21 Kades Incumbent Terpilih di Pilkades Sukabumi 2023, Apa Itu Petahana?

Senin 25 September 2023, 16:30 WIB
Penetapan nomor urut calon kepala desa Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi pada Pilkades 2023 | Mengenal Arti Petahana, 21 Kades Incumbent Terpilih di Pilkades Sukabumi 2023 | Foto : Ragil Gilang

Penetapan nomor urut calon kepala desa Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi pada Pilkades 2023 | Mengenal Arti Petahana, 21 Kades Incumbent Terpilih di Pilkades Sukabumi 2023 | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Petahana dikenal juga sebagai incumbent adalah istilah dalam politik bagi pemegang suatu jabatan politik yang sedang menjabat. Petahana berasal dari kata "tahana", yang berarti kedudukan, kebesaran, atau kemuliaan.

Terbaru, sebanyak 21 Petahana (incumbent) kembali terpilih menjadi kepala desa dari 71 kades yang ada di Kabupaten Sukabumi. Hal ini berdasarkan hasil rekapitulasi calon kepala desa (kades) terpilih dalam Laporan Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi siklus II gelombang II tahun 2023.

Lantas, apa itu Petahana atau incumbent? Simak informasinya berikut ini!

Arti Petahana (Incumbent)

Melansir p2k.stekom.ac.id, Petahana (bahasa Inggris: incumbent), biasanya digunakan dalam kaitannya dengan pemilihan umum (Pemilu), di mana sering terjadi persaingan antara kandidat Petahana dan non Petahana.

Baca Juga: Daftar 71 Kades Terpilih di Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2023

Sebagai contoh, pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2009, Susilo Bambang Yudhoyono adalah petahana, karena ialah presiden yang sedang menjabat pada saat Pemilu untuk pelaksanaan pemilihan presiden berikutnya. Dalam persaingan kursi-terbuka (di mana sang Petahana tidak mencalonkan diri), istilah "Petahana" terkadang digunakan untuk merujuk kepada kandidat dari partai yang masih memegang jabatan kekuasaan.

Kata Petahana pertama kali diperkenalkan oleh Salomo Simanungkalit pada 6 Februari 2009 sebagai padanan kata dalam konteks Pemilihan umum Presiden Indonesia 2009. Menurut Salomo, alasan kata Petahana baru dibutuhkan pada saat itu karena sebelumnya presiden (Soeharto) tidak memiliki penantang, sehingga tidak ada kebutuhan untuk kata "Petahana" dalam konteks pemilihan presiden.

Meskipun demikian, Salomo Simanungkalit memprediksi tentang kemungkinan munculnya kata "inkamben" sebagai transkripsi istilah Petahana dalam bahasa Inggris (incumbent). Maka sebelum hal itu terjadi, ia berusaha mencari dan mempopulerkan padanannya dalam bahasa Indonesia, alih-alih mengalihaksarakannya.

Sejak saat itu, mayoritas surat kabar menggunakan istilah "Petahana" sebagai padanan istilah bahasa Inggris "incumbent".

Baca Juga: Adolf Hitler: Diktator Kejam yang Kaya dari Dana Partai dan Menulis Surat Kabar

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Gun Gun Gunardi kepada redaksi sukabumiupdate.com mengatakan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi siklus II gelombang II ini mencapai persentase 69,13 persen dan berjalan kondusif.

Berikut Daftar Kades Terpilih di Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi khusus untuk status Petahan (incumbent):

Daftar Kades Petahana Terpilih di Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2023

Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi | Foto : IstPilkades serentak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

1. Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok

Kepala desa terpilih Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi adalah Iwan Suwandri yang berstatus Petahana.

2. Desa Nangkakoneng, Kecamatan Cisolok

Kepala desa terpilih Desa Nangkakoneng Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi adalah Acep Supendi yang berstatus Petahana

3. Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah

Perolehan suara Pilkades Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah adalah No. Urut 1 Lalan Jailani memperoleh 2.385 suara. No. Urut 2 Muhidin memperoleh 339 suara, No. Urut 3 Rendi Subakti memperoleh 204 suara. Total suara sah 2.928 suara, sedangkan suara tidak sah 30 suara. 

Pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Panumbangan Kecamatan Jampangtengah adalah LALAN JAILANI

4. Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara

Kepala desa terpilih Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi adalah DIRMAN SUDIRMAN yang berstatus Petahana.

5. Desa Nagrakselatan, Kecamatan Nagrak

Kepala desa terpilih Desa Nagrak Kecamatan Nagrakselatan Kabupaten Sukabumi adalah Sutiawan yang berstatus Petahana.

6. Desa Pondoksotengah, Kecamatan Cidahu

Kepala desa terpilih Desa Pondoksotengah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi adalah H. AGUN GUNAWAN yang berstatus Petahana.

7. Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu

Kepala desa terpilih Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi adalah H. IJANG SEHABUDIN yang berstatus Petahana.

8. Desa Mekar Jaya, Kecamatan Kabandungan

Kepala desa terpilih Desa Mekar Jaya Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi adalah SOLEH KOMARUDIN yang berstatus Petahana.

9. Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas

Perolehan suara Pilkades Desa Cibenda Kecamatan Ciemas adalah No. Urut 1 Ruli memperoleh 568 suara. No. Urut 2 Empah memperoleh 749 suara, No. Urut 3 Adi Rizwan memperoleh 1.355 suara, dan No. Urut 4 Asep Rukojat memperoleh 477 suara. Total suara sah adalah 3.149 suara, dan suara tidak sah terdapat suara. 

Pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Cibenda Kecamatan Ciemas adalah ADI RIZWAN.

Baca Juga: Heboh Kades Demo Tuntut Masa Jabatan 9 Tahun, Berapa Sih Gaji Kepala Desa 2023?

10. Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder

Perolehan suara Pilkades Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder adalah No. Urut 1 Muhibin memperoleh 1.118 suara. Pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder adalah MUHIBIN.

11. Desa Jagamukti, Kecamatan Surade

Perolehan suara Pilkades Desa Jagamukti Kecamatam Surade adalah No. Urut 1 Iip memperoleh 624 suara, No. Urut 2 Nenden Mulidawati memperoleh 201 suara, No. Urut 3 Apay Suyatman memperoleh 1.310 suara, No. Urut 4 Badrun Suhendi memperoleh 780 suara, No. Urut 5 Dadan Ruswandana memperoleh 780 suara. Total suara sah adalah 3.052 suara, dan suara tidak sah terdapat 10 suara. 

Pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Jagamukti Kecamatam Surade adalah APAY SUYATMAN.

12. Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan

Kepala desa terpilih Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi adalah DIDIN JAMALUDIN yang berstatus Petahana.

13. Desa Talaga, Kecamatan Caringin

Kepala desa terpilih Desa Talaga Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi adalah DEDEN SUHENDI yang berstatus Petahana.

14. Desa Sundajayagirang, Kecamatan Sukabumi

Kepala desa terpilih Desa Sundajayagirang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi adalah EDI JUARSAH yang berstatus Petahana.

15. Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya

Kepala desa terpilih Desa Purabaya Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi adalah SUHENDI WIJAYA yang berstatus Petahana. SUHENDI WIJAYA menjadi pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Purabaya Kecamatan Purabaya yang memperoleh 2.340 suara.

16. Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya

Kepala desa terpilih Desa Neglasari Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi adalah LILI RAHMAN yang berstatus Petahana. LILI RAHMAN menjadi pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Neglasari Kecamatan Purabaya yang memperoleh 2.791 suara.

17. Desa Cisitu, Kecamatan Nyalindung

Kepala desa terpilih Desa Cisitu Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi adalah SUDIN SAMSUDIN yang berstatus Petahana.

18. Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung

Kepala desa terpilih Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi adalah YUDIUS HIDAYAT BAGJA yang berstatus Petahana.

19. Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten

Kepala desa terpilih Desa Sinarbentang Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi adalah GAGAN SUGANDI yang berstatus Petahana. GAGAN SUGANDI menjadi pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Sinarbentang Kecamatan Sagaranten yang memperoleh 788 suara.

20. Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog

Kepala desa terpilih Desa Cipamingkis Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi adalah BADEN SUPENDI yang berstatus Petahana. BADEN SUPENDI menjadi pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Cipamingkis Kecamatan Cidolog yang memperoleh 808 suara.

21. Desa Sirna Mekar, Kecamatan Tegalbuleud

Kepala desa terpilih Desa Sirna Mekar, Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi adalah AJAT SUDRAJAT yang berstatus Kades baru. AJAT SUDRAJAT menjadi pemenang suara terbanyak Pilkades Desa Sirna Mekar, Kecamatan Tegalbuleud yang memperoleh 706 suara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Musik27 Februari 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Who I Am -  Alan Walker, Putri Ariani, Peder Elias

Lagu "Who I Am" merupakan lagu yang catchy dan inspiratif. Lagu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendengarkan lagu dance elektronik dengan lirik yang positif.
Lagu "Who I Am" bercerita tentang seseorang yang menerima diri mereka sendiri apa adanya. (Sumber : Instagram/@arianinismaputri.)
Inspirasi27 Februari 2024, 16:30 WIB

Fresh Graduate Simak! 8 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Berikut ini cara membuat lamaran pekerjaan yang benar lengkap dengan contohnya
Ilustrasi. Berikut ini cara membuat lamaran pekerjaan yang benar lengkap dengan contohnya (Sumber : Freepik/@DCStudio)