARMY Hingga Trending di X (Sumber : Instagram/@thv)