DPRD Sukabumi Raker Bareng Dinkes, Bahas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2022

Rabu 21 Juni 2023, 23:28 WIB
Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar raker bersama Dinkes membahas Raperda tentang pertanggungjawaban APBD 2022. (Sumber : Istimewa)

Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar raker bersama Dinkes membahas Raperda tentang pertanggungjawaban APBD 2022. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Sukabumi menghadiri rapat kerja (Raker) yang digelar Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi di RSUD Sekarwangi, Cibadak, Selasa 20 Juni 2023.

Agenda dalam raker tersebut yaitu membahas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Masykur Alawi mengatakan, bahwa dalam kesempatan tersebut pihaknya menyampaikan terkait pertanggungjawaban keuangan dengan target-target yang terealisasi.

"Alhamdulillah di sini saya dari Dinas Kesehatan juga membawa tiga rumah sakit pemerintah yaitu RSUD Sekarwangi, RSUD Palabuhanratu dan RSUD Sagaranten. Dan juga dari teman-teman Labkesda serta dari Dinkes sendiri. Raker ini berjalan cukup alot karena kita banyak pembahasan-pembahasan sampai detail, saya ucapkan terimakasih kepada Komisi 4," kata Masykur.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Sepakati Raperda Pertanggungjawaban APBD 2022 Dibahas Lebih Lanjut

Ditempat yang sama, Direktur UPTD RSUD Sekarwangi dr Gatot Sugiharto memastikan target keuangan tahun 2022 sudah 100 persen lebih terpenuhi.

"Kemudian untuk tahun ini kita on proses, mudah-mudahan tercapai sesuai target," kata dia.

Gatot menjelaskan, setiap tahunnya RSUD Sekarwangi sebagai bagian dari Pemda dalam melayani masyarakat mempunyai target keuangan yang dijadikan sebagai indikator kinerja.

"Dalam pengelolaan rumah sakit itu perlu punya ukuran, salah satunya dalam hal pengelolaan keuangan itu target target sebagai indikator kinerja. Tentu Rumah sakit selain ada misi sosial, memang secara pengelolaan keuangan harus sehat, maka target-target ini juga menjadi hal penting untuk kita persiapkan," kata Gatot.

Menurut Gatot, pemasukan rumah sakit selama ini dari pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada masyarakat. Dan rumah sakit memang diperbolehkan mendapat pemasukan karena ada dasar undang-undangnya.

"Selama ini boleh dibilang yang cukup banyak berkontribusi adalah pasien-pasien BPJS karena memang sudah eranya universal coverage, semua masyarakat itu ditanggung oleh BPJS, maka kita concern ke sana," ujarnya.

"Mudah-mudahan doakan saja RSUD Sekarwangi sebagai milik masyarakat Kabupaten Sukabumi dan juga milik Pemda bisa tetap sehat tumbuh berkembang dan memberikan pelayanan yang baik buat semua," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, M. Yusuf menyampaikan dalam rapat kerja tersebut pihaknya juga mengkonfirmasi langsung kepada mitra yakni dinkes terkait program-program yang sedang berjalan.

"Kemudian penggunaan anggaran yang ada, sisa ataupun realisasi yang berjalan. Dalam pertemuan ini, banyak yang menjadi catatan bagi kami untuk dibawa ke forum selanjutnya," singkat M. Yusuf.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)