Menunggu Kondusif, Alasan Bupati Belum Lantik Kades PAW Desa Ciwaru Sukabumi

Jumat 19 Mei 2023, 21:17 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami angkat bicara soal penundaan pelantikan Kades PAW Desa Ciwaru | Foto : Ilyas

Bupati Sukabumi Marwan Hamami angkat bicara soal penundaan pelantikan Kades PAW Desa Ciwaru | Foto : Ilyas

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami angkat bicara terkait belum diadakannya pelantikan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Padahal jadwal pelantikan Kades PAW Deas Ciwaru sesuai titimangsa dalam Surat Keputusan (SK) sudah melebihi batas waktu.

Diketahui, Musdes Pilkades antar waktu yang dilaksanakan pada 20 Maret 2023 dimenangkan oleh Sirojudin. Setelah itu Bupati Sukabumi menerbitkan surat keputusan (SK) Nomor : 400.10.2.3/kep. 347 - DPMD / 2023, tentang pemberhentian Penjabat Kades dan pengangkatan kades antar waktu.

Merujuk UU No 6 tahun 2014 tentang Desa pasal 38 ayat 6 disebutkan calon kepala desa terpilih dilantik oleh Bupati atau pejabat yang ditunjuk paling lama 30 hari setelah penerbitan surat keputusan Bupati. Selain itu, Peraturan Bupati Sukabumi nomor 06 tahun 2021 pasal 86 ayat 2 menyebutkan pelantikan kepala desa oleh Bupati atau pejabat/camat dilaksanakan paling lambat 30 hari sejak diterbitkan surat keputusan.

Adapun SK tentang pemberhentian Penjabat Kepala Desa Ciwaru dan pengangkatan kades antar waktu diterbitkan tanggal 17 April 2023.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

Marwan menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan SK. Namun, pihaknya memerintahkan agar menahan dulu, menunggu situasinya lebih kondusif.

"SK sudah turun, cuman kita memerintahkan pak camat agar tahan dulu, agar kondusif, masih tidak ngerti, tadi malem sudah diobrolkan, 7 juni itu harus segera dilantik," ujarnya pada sukabumiupdate.com Juma'at (19/5/2023).

Menurut Marwan, walaupun pihaknya telah mengeluarkan SK tapi tetap harus dilantik, kalau enggak dilantik setiap bantuan-bantuan apapun tidak akan ada. "Harus sabar, saya juga enggak bakalan bikin susah sendiri, ada prosesnya. Kalau ngedengar di provokasi mulu, tapi kalau ku saya dipersoalkan lagi moal dilantik," kata Marwan.

Selanjutnya, Marwan menyarakan agar bersabar, menurutnya bahwa pelantikan itu sudah ada aturannya, tidak sembarangan melantik harus ada persoalan yang diyakini.

Baca Juga: Marak Fenomena 'Industri Hukum', Oknum Polisi dan Jaksa Peras Proyek di Daerah

"Contoh saja panitia itu diangkat oleh BPD yang BPD itu ikutan mencalonkan, menang lagi, kan jadi suudzon, itu menjaga adanya suudzon makanya tahan dulu agar mensosialisasikan persoalan, sampai ada provokasi demo kesini sampai kepala desa Gunung Keramat ikut-ikutan," imbuhnya.

Kata Marwan, "diam kamu bisi dibebesken deui," karena tidak tahu persoalan intinya," tandasnya.

Sebelumnya masyarakat Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi di jalan Jajaway, Kecamatan Palabuhanratu, Selasa (16/5/2023). Tujuannya untuk melakukan audiensi terkait belum dilantiknya Kepala Desa (Kades) pergantian antar waktu (PAW).

Koordinator Lapangan aksi warga Desa Ciwaru, M Syafrudin Yusuf (40 tahun) di DPRD Kabupaten Sukabumi menyatakan roda pemerintahan desa terdampak dengan belum dilantikannya kades hasil Pilkades antar waktu. Meskipun ada sekdes dan aparat desa lainnya, tetap saja ada hal yang mesti ditangani langsung oleh kades, diantaranya berkas-berkas yang harus ada tandang tangan kades.

Baca Juga: Kuburan Angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Banyak Cerita Horor

Perwakilan warga Desa Ciwaru kemudian diterima beraudiensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi. Dalam audiensi yang berlangsung selama 6 jam itu, salah satunya pointnya sebagaimana disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman, yaitu meminta Bupati Sukabumi untuk segera melantik Kepala Desa Ciwaru.

"Tapi mudah-mudahan hasil rapat hari ini kesepakatan baik Komisi I, semua fraksi tadi sudah menyampaikan, kami mohon dengan hormat kepada Bupati sebagai pemangku jabatan yang memiliki kewenangan untuk melantik atau Camat diatas mandat Bupati, segera kita minta Kades yang sudah terpilih itu hari jumat dilantik," tandas Paoji seperti dikutip sukabumiupdate.com, Selasa (16/05/2023).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)