Jokowi Komentari Debat Capres yang Diwarnai Serang Personal: Visinya Tidak Kelihatan

Senin 08 Januari 2024, 18:15 WIB
Presiden Jokowi menilai debat capres ketiga ini diwarnai serang personal dan substansi visinya tidak kelihatan. (Sumber : YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi menilai debat capres ketiga ini diwarnai serang personal dan substansi visinya tidak kelihatan. (Sumber : YouTube Sekretariat Presiden)

SUKABUMIUPDATE.com - Debat ketiga Pilpres 2024 telah selesai dilaksanakan pada hari Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Seusai debat capres tersebut berakhir, banyak komentar yang bermunculan salah satunya dari Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut mengomentari jalannya debat capres yang berlangsung kemarin malam itu. Menurutnya debat calon presiden tersebut diwarnai dengan saling serang personal di antara kandidat capres. Sementara, materi visi-misi dan kebijakan tak muncul.

“Saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan,” kata Jokowi di Serang, Banten pada Senin siang, 8 Januari 2024, dikutip dari keterangan video via Tempo.co.

Baca Juga: Kisah Abah Anom dan Doa-doanya yang Mustajab Mengobati Pecandu Narkoba

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat resmi mempertemukan tiga capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di Istora Senayan pada Ahad, 7 Januari 2024. Tema debat kemarin mengenai pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Jokowi mengatakan serangan personal atau pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat mengenai hubungan internasional, geopolitik, hingga, pertahanan, itu kurang memberikan pendidikan kepada masyarakat yang menonton.

“Saya kira akan banyak yang kecewa. Sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup,” kata Jokowi.

Baca Juga: Potret Puluhan Ribu Jamaah TQN di Masjid Istiqlal Jakarta dalam Acara Haul Abah Anom

Dengan digelarnya debat semalam, KPU telah menggelar tiga kali debat dalam pilpres 2024. Untuk edisi pertama dengan tema umum politik hukum dan keamanan digelar pada 12 Desember 2023, diikuti oleh capres. Sementara untuk debat kedua pada 22 Desember 2023, dengan tema umum ekonomi diikuti oleh cawapres.

Anies dan Ganjar dinilai terlalu sering menyerang Prabowo Subianto selama debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar pada Ahad malam, 7 Januari 2024.

"Debat ketiga ini semakin mempertegas pola relasi antar capres. Prabowo yang telah memiliki elektabilitas yang relatif lebih terkonsolidasi, tampil bertahan. Sedangkan Anies dan Ganjar terlihat kompak bersama-sama menyerang Prabowo untuk mengejar ketertinggalan basis dukungan elektabilitas mereka," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indo Strategic) Ahmad Choirul Umam seperti dikutip Antara di Jakarta pada Senin, 8 Januari 2024.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mental Apabila Dikonsumsi

Ahmad menilai selama debat Anies langsung menyerang lebih awal atau preemptive attack, terutama pada pribadi Prabowo selaku menteri pertahanan. Ia menilai Anies seolah menjalankan strategi Tsun Tzu yang menekankan bila pertahanan terbaik adalah menyerang.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan belum dapat menjelaskan apa evaluasi yang akan dilakukan tentang debat capres di pemilihan presiden atau Pilpres 2024. "Nanti ya. Kami nggak bisa menentukan sendiri. Nanti dibicarakan dengan tim pasangan calon," kata di Istora, Senayan, Gelora Bung Karno, Ahad malam, 7 Januari 2024.

Menurut Hasyim, evaluasi yang akan dilakukan KPU bersama tim capres-cawapres itu bakal membahas beberapa hal. "Apa yang terjadi dalam situasi debat tadi. Apakah di situasi debatnya atau situasi para pendukungnya," ujar dia.

Baca Juga: Daftar Lengkap Koalisi Partai Pengusung Capres untuk Pemilu 2024

Sumber: Tempo.co (Daniel A. Fajri, Ihsan Reliubun)

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)
Nasional19 Juli 2024, 19:35 WIB

Kronologi Helikopter Jatuh di Bali Diduga akibat Terlilit Tali Layangan

Berikut kronologi dan kondisi penumpang helikopter wisata yang jatuh di Bali. Kecelakaan ini diduga akibat baling-baling terlilit tali layangan.
Helikopter jatuh tidak lama lepas landas dari Helipad GWK, Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 14.33 WIB. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Juli 2024, 19:00 WIB

Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)