Kenali Pemicu Tindakan Bunuh Diri Seperti yang Dilakukan Model Novi Amelia

Kamis 17 Februari 2022, 09:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bunuh diri merupakan tindakan negatif yang sangat terlarang. Namun tidak jarang bunuh diri sering terjadi akhir-akhir ini, seperti yang dilakukan model bernama Novi Amelia.

Hasrat ingin melakukan bunuh diri tidak muncul tiba-tiba begitu saja, ada beberapa faktor pemicu seseorang untuk melakukan tindakan terlarang tersebut.

photoDepresi berat dapat disebabkan oleh tekanan atau beban kerja berlebih. - (via ndtv.com)

Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja faktor pemicu yang menyebabkan seseorang mau melakukan bunuh diri.

Baca Juga :

Model Novi Amelia Bunuh Diri, Loncat dari Lantai 8 Apartemen Kalibata City!

1. Depresi berat

Depresi berat merupakan salah satu pemicu utama terjadinya tindakan bunuh diri. Melansir alodokter.com, orang yang mengalami depresi berat berpotensi tinggi melakukan bunuh diri.

Seseorang yang mengalami depresi berat ditandai dengan rasa putus asa, tidak semangat dalam menjalani hidup serta tidak memiliki minat untuk hidup dan suasana hati yang seringkali buruk.

Beberapa penyebab depresi diantaranya permasalahan pribadi yang tidak kunjung, tekanan kerja yang berlebih dan pola pikir yang salah atau toxic positively.

2. Masalah sosial

Melansir hellosehat.com, masalah sosial bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya bunuh diri pada seseorang.

Sejatinya peluang seseorang yang keluar dari masalah sosial cukup tinggi, namun masalah sosial yang kerap kali muncul serta ketidakmampuan bertahan dalam menghadapi masalah sosial menyebabkan potensi bunuh diri menjadi tinggi.

Masalah sosial ini mencakup bullying, pelecehan verbal, komparasi individu dan penghianatan. Seseorang akan melakukan bunuh diri, agar orang lain yang menyakitinya sadar.

3. Skizofrenia

Skizofrenia merupakan salah satu gangguan kesehatan mental. Mengutip alodokter.com, pengidap Skizofrenia memiliki gejala sering paranoid, berhalusinasi dan berperilaku aneh.

Menyadur dari sumber yang sama, dikatakan bahwa 5 persen pengidap skizofrenia mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Biasanya pengidap skizofrenia seakan-akan melihat sesuatu yang aneh atau menakutkan, ia merasa terganggu dengan makhluk halusinasinya hingga akhirnya melakukan bunuh diri dari gangguan tersebut.

4. Gangguan bipolar

Bipolar merupakan gangguan mental pada seseorang yang dicirikan dengan perubahan suasana hati secara drastis. Misal seseorang saat ini sedang bersedih, beberapa saat kemudian tiba-tiba berubah menjadi bahagia dan tertawa lepas.

Menyadur alodokter.com, jika pengidap gangguan bipolar tidak ditangani segera, maka kemungkinan melakukan bunuh diri cukup tinggi.

5. Sikap impulsif

Menukil hellosehat.com, impulsif merupakan sikap yang berasal dari dorongan hati (impulse) Sejatinya sikap impulsif memiliki sisi positif, misal dorongan untuk melakukan sedekah atau membantu orang lain.

Namun ada kalanya pikiran sedang kacau dan mencemari hati, sehingga muncul sikap impulsif negatif salah satunya adalah dorongan melakukan bunuh diri.

6. Borderline personality disorder

Borderline personality disorder (BPD) merupakan salah satu gangguan mental yang dicirikan dengan emosi yang tidak stabil serta kemampuan bersosialisasi yang rendah. 

Seseorang yang mengidap BPD kerap kali mengurung diri dan tidak jarang mengoceh atau berteriak-teriak secara tiba-tiba. Karena emosinya yang sangat labil, maka pengidap BPD sangat berpotensi melakukan bunuh diri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)