Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2022

Kamis 30 Maret 2023, 05:39 WIB
Bupati - Wakil Bupati Sukabumi 2021-2026 | Foto : do.diskominfo kab.sukabumi

Bupati - Wakil Bupati Sukabumi 2021-2026 | Foto : do.diskominfo kab.sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) adalah Informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat yang memuat Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah selama 1 (satu) tahun anggaran yang disampaikan bersamaan dengan penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2022 kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur yang dipublikasikan melalui media cetak dan atau media elektronik. Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) merupakan ringkasan LPPD Tahun 2022, berisi laporan kinerja Pemerintahan Kabupaten Sukabumi selama 1 (satu) tahun.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 69 ayat (1), dan pasal 71 ayat (2) mengamanatkan Kepala Daerah wajib menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban dan Ringkasan Laporan Peyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, DPRD dan masyarakat 1 kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

GAMBARAN UMUM DAERAH

Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu dari 27 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat, terletak di selatan Provinsi Jawa Barat dengan jarak tempuh 96 Km dari Ibukota Provinsi Jawa Barat (Bandung) dan 119 Km dari Ibukota Negara (Jakarta). Meskipun Kabupaten Sukabumi terlahir pada tanggal 10 September 1870, namun secara formal pembentukan Kabupaten Sukabumi berdasarkan UndangUndang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi Djawa Barat sebagaimana telah diubah dengan UndangUndang Nomor 4 Tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang dengan mengubah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi Djawa Barat.

Kabupaten Sukabumi memiliki 47 Kecamatan, 381 desa dan 5 kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Sukabumi adalah 4.162 km2 atau 416.220,94 ha (11,21% dari luas Jawa Barat atau 3,01% dari luas Pulau Jawa). Wilayah Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat di sebelah utara, Samudera Indonesia di sebelah selatan, wilayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten dan Samudera Indonesia di sebelah barat dan wilayah Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat di sebelah timur.

Kabupaten Sukabumi termasuk daerah yang beriklim tropis dengan suhu ratarata adalah 250C – 300C, memiliki tipe iklim B (basah) dengan curah hujan rata-rata per tahun adalah 2.500-3000 mm. Topografi wilayahnya sangat variatif mulai dari wilayah dengan tingkat kelerengan yang datar, landai, curam sampai dengan sangat curam dengan rata-rata slope 18,6%. Bentuk permukaan tanah (morfologi) pada umumnya bervariasi dari datar, bergelombang, berbukit, sampai bergunung.

Ketinggian wilayahnya dari 0 sampai dengan 2.958 m dpl (puncak Gunung Gede). Daerah datar umumnya terdapat di daerah pantai dan kaki gunung yang sebagian besar merupakan persawahan. Sementara sebagian daerah selatan merupakan daerah pesisir dan berbukit dengan ketinggian berkisar 0 – 2.960 m dpl.

Struktur geologi wilayah Kabupaten Sukabumi terbagi menjadi zona utara dan zona selatan, dengan batas Sungai Cimandiri yang mengalir dari arah timur laut ke barat daya. Zona utara merupakan kawasan yang dipengaruhi oleh vulkan, dengan jenis tanah bertekstur sedang (tanah lempung) dan termasuk ke dalam tanah dengan kedalaman tanah sangat dalam (lebih dari 90 cm). Jenis tanah di bagian utara pada umumnya terdiri dari tanah latosol, andosol dan regosol.

Kondisi tersebut menyebabkan lahan di zona utara sebagian besar merupakan lahan subur, dimana terdapat kawasan perkebunan, persawahan dan kegiatan pertanian lainnya.

Sedangkan zona selatan merupakan kawasan yang berbukit-bukit dengan kedalaman tanah kurang dalam (kurang dari 90 cm) dan cenderung kurang subur sehingga kawasan ini cenderung dimanfaatkan untuk pertanian lahan kering, perkebunan dan kehutanan. Jenis tanah di bagian tengah pada umumnya terdiri dari latosol dan podzolik, sedangkan di bagian selatan sebagian besar terdiri dari laterit, grumosol, podzolik dan alluvial. Jenis tanah ini termasuk tanah yang agak peka erosi dan longsor.

Di wilayah Kabupaten Sukabumi banyak dijumpai mata air berasal dari dasar lembah atau kaki perbukitan. Munculnya mata air dari tempat-tempat tersebut disebabkan adanya lapisan batuan kedap air di bawahnya, sehingga peresapan tidak terus ke dalam melainkan ke arah lateral dan muncul di kaki-kaki tebing/lembah atau kaki perbukitan. Sementara air permukaan yang sebagian besar terdiri atas sungaisungai dan anak-anak sungainya membentuk 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) utama, yaitu: DAS Cimandiri, DAS Ciletuh, DAS Cipelang, DAS Cikaso, DAS Cibuni dan DAS Cibareno.

INOVASI DAERAH

Percepatan pembangunan Kabupaten Sukabumi perlu terus ditingkatkan, terutama dalam menghadapi tantangan pembangunan yang semakin besar. Namun demikian, percepatan pembangunan tersebut sering terkendala dengan luasnya wilayah dan kondisi geografis yang bermacam-macam. Oleh karena itu, sebagai upaya mempercepat pembangunan di Kabupaten Sukabumi mulai digagas beberapa inovasi daerah, terutama dalam hal peningkatan pelayanan publik.

Inovasi daerah lahir dari gagasan dan ide para perangkat daerah yang didasarkan pada kondisi terkini kebutuhan masyarakat. Inovasi- inovasi ini diharapkan dapat
memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan publik dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Beberapa inovasi daerah yang akan dilaksanakan
Tahun 2020 s.d.2023 antara lain:

Sekretarat Daerah, memiliki inovasi dalam bentuk program "Elektronik Survei Kepuasan Masyarakat (e-SKM)/ Bagian Organisasi) Pelayanan Publik Digital 2022" dan program "Upaya Peningkatan Jumlah Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Yang Mempunyai Sertifikat Halal Melalui Sosialisasi Sertifikat Halal Gratis (SEHATI )/ Bagian Perekonomian) Pelayanan Publik Non Digital 2022

Inspektorat, memiliki inovasi dalam bentuk program "Aplikasi Sistem Informasi Review Penyerapan Anggaran (SIREPA) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, memiliki inovasi dalam bentuk program "Sistem Informasi Akselerasi Pengembangan Inovasi dan Kelitbangan (SI-APIK) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah, memiliki inovasi dalam bentuk program "Penggunaan Di-RUAT (Digitalisasi Rencana Usulan Aset Terintegrasi) Dalam Penyusunan RKBMD Di Kabupaten Sukabumi Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

Badan Pendapatan Daerah, memiliki inovasi dalam bentuk program "Efektivitas Pengelolaan Pajak Daerah Berbasis Sistem Informasi Penghapusan Piutang (Si-PITUNG) Pada Bapenda Kabupaten Sukabumi Tata kelola Pemerintahan Digital 2022" dan program "Retribusi Dan PAD Lain-Lain Yang Sah Terintegrasi (RISTI) Pelayanan Publik Digital 2022"

Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, memiliki inovasi dalam bentuk program "APLIKASI E-LOK Tata kelola Pemerintahan Digital 2021" dan program "MANGKANING Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

Dinas Perikanan, memiliki inovasi dalam bentuk program "Sistem Budidaya Sidat Segmentasi Murah Pelayanan Publik Non Digital 2022"

Dinas Pendidikan, memiliki inovasi dalam bentuk program "Beasiswa Hafidz Qur’an Pelayanan Publik Non Digital 2022" dan program "SILALA Tata kelola Pemerintahan Digital 2020"

Dinas Kesehatan, memiliki 6 inovasi dalam bentuk program "Tindaklanjut Kegiatan Dokter Masuk Kampung Melalui SILOMAS (Konsultasi Hallo Puskesmas) Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Selajambe Pelayanan Publik Digital 2022" program "SMS GATEWAY BUNDA SEHATI di UPTD Puskesmas Cireunghas Pelayanan Publik Digital 2022, program "Satgas ODF Pelayanan Publik 2022, program "Siratumas Pelayanan Publik Digital 2022", program "Sabumi Matih di UPTD Puskesmas Kebonpedes Pelayanan Publik Non Digital 2022" dan program "Sacadungdirih di UPTD Puskesmas Ciemas Pelayanan Publik Non Digital 2022"

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, memiliki inovasi dalam bentuk program "Sukabumi Integrated Labour Employment Center (SILENT CENTER) Pelayanan Publik Digital 2021" program Penerapan Sistem Informasi Data Kepegawaian Elektronik Mandiri (SIDAKEM) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022", dan program Pengelolaan Administrasi Surat Masuk Dan Keluar Berbasis Sistem Informasi Kearsipan Jaringan Aplikasi (SI-KERJA) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

Dinas Ketahanan Pangan, memiliki inovasi dalam bentuk program "(TATAPAK) Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Pelayanan Publik Non Digital 2021"

Dinas Lingkungan Hidup,memiliki inovasi dalam bentuk program "APDOL Tata kelola Pemerintahan Digital 2020"

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
memiliki inovasi dalam bentuk program "Pelawat (Pelayanan Melalui Whatsapp Akta Kematian) Pelayanan Publik Digital 2022", "Simpelin (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Online) Pelayanan Publik Digital 2022",  dan program "Lisda (Layanan Informasi Seputar Dokumen Adminduk) Pelayanan Publik Digital 2022"

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, memiliki inovasi dalam bentuk program "(Si Kompak) Sistem Informasi Dan Komunikasi Pembinaan Klembagaan Tata kelola Pemerintahan Digital 2022".

Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana memiliki inovasi dalam bentuk program "Kampung KB Sehati Desa Lembursawah di UPTD Dalduk Cicantayan Pelayanan Publik Non Digital 2022".

Dinas Komunikasi, Informatika Dan Persandian
memiliki inovasi dalam bentuk program "Bimasakti (Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi) Pelayanan Publik Digital 2020", "Transformasi Layanan Publik Berbasis Digital Melalui Aplikasi Desa Kami Pelayanan Publik Digital 2022", dan program “Streaming” Terobosan Cerdas Lppl Radio Citra Lestari Optimalkan Layanan Informasi Publik ("Rasa Kami", Radio Streaming Asli Kabupaten Sukabumi
Pelayanan Publik Digital 2022". 

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah memiliki inovasi dalam bentuk program "Koperasi Sukabumi Kembangkan RAT Online (Kopi Keraton) / Bidang Pendidikan Latihan dan Pemberdayaan Koperasi Pelayanan Publik Digital 2022", "Membangun Sosial Enterpreunership Koperasi Kalangan Pemuda (Mesek Kalapa) Sukabumi/bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi Pelayanan Publik Non Digital 2022", dan program "Pengembangan Bina UMKM Milenial Berbasis Pasantren/ bidang Pemberdayaan Usaha Menengah, Usaha Kecil dan Usaha Mikro (UMKM)
Pelayanan Publik Non Digital 2022". 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian memiliki inovasi dalam bentuk program "Optimalisasi Perhitungan Nilai Perolehan Air Di Kabupaten Sukabumi Pelayanan Publik Digital 2022". 

Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak memiliki inovasi dalam bentuk program "Kegiatan Kalau Minggu Kumpul Keluarga (Kapulaga) Pelayanan Publik Non Digital 2021" dan program "Perahu Kertas Pelayanan Publik Non Digital 2022". 

Dinas Perhubungan memiliki inovasi dalam bentuk program "Siprahu Darat Tata kelola Pemerintahan Digital 2022". 

Dinas Peternakan memiliki inovasi dalam bentuk program "Online Farming (Olf) Dinas Peternakan Pelayanan Publik Digital 2022".

Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang
memiliki inovasi dalam bentuk program "Peta Digital Berbasis Android Di Wilayah Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Tata kelola Pemerintahan Digital 2022", program "Sistem Informasi Pengadaan Tanah) Di Kabupaten Sukabumi (Sipanah) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022", dan program "Cageur Ruang Cageur Tanah Sipirus Tata kelola Pemerintahan Digital 2022". 

Dinas Kebudayaan, Pemuda Dan Olah Raga
memiliki inovasi dalam bentuk program "Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Senam Gurilapss (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, Seni Budaya) Kepada Masyarakat Pelayanan Publik Non Digital 2022", dan program "Pembuatan Batik Berdasarkan Ragam Hias Dari Kekayaan Tinggalan Arkeologi Di Kabupaten Sukabumi Pelayanan Publik Non Digital 2022". 

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik memiliki inovasi dalam bentuk program "Administrasi Izin Penelitian Berbasis Website One Day Service Tata kelola Pemerintahan Digital 2021"

RSUD Sekarwangi memiliki inovasi dalam bentuk program "Sistem Integrasi Model Pengawasan Internal (SIMOPI) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022"

RSUD Palabuhantau
memiliki inovasi dalam bentuk program "Optimalisasi Pelayanan APM Dan Poliklinik (Opa Poli) Pelayanan Publik Non Digital 2022", dan program "Penerapan Inspection And Preventive Maintenance (LPM) Dalam Peningkatan Tata Kelola Sarana Prasarana Medis Di RSUD Palabuhanratu Tata kelola Pemerintahan Non Digital 2022". 

Kecamatan Cibadak, memiliki inovasi dalam bentuk program "Semerbak (Selasa Mengaji Rutin Bersama Karyawan) Tata kelola Pemerintahan Non Digital 2022", program Kancing Cibadak (Kolaborasi Aksi Penanganan Stunting Di Cibadak) Pelayanan Publik Non Digital 2022, program "Pinter Itu Penting (Penanganan Integratif Terpadu Implementasi Terukur Pada Penderita Stunting ) Pelayanan Publik Non Digital 2022", program "Si Gelis (Sekolah Inovatif Gerakan Lingkungan Sehat ) Pelayanan Publik Non Digital 2022", dan program "Duta CTPS Milenial Non Digital 2022"

Kecamatan Cicantayan, memiliki inovasi dalam bentuk program "Klinik Desa Cicantayan Pelayanan Publik Non Digital 2022" dan program "Kapas Cantik (K4, Pelayanan Kesehatan Kecamatan Cicantayan Pelayanan Publik Non Digital 2022"

Kecamatan Cicurug, memiliki inovasi dalam bentuk program "Siaga-Lah (Sistem Informasi Pengamanan Gangguan Wilayah Kecamatan Cicurug) Pelayanan Publik Digital 2021"

Kecamatan Cikidang, memiliki inovasi dalam bentuk program "Pelleum Pasarumdes (Peningkatan Layanan Legalitas UMKM Dan Peningkatan Pemasaran UMKM Desa) Pelayanan Publik Non Digital 2022" dan program "Pelukis Penting (Peningkatan Layanan Untuk Keluarga Miskin Penderita Stanting) Pelayanan Publik Non Digital 2022, serta program "Kaciri (Keluarga Cikidang Rajin Ngaji) Pelayanan Publik Non Digital 2022"

Kecamatan Cimanggu, memiliki 6 inovasi dalam bentuk program; "Rekap Tapak Kuda (Relawan Kader Penggerak Taat Pajak Koordinator Desa) Pelayanan Publik Non Digital 2021, Selasa Bahasa Pelayanan Publik Non Digital 2022, Jumpa Berkah (Jum'at Pagi Berbagi Berkah) Pelayanan Publik Non Digital 2021, Gerimis (Gerakan Rajin Melakukan Infaq Dan Shodaqoh) Pelayanan Publik Non Digital 2022, Kakak Asuh Komputer Pelayanan Publik Non Digital 2021 dan program COC (Cimanggu On Call) Pelayanan Perekaman E-KTP Diluar Jam Kerja Dan Hari Libur Pelayanan Publik Digital 2021"

Kecamatan Cireunghas, memiliki inovasi dalam bentuk program Lisda Duit Pelayanan Publik Non Digital 2022 dan program Pengembangan Administrasi Perkantoran Melalui Sistem Manajemen Arsip Dinamis (Si-Manis) Tata kelola Pemerintahan Digital 2022

Kecamatan Cisaat, memiliki inovasi dalam bentuk program Kampung Online Pelayanan Publik Digital 2022

Kecamatan Cikembar, memiliki inovasi dalam bentuk program Sistem Pendataan Warga Dinamis (Sipendawa Nitis) Dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu Dan Bayi Di Kecamatan Cikembar Pelayanan Publik Digital 2022

Kecamatan Cisolok, memiliki inovasi dalam bentuk program Kacida (Kecamatan Cisolok Berdaya) Pelayanan Publik Non Digital 2022

Kecamatan Jampangkulon, memiliki inovasi dalam bentuk program Bank Sampah Pepeling Desa Ciparay Pelayanan Publik Non Digital 2022

Kecamatan Kabandungan, memiliki inovasi dalam bentuk program (Si Kipin Cinta Halisa) Pemanfaatan Aplikasi Kios Pintar Untuk Mencerdaskan Dan Meningkatkan Prestasi Siswa Di Kaki Gunung Halimun Salak Pelayanan Publik Digital 2022

Kecamatan Kadudampit, memiliki inovasi dalam bentuk program (Pak Camat) Inovasi Pelayanan Publik Pelayanan Terpadu Antar Kampung Cepat Dan Hemat Pelayanan Publik Non Digital 2022, dan program Peningkatan Pelayanan Kepegawaian Berbasis Si-Naga Berkat (Aplikasi Kenaikan Gaji Berkala Dan Pangkat) Tata kelola Pemerintahan Digital 2021

Kecamatan Lengkong, memiliki inovasi dalam bentuk program (Bersenandung Seharian) Berupaya, Efektifkan, Realisasikan, Persetujuan Bangunan Gedung Sesuai Harapan Pemerintah Kecamatan Pelayanan Publik Non Digital 2022

Kecamatan Pabuaran, memiliki inovasi dalam bentuk program (Sipanda Pasi) Simpan Data Pegawai Pada Aplikasi Simpeg Tata kelola Pemerintahan Digital 2022

Kecamatan Palabuhanratu, memiliki inovasi dalam bentuk program; (Bidan Akta-Ku) Bidan Akta Kelahiran Terintegrasi Di Kecamatan Ku Pelayanan Publik Digital 2022, Palabuhanratu Genting (Palabuhanratu Gerebeg Stunting) Pelayanan Publik Non Digital 2022, Palabuhanratu Dordar (Palabuhanratu Donor Darah) Pelayanan Publik Non Digital 2022, Resata (Relawan Sadar Wisata) Pelayanan Publik Non Digital 2022.

Kecamatan Parungkuda, memiliki inovasi dalam bentuk program Kuda Mantrasena Pelayanan Publik Non Digital

Kecamatan Sukabumi, memiliki inovasi dalam bentuk program SJDKT (Sistem Jaringan Data Kecamatan Terpadu) Tata kelola Pemerintahan Digital 2020

Kecamatan Tegalbuleud, memiliki inovasi dalam bentuk program Peka Sarasa (Perekaman E-KTP Sasar Warga Desa) Pelayanan Publik Non Digital 2022.

PENGHARGAAN

Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Marwan Hamami telah menunjukan dedikasinya. Setidaknya beberapa penghargaan/prestasi Tingkat Nasional dan Provinsi yang di raih Pemerintah Kabupaten Sukabumi pada tahun 2022 mendapatkan 27 penghargaan, yaitu sebagai berikut :

Pertama, Penghargaan Terbaik pertama pemda dijabar dalam kinerja 0P DAK Fisik tahun 2021 KEMENTERIAN KEUANGAN RI Pendopo Sukabumi, 23 Maret 2022

Kedua, Penghargaan Penyaluran Dana Desa yang Pertama dan tercepat Kedua di Jawa barat KEMENTERIAN KEUANGAN RI Pendopo Sukabumi, 23 Maret 2022

Ketiga, Penyerahan Laporan HasilPemeriksaan ( LHP) BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) BPK RI BPK RI Perwakilan Jabar, 20 mei 2022

Keempat, Penganugerahan Serifikat Eliminasi Malaria Kementrian Kesehatan RI Delixe Room Sirkuit Mandalika Lombok tengah, NTB , 31Mei 2022

Kelima, Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Secara virtual, 22 Juli 2022

Keenam, Penghargaan PPSI Award Katagori Pejabat Publik Yang Peduli Dan Cinta Terhadap Pencak Silat PPSI
Krakatau Ballroom Hotel Horison Bandung, 18 Agustus 2023

Ketujuh, Penghargaan Kualitas B dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) BKN Jogjakarta , 6 Oktober 2022

Kedelapan, Penghargaan Juara Ke 3 Untuk Kategori Desa Wisata Rintisan Kemenparikraf RI Gedung Sapta Pesona, Kemenparikra f RI Jl.Medan Merdeka Barat no. 17 - Jakarta Pusat, 30 Oktober 2022

Kesembilan, Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Menteri Hukum dan HAM RI 3 November 2022

Kesepuluh, Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori CTPS Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemprov jawa barat Gedung sate bandung, 14 November 2022

Kesebelas, Piagam Penghargaan Dan Medali Satya Lancana Pertama Kepada Bupati Sukabumi Dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (PDTT) Kemedes dan transmigrasi Aula Setda,17 November 2022

Keduabelas, Piagam Penghargaan Gubernur Jawabarat Kepada Kabupaten Sukabumi Sebagai kabupaten atau kota yang telah melakukan sanitasi total berbasis masyrakat (STBM) ketegori Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 Gubernur jawa barat Aula setda, 17 November 2022

Ketiga belas, Penghargaan Bidang Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Lingkungan Dari Kementerian Kesehatan RI Kepalda Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan kategori Kabupaten/Kota Sanitasi berbasis Masyarakat Berkelanjutan Kementerian Kesehatan RI Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara, 23 November 2022

Keempat belas, Penghargaan Bidang Kesehatan Sanitasi Total Berbasis Lingkungan Dari Kementerian Kesehatan RI Kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan kategori Kabupaten/Kota Sanitasi berbasis Masyarakat Berkelanjutan Untuk Kategori Pemenuhan Kondisi Yang Mendukung (Enabling Environtment ) Kementerian Kesehatan RI Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara, 23 November 2022

Kelima belas, Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 untuk Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, Kategori usaha skala besar, kategori usaha skala menengah dan kategori usaha sakala kecil Pemprov jabar Hotel Holiday Inn Bandung, 01 desember 2022

Keenam belas, Penghargaan Meritokrasi Dengan Predikat “Baik”, KASN Hotel Grand Sahid Jakarta, 08 Desember 2022

Ketujuh belas, Penghargaan Obrolan Daring Stunting (ODADING) Award Tahun 2022, Kategori Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Paling Berkomitmen. Pemprov jabar di Aula Barat Gedung Sate Bandung, 14 Desember 2022

Kedelapan belas, Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inspiratif Media Radar Sukabumi Sukabumi, 17 Desember 2022

Kesembilan belas, Penghargaan Saber Fungli Sebagai Juara 2 Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemprov Jabar Aula setda, 17 desember 2022

Keduapuluh, Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Lomba Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Kabupaten / Kota Tingkat Provinsi Jawa Barat Pemprov jabar Aula setda, 17 desember 2022

Keduapuluh satu, Penghargaan Tata Kelola Keuangan Pemeritah Desa Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Neger Aula setda, 17 desember 2022

Keduapuluh dua, Penghargaan dari KASN Kepada Pemkab Sukabumi Atas Keberhasilannya Menerapkan Siste Merit Dalam Manajemen ASN. KASN Aula setda, 17 desember 2022

Keduapuluh tiga, Penghargaan Terbaik I Aresiasi Program Inflasi Unggulan Juara Lahir Batin (PINUNJUL) Kategori Kota/Kabupaten Non IHK Pemprov Jabar Hotel Dago Pakar Bandung, 19 Desember 2022

Keduapuluh empat, Juara 1 Kabupaten/Kota Non-IHK dengan Pengendalian Inflasi Terbaik Pemprov Jabar Hotel Dago Pakar Bandung, 19 Desember 2022

Keduapuluh lima, Penghargaan Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif Tahun 2023 Pemprov Jabar Hotel Dago Pakar Bandung, 19 Desember 2022

Keduapuluh enam, Juara III dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) kategori kabupaten tahun 2022 Pemprov Jabar Sport Jabar Arcamanik, Bandung, 27 Desember 2022

Keduapuluh tujuh, Penghargaan kedua meraih Posyandu Award 2022 kategori kabupaten untuk Pokjanal Posyandu Kabupaten Sukabumi. Pemprov Jabar Sport Jabar Arcamanik, Bandung, 27 Desember 2022

PENUTUP

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 diharapkan dapat memberikan gambaran tentang berbagai capaian kinerja, baik makro maupun mikro dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sukabumi sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan berbagai urusan yang menjadi kewenangan dan ketugasan pemerintahan.

Beberapa capaian kinerja pembangunan berdasarkan pendekatan indikator makro yang diperlukan untuk mengukur perkembangan sosial dan ekonomi Kabupaten Sukabumi berdasarkan kecenderungan (trend) beberapa tahun terakhir. Pemerintah Kabupaten Sukabumi bertekad mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang lebih optimal di masa mendatang sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan prima kepada masyarakat untuk mencapai sasaran sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi Mewujudkan “Kabupaten Sukabumi Yang Religius, Maju Dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Batin

Palabuhanratu, 30 Maret 2023
BUPATI SUKABUMI,

TTD
Drs. H. MARWAN HAMAMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)