Kondisi Kejiwaan Berat, Dinkes Sukabumi Evakuasi 40 ODGJ ke RSJ Bogor

Rabu 26 Juli 2023, 21:48 WIB
Puluhan ODGJ dikumpulkan untuk didata dan diperiksa di kantor Dinkes Kabupaten Sukabumi sebelum akhirnya yang masuk kategori berat dievakuasi ke Bogor. (Sumber : SU/Ilyas)

Puluhan ODGJ dikumpulkan untuk didata dan diperiksa di kantor Dinkes Kabupaten Sukabumi sebelum akhirnya yang masuk kategori berat dievakuasi ke Bogor. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 40 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sukabumi, dievakuasi ke Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ Dr H Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor, Rabu (26/7/2023). Puluhan ODGJ itu nantinya akan menjalani perawatan dan pengobatan selama 18 hari dengan biaya ditanggung Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan bertajuk pelayanan kesehatan jiwa masyarakat, pemeriksaan, dan evakuasi masal ODGJ kategori berat se Kabupaten Sukabumi ini merupakan kerjasama Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama-sama dengan PKJN-RSJMM.

"Hari ini dikumpulkan ODGJ berat dari semua kecamatan dan kita bawa kesini dan kita lakukan registrasi kesehatan dan setelah itu nanti kita akan evakuasi ke RS Jiwa DR Marzoeki Mahdi," ujar Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Masykur Alawi kepada awak media di Kantor Dinkes Kabupaten Sukabumi, Jl. Bhayangkara No.11, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Baca Juga: Perempuan Telanjang Dada Ngamuk di Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi

Menurut Masykur, dari total 50 ODGJ yang terdata kemudian dilakukan pemeriksaan hari ini, terjaring sebanyak 40 orang ODGJ yang masuk kategori berat untuk selanjutnya dievakuasi ke PKJN-RSJMM.

“Kategorinya mereka ini kategori indikasi rawat artinya ODGJ berat yang perlu perawatan, nanti dirawat, harapan kita pasca rawat dikembalikan lagi ke kita dan kita yang memfollow up tindak lanjutnya,” kata Masykur.

Terpisah, Penanggung Jawab kegiatan lintas sektor dan integerasi instalasi promosi kesehatan PKJN-RSJMM, Iyep Yudiana mengatakan, 40 ODGJ yang akan menjadi peserta dalam kegiatan ini nantinya akan menjalani pemeriksaan oleh tenaga medis spesialis jiwa dan pelayanan kesehatan lainnya di RSJMM.

"Kita akan berangkatkan kemudian mendapat penanganan selama 18 hari ke depan, setelah selesai akan kita bawa kembali ke Kabupaten Sukabumi dan diserah terimakan dengan instansi terkait," ujar Iyep.

"Para ODGJ ini berasal dari sejumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi kemudian dari Panti Aura Welas Asih, dengan prioritas adalah asal pasien dari Kabupaten Sukabumi," sambungnya.

Iyep berharap, melalui kegiatan ini kedepannya kesadaran masyarakat  semakin lama semakin meningkat, sehingga nantinya keluarga dari ODGJ bisa langsung membawa sendiri serta memberikan layanan kesehatan secara mandiri.

“Konsen kami terhadap pelayanan jiwa sudah ditunjukkan menampung 27 kota kabupaten di Jawa Barat, 8 kota kabupaten di Banten melalui advokasi pemerintah masing-masing, kemudian menggelar promosi kesehatan seperti kegiatan hari ini,” pungkasnya. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)