Menunggu Kondusif, Alasan Bupati Belum Lantik Kades PAW Desa Ciwaru Sukabumi

Jumat 19 Mei 2023, 21:17 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami angkat bicara soal penundaan pelantikan Kades PAW Desa Ciwaru | Foto : Ilyas

Bupati Sukabumi Marwan Hamami angkat bicara soal penundaan pelantikan Kades PAW Desa Ciwaru | Foto : Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami angkat bicara terkait belum diadakannya pelantikan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Padahal jadwal pelantikan Kades PAW Deas Ciwaru sesuai titimangsa dalam Surat Keputusan (SK) sudah melebihi batas waktu.

Diketahui, Musdes Pilkades antar waktu yang dilaksanakan pada 20 Maret 2023 dimenangkan oleh Sirojudin. Setelah itu Bupati Sukabumi menerbitkan surat keputusan (SK) Nomor : 400.10.2.3/kep. 347 - DPMD / 2023, tentang pemberhentian Penjabat Kades dan pengangkatan kades antar waktu.

Merujuk UU No 6 tahun 2014 tentang Desa pasal 38 ayat 6 disebutkan calon kepala desa terpilih dilantik oleh Bupati atau pejabat yang ditunjuk paling lama 30 hari setelah penerbitan surat keputusan Bupati. Selain itu, Peraturan Bupati Sukabumi nomor 06 tahun 2021 pasal 86 ayat 2 menyebutkan pelantikan kepala desa oleh Bupati atau pejabat/camat dilaksanakan paling lambat 30 hari sejak diterbitkan surat keputusan.

Adapun SK tentang pemberhentian Penjabat Kepala Desa Ciwaru dan pengangkatan kades antar waktu diterbitkan tanggal 17 April 2023.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

Marwan menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan SK. Namun, pihaknya memerintahkan agar menahan dulu, menunggu situasinya lebih kondusif.

"SK sudah turun, cuman kita memerintahkan pak camat agar tahan dulu, agar kondusif, masih tidak ngerti, tadi malem sudah diobrolkan, 7 juni itu harus segera dilantik," ujarnya pada sukabumiupdate.com Juma'at (19/5/2023).

Menurut Marwan, walaupun pihaknya telah mengeluarkan SK tapi tetap harus dilantik, kalau enggak dilantik setiap bantuan-bantuan apapun tidak akan ada. "Harus sabar, saya juga enggak bakalan bikin susah sendiri, ada prosesnya. Kalau ngedengar di provokasi mulu, tapi kalau ku saya dipersoalkan lagi moal dilantik," kata Marwan.

Selanjutnya, Marwan menyarakan agar bersabar, menurutnya bahwa pelantikan itu sudah ada aturannya, tidak sembarangan melantik harus ada persoalan yang diyakini.

Baca Juga: Marak Fenomena 'Industri Hukum', Oknum Polisi dan Jaksa Peras Proyek di Daerah

"Contoh saja panitia itu diangkat oleh BPD yang BPD itu ikutan mencalonkan, menang lagi, kan jadi suudzon, itu menjaga adanya suudzon makanya tahan dulu agar mensosialisasikan persoalan, sampai ada provokasi demo kesini sampai kepala desa Gunung Keramat ikut-ikutan," imbuhnya.

Kata Marwan, "diam kamu bisi dibebesken deui," karena tidak tahu persoalan intinya," tandasnya.

Sebelumnya masyarakat Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi di jalan Jajaway, Kecamatan Palabuhanratu, Selasa (16/5/2023). Tujuannya untuk melakukan audiensi terkait belum dilantiknya Kepala Desa (Kades) pergantian antar waktu (PAW).

Koordinator Lapangan aksi warga Desa Ciwaru, M Syafrudin Yusuf (40 tahun) di DPRD Kabupaten Sukabumi menyatakan roda pemerintahan desa terdampak dengan belum dilantikannya kades hasil Pilkades antar waktu. Meskipun ada sekdes dan aparat desa lainnya, tetap saja ada hal yang mesti ditangani langsung oleh kades, diantaranya berkas-berkas yang harus ada tandang tangan kades.

Baca Juga: Kuburan Angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Banyak Cerita Horor

Perwakilan warga Desa Ciwaru kemudian diterima beraudiensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi. Dalam audiensi yang berlangsung selama 6 jam itu, salah satunya pointnya sebagaimana disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman, yaitu meminta Bupati Sukabumi untuk segera melantik Kepala Desa Ciwaru.

"Tapi mudah-mudahan hasil rapat hari ini kesepakatan baik Komisi I, semua fraksi tadi sudah menyampaikan, kami mohon dengan hormat kepada Bupati sebagai pemangku jabatan yang memiliki kewenangan untuk melantik atau Camat diatas mandat Bupati, segera kita minta Kades yang sudah terpilih itu hari jumat dilantik," tandas Paoji seperti dikutip sukabumiupdate.com, Selasa (16/05/2023).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring