Wali Kota Sukabumi Serahkan Santunan BPJAMSOSTEK untuk PMI hingga Puluhan Juta

Senin 16 Januari 2023, 15:59 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris PMI di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Senin (16/1/2023). | Foto: Istimewa

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris PMI di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Senin (16/1/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan secara simbolis santunan jaminan kematian sebesar Rp 85.000.000 kepada ahli waris dari Andra Anriana, Pekerja Migran Indonesia (PMI) di rumah duka di Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Senin (16/1/2023).

Mengutip siaran pers, penyerahan tersebut diserahkan kepada Devi Yuliana selaku ahli waris dari Andra dan disaksikan Kepala BPJAMSOSTEK Sukabumi Oki Widya Gandha. Andra meninggal dunia karena sakit di negara penempatan yaitu Korea Selatan. Dia bekerja di negara itu sejak 4 Oktober 2022.

Fahmi mengatakan jika masyarakat ingin bekerja sebagai PMI, wajib mengikuti prosedur agar negara bisa melindungi jika terjadi risiko melalui BPJAMSOSTEK. Diketahui, BPJAMSOSTEK juga melindungi para PMI melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan kepada Ahli Waris Pekerja yang Meninggal Kesetrum

Setiap PMI yang akan bekerja di negara penempatan wajib mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJAMSOSTEK mulai dari Rp 370.000 untuk 31 bulan perlindungan selama masa kerja penempatan dan berhak terlindungi program JKK dan JKM.

Manfaat program JKK bagi PMI mulai Pelindungan Sebelum Bekerja dan Pelindungan Setelah Bekerja meliputi perawatan dan pengobatan sesuai kebutuhan medis, santunan berupa uang dan atau pendampingan dan pelatihan vokasional di Indonesia.

Sementara Perlindungan Kecelakaan Kerja Selama Bekerja diberikan dalam bentuk perawatan dan pengobatan lanjutan akibat Kecelakaan Kerja bagi Pekerja Migran Indonesia yang dipulangkan ke Indonesia oleh pemberi kerja; santunan berupa uang dan atau pendampingan dan pelatihan vokasional di Indonesia.

Manfaat program JKM bagi PMI diberikan perlindungan mulai dari Sebelum Bekerja dan Pelindungan Setelah Bekerja mendapatkan santunan sebesar Rp 24.000.000 dan Perlindungan Selama Bekerja mendapatkan santunan kematian sebesar Rp 85.000.000 sekaligus manfaat beasiswa bagi 2 orang anak dari tingkat TK/SD sampai Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Peserta Jadi Korban Gempa Cianjur, BPJAMSOSTEK Sukabumi Serahkan Santunan Rp 220 Juta

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Sukabumi Oki Widya Gandha mengatakan turut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Oki menambahkan pentingnya menjadi BPJAMSOSTEK bagi seluruh pekerja termasuk PMI di luar Indonesia.

“Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, oleh karena itu BPJAMSOSTEK hadir untuk memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja untuk memastikan pekerja merasa nyaman dan aman,” ucapnya.

Dia mengimbau para Pekerja Migran Indonesia khususnya yang berada di wilayah Sukabumi untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK sebelum berangkat ke negara tujuan penempatan agar negara bisa memberikan perindungan baik sebelum penempatan, saat penempatan, dan setelah selesai masa penempatan.

Sumber: Siaran Pers

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 21:39 WIB

Lewat Program Dana Abadi, Ayep Zaki Komitmen Wujudkan Sukabumi Lebih Sejahtera

Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi H. Ayep Zaki berkomitmen majukan Sukabumi dan sejahterakan masyarakat lewat Program Dana Abadi.
H Ayep Zaki, Bakal calon wali kota/wakil wali kota Sukabumi. | Foto : Ist
Bola26 Mei 2024, 21:19 WIB

Persib Menapakkan Satu Kaki di Podium Juara Liga 1 2023/2024 usai Bantai Madura United 3-0

Tiga gol Persib Bandung atas Madura United di Leg 1 Final Championship Series Liga 1 2023/2024 diciptakan Ciro Alves dan brace David da Silva.
Duo Brazil Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva membawa kemenangan mutlak atas Madura United di leg 1 Final Liga 1 2023/2024. (Sumber : PERSIB.co.id)