6 Cemilan Manis yang Bisa Memperparah Kadar Gula Darah, Salah Satunya Dodol!

Sabtu 08 Juni 2024, 16:45 WIB
Ilustrasi - Daftar cemilan manis yang ternyata bisa memperparah kondisi gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Oğuzhan Albuz).

Ilustrasi - Daftar cemilan manis yang ternyata bisa memperparah kondisi gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Oğuzhan Albuz).

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita gula darah secara umum tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi cemilan manis. Sebab, sebagian diantaranya bisa memperparah kondisinya di kemudian hari.

Hal ini dikarenakan, dampak negatif dari mengonsumsi cemilan manis tertentu bisa beresiko pada naiknya lonjakan kadar gula darah tidak terkontrol.

Maka dari itu, penting diperhatikan agar menghindari pantangan mengonsumsi cemilan manis yang tidak dianjurkan menurut kesehatan.

Berikut 6 cemilan manis yang sebaiknya dihindari bagi penderita gula darah!

1.Permen

Permen tergolong olahan dengan bahan dasar gula. Proses pembuatannya biasanya dicampur dengan gula buatan, pewarna dan pengawet lainnya, sehingga menjadikan rasanya sangat manis di mulut.

Tak hanya itu saja, permen memiliki kandungan gula yang bisa mencapai 50 gram, meski tergantung permennya. Namun secara umum, penderita gula darah tidak dianjurkan mengonsumsi makanan manis ini.

2. Kue

Kebiasaan mengonsumsi kue menjadi pantangan yang penting dihindari penderita gula darah. pasalnya, kandungan manis di dalamnya setara 30 gram per 100 gram sajian. Karena itu, cukup berbahaya jika berlebihan dalam konsumsi yang banyak.

Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya harus dalam arahan konsultasi dokter agar kondisi gula darah tidak semakin buruk.

3. Coklat

Penting diketahui bahwa coklat sebenarnya memiliki kandungan beberapa senyawa yang bisa meningkatkan suasana hati lebih bahagia. Kendati demikian, makanan ini berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita gula darah.

Sebab, umumnya 1 batang coklat rata-rata memiliki kandungan gula sebesar 78 gram. Tak heran, selain tidak aman bagi penderita gula darah, dampak lainnya juga bisa memicu terjadinya obesitas dan sejumlah penyakit lainnya pada tubuh.

4. Selai

Selai ternyata dapat penyumbang kandungan gula sebesar 49 gram per 100 gram kemasannya. Itu sebabnya, pembuatan selai biasanya dicampur dengan gula yang banyak sebagai pengawet alami.

Oleh karena kandungan gula yang banyak, membuat makanan ini tidak baik dikonsumsi agar tidak semakin parah kadar gulanya.

5. Puding

Puding meski tergolong diminati orang, namun tidak aman bagi penderita gula darah. Sebab, kandungan makanan ini sarat dengan gula. Jika ditaksir, kandungan gula setara 20 gram pada 100 gram pudding.

Adapun proses pembuatannya saja, umumnya menambah perasa manis, seperti vanila, karamel, coklat, dan rasa lainnya. Hal ini tentunya sama saja menyumbang daftar kandungan gula yang besar.

6. Dodol

Dodol sangat familiar sebagai cemilan tradisional yang sangat khas. Jenis makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, garam, kelapa, gula merah dan sejumlah konsentrat perasa sesuai jenis rasanya.

Sayangnya, dodol tidak aman bagi penderita gula darah, mengingat di dalamnya mengandung gula, lemak dan adalah karbohidrat utama. Itu sebabnya, mengonsumsi dodol tidak dianjurkan agar kadar gula darah tidak semakin parah.

 

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)