Kuburan Angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Banyak Cerita Horor

Selasa 16 Mei 2023, 02:18 WIB
Pekuburan angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Cerita Horor Terutama bagi Pendatang | Foto : Ilustrasi Pixabay

Pekuburan angker di Cisaat Sukabumi, Simpan Cerita Horor Terutama bagi Pendatang | Foto : Ilustrasi Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah pemakaman umum di Cisaat Sukabumi menyimpan banyak cerita horor. Pemakaman yang berada di Kampung Babakan Kupa Desa Sukaresmi tersebut dipercaya sebagai kuburan angker, pasalnya diketahui beberapa kali terjadi peristiwa mistis yang dialami warga.

Seorang warga berinisal IFS menuturkan, kejadian-kejadian horor itu terjadi terutama saat waktu menjelang senja atau tengah malam. Terutama jika orang luar daerah dan baru pertama kali melintas di area tersebut.

"Dulu pada tahun 2003 pernah terjadi mobil jenis sedan terguling, saat itu waktu menjelang senja, mobil jenis sedan yang hendak pulang dari acara hajatan, mobil itu membawa rombongan biduan (penyanyi) sebanyak tiga orang. Saat melintasi jalan dikawasan kuburan itu, katanya Sopir melihat ada sosok yang menghalangi jalan. karena kaget, sang sopir lalu membuang kendaraan ke sebelah kiri, dimana sebelah kiri jalan itu kan jurang, dan otomatis mobil tersebut terperosok ke jurang sedalam hampir 10 meter," kata IFS yang enggan ditulis nama lengkapnya itu kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/05/2023).

Namun anehnya, kata IFS dirinya yang ikut serta menolong mengangkat mobil sedan itu, mengetahui jika seorang perempuan dari tiga orang penumpang mobil sedan tersebut tertinggal di jalan, tidak ikut terperosok ke dalam jurang. "sepertinya seorang penyanyi itu ada yang mensrik keluar mobil sehingga tidak ikut terperosok, dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," jelasnya.

Baca Juga: Kadis PU Dampingi Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Lingkar Utara Sukabumi

Kemudian, lanjut IFS, pada sekitar tahun 1990an pernah terjadi juga mobil truk terguling. "Padahal mobil truk itu sedang diam terparkir dekat dengan area kuburan tua itu, ujug-ujug terguling dan jatuh ke jurang," tutur IFS.

Cerita lainnya, sambung IFS dirinya bersama anaknya suatu waktu berjalab menuju pulang kerumah dengan menggunakan sepeda motor. Waktu itu sekitar senja hari menjelang maghrib.

"Anak saya yang dibonceng, saat melintas di kuburan itu dia melihat ada sosok perempuan yang berdiri deket kuburan, dan katanya sosok itu melihat terus ke anak saya. Padahal saya sendiri tidak melihat sosok itu," tuturnya.

Peristiwa lainnya dituturkan seorang bernama Wawan, tenaga teknis salah satu provider telekomunikasi, saat itu dirinya harus memperbaiki jaringan kabel optik yang bermasalah, kebetulan titiknya berada di kuburan itu.

"Saat saya sedang berjalan dan sambil memikul tangga, saya merasakan bahwa tangga yang saya bawa itu ditabrak oleh sosok yang tidak terlihat, saya langsung lari meninggalkan tempat tersebut," ujar Wawan kepada sukabupdate.com.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

Kemudian, kata Wawan, dirinya baru bisa kembali ke tempat itu untuk melanjutkan pekerjaannya setelah ditemani oleh IFS.

Ada juga cerita lain, saat waktu menjelang magrib, seorang pemotor lewat sendirian, tepat dilokasi itu ada seorang perempuan yang mencegatnya, pemotor itu mengira bahwa perempuan itu penumpang yang hendak mengojek. "Ternyata setelah jalan beberapa puluh meter saat dilihat perempuan tadi tidak ada dimotornya," tutur seorang yang enggan disebutkan namanya.

Menurut IFS, cerita-cerita diatas sebagian merupakan cerita yang diketahui sendiri olehnya. Namun katanya, cerita seperti itu tergantung orang menyikapinya, banyak juga yang tidak mempercayai adanya hal mistik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 14:00 WIB

Cara Menghilangkan Trauma Setelah Diputuskan, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Putus cinta bisa menjadi pengalaman yang mengguncang dan meninggalkan bekas trauma emosional yang dalam.
Ilustrasi. Putus cinta. Sumber : pixabay/breakty99
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)
Life28 April 2024, 13:00 WIB

Apa Itu Baperan? Berikut 8 Cara Menghilangkan Sifat Tersebut!

Siapa yang tak pernah merasakan kebaperan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung terhadap hal-hal kecil.
Ilustrasi. Anak baperan. Sumber : pixabay/adjusty22
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik