Fahmi Beberkan Capaian Pemkot Sukabumi dan Bahas Program Unggulan

Rabu 01 Februari 2023, 09:40 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Citamiang di GOR STIE PGRI Kota Sukabumi, Selasa, 31 Januari 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Citamiang di GOR STIE PGRI Kota Sukabumi, Selasa, 31 Januari 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan digelar Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, untuk perencanaan tahun 2024 di GOR STIE PGRI Kota Sukabumi, Selasa, 31 Januari 2023.

Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Camat Citamiang Fajar Rajasa, para lurah di Citamiang, dan elemen masyarakat. Kegiatan ini untuk merencanakan pembangunan pada 2024.

''Musrenbang ini sangat penting merencanakan apa yang akan dibangun di tahun mendatang dan bukan hanya seremonial belaka,'' ujar Fahmi. Musrenbang sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi pembangunan berbasiskan kewilayahan.

Baca Juga: Resmikan Masjid di Sukakarya, Wali Kota Sukabumi Bicara Penguatan Keagamaan

Menurut Fahmi, betapa pentingnya elemen warga baik karang taruna, tokoh agama, dan lainnya, memaksimalkan ajang musrenbang dalam mendesain apa yang akan dilakukan. Dalam musrenbang bisa didesain maksimal agar target pembangunan dioptimalkan pelaksanaannya.

Di awal sambutan, wali kota menyampailan sekilas capaian pembangunan pada 2022. Di mana, dia bersyukur di tengah pandemi Covid-19 dan keterbatasan yang ada, tahun lalu dapat melaksanakan pembangunan yang monumental.

Fahmi menerangkan, laju pertumbuhan ekonomi 2020 mencapai -1,48 persen, 2021 meningkat 3,71 persen, dan perkiraaan pada 2022 di atas 3 persen atau hitungan 5 persen. Selanjutnya tingkat pengangguran terbuka dari dua digit turun ke satu digit di mana ketika pandemi memuncak 2020 sekitar 12,17 persen, pada 2021 turun menjadi 10,78 persen, dan 2022 turun menjadi 8,83 persen.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik besar pada 2022, di mana pada 2020 hanya 74,21, 2021 mencapai 74,60, dan 2022 75,40. IPM menggambarkan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi yang dikelola pemda.

Baca Juga: Bahas Penanganan Pandemi, Wali Kota Sukabumi Hadiri Rakornas Kepala Daerah

Angka kemiskinan perlu diantisipasi di mana masih 8 persen yakni 2021 8,25 persen dan 2022 8,02 persen, serta semangat bisa turun menjadi 7 persen. Semoga bisa diantisipasi pada 2023 untuk menekan penurunan kemiskinan.

Fahmi menerangkan ada empat misi dalam program RPJMD 2018-2023. Semuanya diturunkan. Misi pertama pada pendidikan, kesehatan, dan budaya. Misi dua infrastruktur. Ketiga ekonomi. Keempat berhubungan dengan SDM khususnya aparatur.

Dari empat misi ini diturunkan ke dalam 15 program unggulan. Di antaranya dalam bidang kesehatan yakni Homecare, Ambulans Sigap, Puskesmas Klinik Sore. Berikutnya Rumah Singgah di Bandung, Udunan Online, Aplikasi SUPER, Penguatan Keagamaan Gerakan Salat Subuh Berjamaah dan Magrib Mengaji.

Adapun 2024 adalah tahun politik selama 12 bulan, bagaimana menjaga kondusifitas wilayah. Sehingga tema pembangunan Kota Sukabumi tahun 2024 meningkatkan kondusifitas kota untuk keberlangsungan pembangunan.

Sementara isu strategsis yang harus diprioritaskan pada 2024 yakni pemilu dan pilkada serentak 2024. Selain itu, ekonomi, inovasi, dan penuntasan kawasan kumuh.

Revitalisasi pariwisata yakni walking tourism yang akan dibuat. Berikutnya pelayanan publik digital dalam rangka smart city yakni pelayanan publik harus digital tidak lagi manual karena rawan penyimpangan waktu dan lainnya.

''Saya titipkan mari sama-sama mendesain 2024 sebaik-baiknya, sehingga pembangunan memberikan kebermanfaatan kepada warga,'' kata Fahmi.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Juni 2024, 09:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Asam Lambung, Dijamin Efektif Cegah Perut Sakit

Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung.
Ilustrasi. Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Life21 Juni 2024, 08:30 WIB

15 Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini!

Saat Anda berhadapan dengan seseorang yang menggunakan gaslighting sebagai alat manipulasi, perhatikan baik-baik apa yang dilakukannya, bukan kata-kata yang dipilihnya.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini! (Sumber : Pexels/ChristinaMorillo)
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)